Saturday, February 4, 2017

Cerita Singkat tentang Kewirausahaan dalam Bahasa Inggris

Sebuah cerita singkat tentang kewirausahaan atau usaha dalam bahasa Inggris. Di bawah ini saya memiliki cerita tentang seorang pemuda yang miskin tetapi miliki kepandaian memanfaatkan peluang. Pemuda itu memang awalnya miskin tetapi akhirnya bisa menjadi seorang jutawan yang besar yang dimiliki oleh Amerika Serikat.

Dia mendapatkan kebahagiaan setelah sekian lamannya merasakan penderitaan. Cerita ini berjudul ”Offfice Boy”, lucu sekali ya? Cerita ini memang cukup lucu sekaligus menyedihkan karena melihat keadaan yang dialami oleh pemuda tersebut.

Tetapi kejadian lucu dan menyedihkan itu dia sulap menjadi akhir perjalanan yang membanggakan. Dia mendapatkan kesuksesan langsung dari bawah atau dari nol dengan membuka usaha tanpa modal. Informasi ini dilengkapi dengan kata-kata dalam bahasa Inggris yang bisa anda pelajari.

Mempelajarinya cukup mudah, karena kata-kata dalam bahasa Inggris ini sudah dilengkapi dengan terjemah. Sehingga dalam mempelajarinya anda tinggal menghafalnya saja dan tidak perlua membuka kamus kembali.

Jobless = pengangguran, tidak punya pekerjaan
Applied = melamar
Position = posisi
Big firm = perusahaan besar
Interviewed = diwawancara
Hired = diterima
Email address = alamat email
Computer = komputer
Do not exist = tidak ada
Pocket = kantong
Tomato crate = peti tomat
Door to door = dari rumah ke rumah
Two hours = dua jam
Double = menggandakan
Repeated = mengulangi
Survive = bertahan hidup
Earlier = lebih awal, lebih pagi
A cart = sebuah kereta, gerobak
Delivery vehicles = kendaraan pengantar
Insurance = asuransi
Asked him = bertanya padanya
Imagine = membayangkan
If you = jika anda
An office boy = seorang office boy

Kalau ada kosa kata baru dari daftar di atas maka rekan bisa mencatatnya, mempelajari artinya dan menghafalkannya untuk menambah perbendaharaan kata yang dikuasai. Dengan begitu kemampuan vocab-nya bisa bertambah. Yuk, sekarang kita nikmati kisah selengkapnya.

Cerita Kewirausahaan dalam Bahasa Inggris

Alkisah tentang seorang pemuda yang miskin dan tidak mempunyai pekerjaan. Untuk merubah hidupnya itu dia berusaha untuk mencari pekerjaan. Hingga tepat tiba waktunya dia mendapatkan informasi tentang adanya lowongan sebagai Office boy. Dia mendatangi tempay yang menyediakan lowongan tersebut dan mengatakan bahwa dia siap untuk bekerja menjadi Office boy.

Namun seorang HRD mengatakan kepadanya bahwa untuk bisa bekerja di sini haruslah mengisi form pendaftaran yang dikirim oleh pihak perusahaan dengan email. Dengan email itulah para anggota karayawan baru kemudian direkrut menjadi seorang karyawan.

Pemuda itu bingung karena tidak mempunyai email, sementara itu uang yang ada dikantongnya sudah menipis. Dia harus mendapatkan pekerjaan untuk bisa menyambung hidupnya. Akhirnya dari uang yang tinggal $10, dia mendapatkan ide.

Dia lantas pergi ke pasar dan membeli 3 kilo tomat dengan sisa uangnya itu. Dia berkeliling dari rumah ke rumah setiap warga yang dia lewati. Dengan perasaan yakin dia terus melakukan pekerjaan ini.

Hingga tidak ada satu hari berlalu, uang yang semula hanya $10 berubah menjadi $65. Dan kini dia bisa menyambung hidupnya lagi dari hasil penjualan tomat yang dia lakukan. Dari hasil penjualan tomat dia bisa membeli kebutuhan dapur dan menambah sedikit modal untuknya berjualan tomat kembali.

Hingga pekerjaan ini terus dia kerjakan sampai hingga dia menjadi orang kaya. Dia bahkan membuka perusahaan asuransi jiwa dari hasilnya berjualan tomat yang awalnya dia lakukan hanya untuk menyambung hidup.

***

Pesan moral yang bisa diambil dari cerita pendek kewirausahaan ini adalah bahwa internet memang bukanlah tempat bagi setiap orang untuk mendapatkan kesuksesan. Sesuai dengan kasus di atas tidak semua orang bisa menggunakan internet dan tidak semua orang memiliki internet.

Bila memang anda tidak memiliki internet untuk menunjang kesuksesan anda, anda bisa menggunakan anggota badan anda untuk bekerja keras. Bekerja keras dengan sungguh-sungguh hingga akhirnya anda menjadi seorang jutawan seperti karakter yang ada di cerita ini. (Arif PW)