Thursday, February 2, 2017

Cerita dalam Bahasa Inggris Kucing dan Ayam

Kita akan kembali membaca sebuah cerita pendek bahasa inggris yaitu tentang binatang. Kali ini binatang yang ada dalam cerita tersebut adalah kucing dan juga ayam jantan. Pernah dengar cerita seperti ini sebelumnya? Banyak sih yang berkaitan dengan hewan ini, tetapi mungkin kisah yang berikut belum pernah anda baca.

Kita pasti tahu bahwa kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Kucing merupakan binatang rumahan yang menjadi peliharaan untuk berbagai kepentingan. Bisa dipelihara karena keindahan, kecantikan dan kelucuannya, bisa juga karena kucing bisa mengusir tikus.

Berbeda dengan kucing, ayam adalah binatang peliharaan yang diambil dagingnya atau telurnya. Untuk ayam jantan maka dimanfaatkan pemiliknya untuk daging, bisa dijual atau dipotong. Saat dipelihara, ayam jantan juga bisa menjadi alarm hidup yang menandakan pagi telah tiba. Sama-sama disukai hanya beda pada fungsinya saja.

Lalu bagaimana dengan cerita yang akan kita baca tersebut? Kisah yang akan kita nikmati kali ini adalah berjudul “Cats And Roosters”. Dari judul, cats artinya kucing (lebih dari satu) sedangkan roosters berarti ayam jantan (lebih dari satu).

Cats And Roosters adalah sebuah kisah yang bercerita tentang kehidupan sekawanan kucing dan juga sekawanan ayam jantan. Kisah ini menceritakan sebuah legenda dan juga sejarah bagaimana bisa sampai hari ini ayam akan lari ketakutan saat melihat kucing. Bagus bukan, tapi sebelum kita baca, mari kita lihat kosa kata di bawah ini.

Roosters = ayam jantan
Ruled = memerintah
Cats = kucing
Worked hard = bekerja keras
Bring = membawa
Food = makanan
Loved to eat = suka makan
Ants = semut
Purse = dompet, wadah
Hung = digantung
Neck = leher
Not like = tidak suka
Situation = situasi
Rid = melepaskan
Told = mengatakan
Rooster’s combs = jengger ayam
Made out of fire = terbuat dari api
Burn anyone = membakar semua orang
Disobeyed = tidak mematuhi
Went out = padam
Kitten = anak kucing
Bring some fire from = membawa api dari
Asleep = tidur
Empty handed = tangan kosong
Dry twigs = ranting kering
Near his comb = didekat jengger ayam
Catch fire = menyala
As near to the rooster’s comb as = sedekat mungkin dengan jengger ayam
Paw = cakar
Touched = menyentuh
Not hot = tidak panas
Just = hanya
Red colored = berwarna merah.
Realized that = menyadari bahwa
Had lied = telah berbohong
About = tentang
Told = m enceritakan
Other cats = kucing lain
From that day on = dari saat itu

Kosa kata di atas ditujukan untuk anda yang ingin belajar bahasa Inggris dengan cerita. Dengan adanya daftar kata bahasa Inggris dan artinya di atas maka mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk proses belajar yang lebih mudah.

Adanya daftar di atas bisa dipahami kata baru-nya dan bisa digunakan untuk pengembangan vocabularies. Sekarang, karena kita sudah membaca kosa kata di atas maka waktunya untuk  menikmati kisah selengkapnya.

cerita dongeng kucing dan ayam

Sesuai teks di atas, bisa dilihat bahwa pada suatu hari di benua Afrika, kawanan ayam jantan mengatur kawanan Kucing. Para kucing bekerja keras di siang hari dan pada malam hari, mereka membawa semua hasil kerja yang telah mereka kumpulkan untuk para ayam jantan. Raja darikawanan ayam jantan akan membawa makanan untuk dirinya dan juga diberikan pada ayam jantan yang lain.

Para ayam jantan sangat suka dengan semut, karena itu setiap kucing wajib memiliki semacam kantung yang digantung melingkar di leher mereka. Kantung itu berfungsi untuk menaruh banyak semut yang akan diberikan kepada raja ayam jantan.

Para kucing sebenarnya sangat tidak suka dengan situasi ini. Mereka ingin sekali bebas dari segala kekangan dan perintah para ayam jantan. Tapi, mereka sangat takut pada ayam jantan.

Para ayam jantan telah berkata pada mereka bahwasannya jengger mereka terbuat dari api, dan api itu akan membakar siapapun yang berani melawan si ayam jantan.

Pada suatu malam, api dirumah Nyonya Kucing padam. Dia pun berkata pada anaknya, Fluffy untuk mengambil sedikit api di rumah tuan ayam jantan. Fluffy pun segera berangkat menuju rumah Tuan Ayam jantan.

Saat sampai di sana, ia melihat tuan ayam jantan sedang tertidur pulas. Perutnya tampak besar karena terlalu banyak memakan semut. Fluffy merasa takut untuk membangunkan tuan Ayam Jantan, akhirnya dia pulang dengan tangan kosong dan kemudian menceritakan apa yang telah terjadi.

Nyonya kucing pun berkata “Sekarang tuan ayam jantan sedang tertidur pulas, kumpulkanlah beberapa ranting dan dahan kering. Bawa ranting-rantin itu kerumah tuan ayam jantan dan letakan di dekat jenggernya. Jika jenggernya sudah bisa menyalakan ranting-ranting itu, segera bawa pulang api itu untuk kita.

Fluffy pun segera berangkat menuju rumah ayam jantan. Sesampainya disana, dia melihat tuan ayam jantan masih tertidur pulas. Dia pun segera meletakkan ranting-ranting yang ia bawa di dekat jengger ayam jantan. Tapi, ranting-ranting itu sama sekali tidak terbakar.

Fluffy merasa aneh, diapun meletakkan ranting yang dibawa lebih dekat dengan jengger ayam jantan. Ia berharap jengger itu akan mengeluarkan api. Tapi, itu semua sia-sia. Jengger ayam jantan sama sekali tidak mengeluarkan api.

Akhirnya Fluffy kembali pulang dengan tangan kosong. Dia berkata kepada ibunya “Jengger ayam tidak mengeluarkan api bu.” Ibu Fluffy pun menjawab “Kenapa kamu tidak bisa melakukan apa pun dengan benar?

Ayo pergi dengan ibu, ibu akan mengajari mu bagaimana cara membuat api dengan jengger ayam.” Akhirnya Fluffy dan ibunya pun berangkat menuju rumah tuan ayam jantan bersama-sama.

Sesampainya di sana, tuan ayam jantan masih tampak tertidur pulas. Lalu, ibu Fluffy pun segera menaruh beberapa ranting yang telah ia kumpulkan di dekat jengger ayam jantan. Ia menunggu dengan penuh kesabaran. Tapi, ranting itu sama sekali tidak terbakar.

Karena penasaran, ia pun ingin mencoba untuk menyentuh jengger si ayam jantan. Dengan penuh ketakutan, dia pun menyentuh jengger ayam perlahan. Betapa terkejutnya dia saat cakarnya menyentuh jengger ayam jantan, ternyata jengger itu sama sekali tidak panas.

Jengger itu bahkan sangat dingin, hanya warnanya saja yang merah. Karena merasa telah tertipu oleh si ayam jantan, akhirnya si kucing pun pergi. Dia segera membertahu kepada kucing-kucing lainnya, bahwa mereka telah dibohongi. Dia mengatakan bahwa jengger ayam sama sekali tidak terbuat dari api, dan selama ini mereka telah dibohongi oleh trik ayam jantan.

Sejak hari itu, kucing sudah tidak pernah lagi mau bekerja untuk ayam jantan. Raja ayam jantan pun marah karena para kucing sudah tak mau lagi bekerja untuk mereka. Raja ayam jantan bekata pada para kucing “Saya akan membakar seluruh rumah kalian jika kalian tidak mau bekerja untuk saya.”

Lalu si Kucing pun menjawab “Jengger anda sama sekali tidak terbuat dari api. Hanya warnanya saja yang mirip api. Saya telah menyentuhnya saat anda tertidur!”

Setelah raja Ayam jantan tau bahwa para kucing sudah sadar bahwa selama ini ia telah membohongi mereka, ia pun segera melarikan diri. Para ayam jantan selalu merasa takut saat bertemu dengan para kucing. Bahkan sampai hari ini, ayam jantan akan berlari ketakutan jika melihat kucing.

***

Kisah cerita binatang tersebut memberikan kita semua sebuah pelajaran yang sangat berharga. Ayam dan kucing telah menyadarkan kita semua bahwa kebohongan akan melahirkan ketakutan. Dan jika kita selalu berbohong, maka sudahlah pasti kita akan terus hidup dalam ketakutan.

Mudah-mudahan apa yang sudah dibaca di atas bisa bermanfaat bagi banyak pembaca. Semoga ada inspirasi yang bisa dapat, semoga ada nilai-nilai luhur yang bisa dipetik dari kejadian yang terjadi pada kucing dan ayam jantan tersebut.