Sunday, February 12, 2017

Cerita Singkat untuk Storytelling tentang Mencuri

Banyak cerita singkat bahasa Inggris yang bisa dijadikan bahan storytelling. Sebagian sudah banyak kita bahas beberapa waktu yang lalu dan sebagian lagi belum. Mengingat banyaknya pembaca yang membutuhkan cerita untuk storytelling maka kita akan bahas lagi satu contoh cerita yang membahas tentang larangan mencuri.

Inti ceritanya cukup bagus karena berisi nilai-nilai moral yang mengajarkan kepada pembaca untuk berakhlak baik yaitu tidak mencuri dengan alasan apapun dan dalam keadaan apapun. Dan cerita kali ini akan berjudul “The Stranger In The Garden”.

Kisah dalam cerita ini akan membawa menuju kesadaran yang melakukan suatu kesalahan tetapi tetap berdalih dan membawa nama Tuhan. Tuhan terlalu suci dan terlalu mulia untuk di bawa-bawa dalam hal yang tidak sepantasnya. Dan tidak seharusnya manusia melakukan hal demikian.

Lalu, isi ceritanya seperti apa sih? Ada yang tahu apa arti judul cerita tersebut?
Judul ”The Stranger In The Garden” kalau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai ”orang asing di taman”. Kata stranger artinya “orang asing” sedangkan kata garden artinya “taman”.

Cerita yang ada didalamnya cukup menarikan dan memberikan kesan mendidik bagi para pembacannya. Belum lagi pesan moral yang diberikan usai cerita selesai disampaikan. Maka wajar jika cerita tersebut bagus juga untuk storytelling bahasa Inggris.

Untuk bekal memahami teks tersebut juga sudah disiapkan kosa kata bahasa Inggris dan artinya yang diambil dari teks cerita. Dengan begitu anda juga akan bisa belajar banyak tentang kosa kata yang belum dipahami.

Memang tidak semua kata masuk dalam daftar. Kata yang dipilih adalah kosa kata sulit atau bisa juga dikatakan kosa kata pilihan. Sebelum ke cerita, mari langsung kita simak kosa kata bahasa inggris kemudian baru kita simak ceritannya.

A big garden = kebun yang luas
Planted = memanam
Bear fruits = menghasilkan buah
Picking = memetik
Stranger = asing
Sitting on = duduk di
The branch = cabang
Angry and shouted = marah dan berteriak
What are you doing = apa yang kamu lakukan
Ashamed = malu
Stealing = mencuri
Didn’t reply = tidak menjawab
No right = tidak punya hak
Permission = izin
Garden of god = kebun milik Tuhan
The servant of god = pelayan/utusan Tuhan
Interfere = mengintervensi
Surprised = terkejut
Tie = tali
A stick = tongkat, batang
Beat = memukul
Scream = berteriak
Innocent = tidak bersalah
Belongs to = milik, kepunyaan
Too = juga
Hesitated = bimbang, ragu-ragu
Seek = mencari, meminta
Forgive = memaafkan
Mistake = kesalahan

Dengan daftar kata dan artinya di atas maka menyiapkan cerita untuk bahan story telling tentu akan lebih mudah. Pembaca semua bisa lebih gampang memahami cerita yang nantinya akan dibawakan saat storytelling. Jadi tidak usah takut, sekarang lebih baik kita ikuti ceritanya di bawah ini.

cerita singkat untuk storytelling

Kisah ini menceritakan tentang seorang yang memiliki taman yang cukup luas. Taman itu dia buat dengan menanami banyak pohon berbuah. Kini pohon-pohon buah itu sudah besar dan sudah bisa berbuah. Tampak pemandangan dan suasana yang begitu indah terpancar dari taman buah itu sendiri.

Di saat sedang asyik berkeliling mengintari taman, sang pemilik mendapati seseorang yang sedang memanjat pohon miliknya. Sepertinya orang tersebut hendak mencuri buah miliknya. Dia lantas mendekatinya dan menegur agar orang asing tersebut turun.

Mendapat teguran, bukannya turun orang asing tersebut justru menjawab,”Kenapa saya harus turun, dan kenapa saya harus ijin kepada anda, ini adalah pohon milik Allah, dan saya sendiri adalah hamba Allah, jadi anda tidak bisa menghalangi apa yang dilakukan oleh hamba Allah”.

Mendapat jawaban tersebut sang pemilik kebun pun terkejut. Pemilik kebun itu pun memanggil sang anak untuk membawakan tali. Sang anak pun datang dan membawakan tali kepada ayahnya.

Pemilik taman kemudian menyuruh anaknya untuk naik ke pohon dan mengikat orang asing ke pohon. Ia kemudian mengambil kayu dan memukuli orang tersebut. Di pukul, pencuri itu pun kesakitan dan sambil merintih orang asing berkata,”Kau tidak punya hak untuk melakukan ini terhadap hamba Allah”.

Sambil terus memukul pemilik taman berkata,”Kenapa, rotan ini milik Allah, dan saya hamba Allah, jadi tidak ada yang bisa menghalangi pekerjaan Allah dan hambanya”. Sejenak sang pencuri pun terdiam mendengar jawaban tersebut.

Akhirnya karena benar-benar merasa kesakitan orang tersebut kemudian mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada pemilik taman.

Pemilik taman lega, karena orang asing sudah mengakusi salahnya. Kini pemilik taman melepaskan ikatan dan memaafkan pencuri tersebut. Pemilik taman kemudian mempersilahkan orang asing pergi dari kebun itu.

***

Pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini adalah jangalah berdalih bila memang kau melakukan kesalahan. Karena kesalahan itu akan terus mengejarmu sekalipun kau membawa Tuhan sebagai pembenar. Kesalahan yang ditutup dengan nama Tuhan tidak akan menyelesaikan masalah.

Dengan materi dan isi yang ada dalam kisah di atas tentu saja kisah tersebut cukup bagus untuk disampaikan menjadi bahan storytelling. Anda bisa mempelajari lebih dulu teks yang sudah disiapkan di atas dengan bantuan penjelasan yang sudah diberikan.

Selain itu, perlu juga di ingat bahwa teks di atas bukanlah satu-satunya cerita untuk story telling yang bisa anda gunakan. Selain cerita tersebut masih ada banyak kisah-kisah lain yang juga tak kalah menarik dan bagus untuk bahan bahan belajar bahasa Inggris. Anda bisa mencarinya sendiri dari kategori yang ada.