Tuesday, February 14, 2017

Cerita Bahasa Inggris Singkat tentang Doa

Masih bertema religi,  cerita singkat dalam bahasa Inggris berikut ini akan berhubungan dengan doa. Ya, doa adalah sarana penghubung antara manusia dan Tuhan Sang Pencipta. Doa menjadi hal yang sangat penting bagi umat manusia agar mendapatkan bimbingan, arahan dan bahkan bantuan dari sang Pencipta.

Kisah kali ini juga berkaitan dengan kesombongan yang kadang timbul dalam diri manusia. Kadang, manusia seolah-olah tidak membutuhkan orang lain. Padahal tentu kita semua tahu bahwa manusia tidak akan bisa hidup tanpa manusia lain.

Seperti kita tahu, manusia adalah mahluk sosial yang senantiasa bergantung pada manusia lain. Dengan demikian sudah seharusnya kita sebagai manusia untuk bisa selalu menghormati manusia lain terutama orang terdekat.

Cerita yang berjudul ”The Ship” berikut ini akan menjadi bahan renungan yang baik. Judul tersebut, kalau dalam bahasa Indonesia artinya ”Kapal”. Kisah didalamnya akan menggambarkan kisah seseorang yang begitu sombong dengan dirinya sendiri.

Kisah tersebut mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran untuk tidak berbuat sama dengan apa yang dilakukan salah satu karakter dalam cerita ini. Selain nilai moral, kita juga bisa menggunakan kisah tersebut untuk bahan belajar.

Nah, sebelum kita sampai ke inti kisah-nya mari kita lihat dulu beberapa kosa kata bahasa Inggris berikut. Daftar kosa kata (vocabularis) di bawah ini mudah-mudahan bisa membantu pembaca sekalian dalam belajar bahasa Inggris khususnya untuk memahami cerita yang dibaca.

Voyaging ship = kapal layar
Wrecked = hancur, rusak
Storm = badai
Only two = hanya dua
Able = mampu, dapat
Swim = berenang
Island = pulau
Survivors = orang yang selamat
Agreed = setuju
Recourse = penolong, jalan lain
Pray to god = berdoa kepada Tuhan
Find out = menemukan, mengetahui
More powerful = yang lebih kuat
Divide the territory = membagi daerah kekuasaan
Opposite sides = sisi berlawanan
Food = makanan
A fruit-bearing tree = pohon yang penuh buah
Remained barren = tetap tandus, gundul
A week = seminggu
Decided = memutuskan
A wife = istri
Another = lainnya
A woman = seorang wanita
Swam = berenang
House = rumah
Clothes = pakaian
Like magic = seperti sihir
Could leave = dapat pergi
Unworthy = tidak berharga
None = tak satupun
Answered = dijawab, dikabulkan
Heard a voice = mendengar sebuah suara
Heaven = surga
Leaving = meninggalkan
Companion = teman
Mistaken = salah

Kalau semua kosa kata di atas sudah dipahami maka anda tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk mengikuti kisah berikut. Sebaliknya, jika masih ada kosa kata yang baru dan belum dipahami maka anda bisa mempelajarinya dan membaca terjemahannya lebih dulu agar nanti tidak bingung.

Kalau ada kata baru, anda juga bisa menggunakan kata tersebut sebagai bahan tambahan vocab. Anda bisa menghafalkan cara mengucapkannya serta apa artinya dalam bahasa Indonesia. Ya sudah, sekarang kita nikmati kisah menarik di bawah ini.

cerita bahasa Inggris singkat tentang doa

Pendek ya, namanya juga cerita bahasa Inggris singkat. Sekarang mari kita lihat alur ceritanya seperti apa. Teks di gambar di atas menceritakan tentang sebuah kapal rusak dan sudah hampir tenggelam.

Banyak orang yang sudah tak tertolong. Dari kapal tersebut hanya ada dua orang yang bisa berenang dan selamat menuju pulau kecil. Meski sampai di pulau tetapi mereka tidak memiliki apapun, satu-satunya yang dapat menolong mereka agar bisa bertahan adalah Tuhan.

Dengan keadaan seperti itu, di sana mereka memanjatkan doa untuk mendapatkan pertolongan dari tuhan. Namun, untuk mengetahui doa siapa yang lebih ampuh dan dikabulkan maka mereka membagi wilayah pulau tersebut. Satu di ujung sana dan yang satu di ujung lainnya.

Orang pertama meminta kepada Tuhan agar dia diberi makanan. Tak lama kemudian pohon bertumbuhan dan menghasilkan buah. Buah tersebut kemudian dimakan oleh orang tersebut untuk menghilangkan rasa lapar. Di sisi lain, tampak tanah yang dihuni orang kedua tetap tandus.

Hingga berjalannya waktu orang pertama merasa kesepian karena tidak memiliki pasangan. Selanjutnya dia berdoa kepada Tuhan agar diberikannya pasangan. Tak lama kemudian ada kapal lain yang rusak dan satu-satunya penumpang yang selamat menuju pulau tersebut adalah seorang wanita. Doa-nya dikabulkan, kini kesepiannya sudah terobati.

Tak lama setelah itu orang pertama tadi pun berdoa serta memohon rumah, pakaian dan lebih banyak makanan. Seperti sulap, semua doa-nya pun dikabulkan dan ia mendapatkan semua kebutuhannya.

Orang pertama akhirnya meminta kepada Tuhan sebuah kapal untuk membawa dia dan kekasihnya pergi dari pulau ini. Tuhan mengabulkan doa tersebut. Esok paginya telah tertambat sebuah kapal yang bisa mereka gunakan.

Orang pertama dan kekasihnya pun memutuskan untuk pergi dari pulau tersebut dengan kapal. Ia pun memutuskan pergi tanpa teman satunya karena ia menganggap temannya tersebut tidak berguna karena doa-nya tidak ada yang dikabulkan.

Hingga ketika kapal tersebut siap berangkat, ia mendengar suara bergema dari surga,”Kenapa kau meninggalkan temanmu di pulau?”.

Orang pertama menjawab,”Semua ini adalah milikku sendiri karena aku-lah yang meminta. Semua doanya tak terkabul, jadi dia tidak berhak apapun”.

Tuhan pun menjawab “kamu salah, ia hanya memiliki satu doa yang doa tersebut aku kabulkan. Jika bukan karena doa temanmu itu kamu tidak akan pernah mendapatkan semua itu”.

Mendengar hal itu, sang pria pertama tadi pun penasaran dan ingin tahu doa apa yang temannya panjatkan, “katakan padaku apa doa yang ia panjatkan yang membuat aku berhutang padanya”. “Dia berdoa agar semua doamu dikabulkan”, jawab Tuhan.

***

Pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini adalah tentang kesetiaan dan selalu berbuat baik terhadap orang. Karena tanpa doa mereka kita tidak akan mendapat nikmat yang luar biasa dari tuhan.