Tuesday, February 14, 2017

Cerpen Bahasa Inggris 300 Kata, Encounter

Ternyata memang banyak yang mencari cerpen bahasa inggris pendek yang panjangnya kurang lebih hanya 300 kata. Maka dari itu pada kesempatan ini kita akan menambah lagi satu cerita menarik dengan kriteria tersebut. Cerita 300 sampai 500 kata tentu saja cukup pendek, tidak lebih dari satu halaman.

Seperti juga cerita lain yang sudah dibahas, cerita dalam bahasa Inggris kali ini juga akan dijelaskan secara detail dan menyeluruh mulai dari judul sampai akhir. Pada pembahasan ini juga disediakan beberapa catatan dan daftar kata yang bisa digunakan untuk bahan belajar tambahan. Harapannya, kisah dan cerita tersebut bisa benar-benar bermanfaat.

Dalam bahasa Indonesia, kata encounter artinya pertemuan. Kalau dilihat dari susunannya, judul tersebut merupakan kata benda yang dalam istilah militer bisa diartikan sebagai “pertempuran. Kalau dalam bentuk kata kerta transitif maka kata pada judul bisa diartikan menjadi “bertemu/berjumpa”, atau bisa berarti juga menghadapi, mengalami atau menemui.

Diantara arti kata di atas, tentu saja kita sebagai orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris untuk bahasa sehari-hari tidak bisa memastikan mana makna yang paling tepat. Untuk mengetahuinya maka perlu dilihat secara keseluruhan alur kisah-nya nanti.

Tapi tidak perlu berkecil hati, di awal kita bisa saja bingung tetapi setelah membacanya nanti pasti akan ada pencerahan. Apalagi sudah disiapkan juga daftar kosa kata sulit yang diambil dari teks tersebut. Yuk, sebagai permulaan kita baca saja kosa kata bahasa Inggris di bawah ini.

Walking = berjalan
Crackling = gemercak
Dry branches = ranting kering
Beneath = dibawah
Keenly = dengan teliti
Presence = kehadiran
Regain = mendapatkan kembali
Begin = mulai
Walking = berjalan
Along the path = sepanjang jalan setapak, kecil
Several = beberapa
Pass = berlalu
Sounds of life = suara kehidupan
Human = manusia
Smell = mencium
Smoke = asap
Lurks ahead = tersembunyi di depan
Suddenly = tiba-tiba
Figure = sosok
Fire = api
Alerted to = siaga terhadap
Returns = kembali
Attention = perhatian
Quick glance = melihat sekilas
Reposition = merubah posisi, memposisikan kembali
Behind another tree = dibalik pohon lainnya
Human figures = sosok manusia
Overhead = di atas kepala
Buzzard = semacam elang
Perches = bertengger
Temptation = godaan
Looking directly = melihat tepat
Opportunities = kesempatan
Skills = kemampuan
Gut = keberanian
Wrench = membuka
Urge = keinginan, dorongan

Tidak semua kosa kata dimasukkan ke dalam daftar di atas tetapi 37 kata di atas paling tidak bisa mempermudah kita dalam memahami makna teks-nya. Lagi pula, daftar di atas juga sudah dilengkapi dengan artinya sekaligus, jadi tidak perlu repot lagi kan. Sekarang, kita baca ceritanya.

cerpen bahasa inggris singkat 300 kata dan terjemahan

Tidak usah dibahas terjemahannya ya, kan di atas sudah disiapkan meski ala kadarnya. Sekarang kita bahas saja seputar isi dan pesan yang mungkin bisa ditangkap dari cerpen di atas. Cerpen atau cerita pendek di atas menggunakan sudut pandang pertama tunggal dimana sang penulis memposisikan diri sebagai karakter atau tokoh utama dalam cerita.

Tampak dalam teks, sang penulis menceritakan sebuah kejadian menegangkan yang dialami oleh sang tokoh utama “aku”. Diceritakan sang “aku” tadi berjalan menyusuri atau melalui sebuah hutan lebat. Di hutan itu tidak ada suara apapun, kecuali gemericik dedaunan dan ranting kering yang diinjak.

Terdengar juga berbagai suara binatang hutan yang seolah memberitahu akan keberadaan si aku tadi. Ia pun terus melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak di hutan tersebut. Beberapa menit berlalu sampai akhirnya ia mulai mendengar tanda kehidupan di hutan tersebut.

Beberapa saat kemudian, ia mulai mencium aroma asap. Tak tahu dan tak yakin dengan apa yang ada di depannya, ia pun menyelinap bersembunyi di balik pohon untuk mengamati apa yang ada didepannya.

Seketika itu, salah satu sosok yang berada di dekat api seperti terjaga, terlihat waspada akan sesuatu hal. Ia pun berpikir, “apa mungkin saya”. Ia tetap diam dibalik pohon sampai beberapa detik kemudian sosok tersebut kembali mengarahkan perhatiannya ke api di depannya.

Dari balik pohon tempatnya bersembunyi, ia mulai bisa melihat jumlah sosok manusia yang ada di sekitar api tersebut. Empat atau lima orang terlihat dari bayangan disana.

Di saat bersamaan, tiba-tiba ada seekor burung yang bertengger tepat di atas kepala, hanya beberapa jaraknya. Ia pun langsung menyembunyikan seluruh tubuhnya di balik pohon tadi. Ia sama sekali tidak mau mengambil resiko untuk menampakkan kepalanya di sekitar pohon tersebut.

Dalam keadaan tersebut, rasa penasaran tidak bisa ia bendung. Ia pun kemudian jongkok dan menyembulkan kepalanya secara perlahan. Saat itu, ia melihat beberapa orang yang langsung menatap ke arah ia berada. Sang burung di atas kepalanya pun terbang.

Kejadian itu akhirnya membuat sebuah peringatan kepada sosok yang ada di sekitar api tadi. Indra mereka begitu tajam dan telah mengetahui apa yang mungkin ada. Terlihat, mereka sepertinya jarang melewatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka, kemampuan membunuh.

Sang tokoh aku pun digambarkan mencoba menahan diri. Ia mengendalikan keberaniannya, mencoba melawan keinginan untuk hal yang tidak dijelaskan lebih jauh.

***

Akhir pada cerpen bahasa Inggris singkat ini sepertinya menggantung, tidak begitu terlihat jelas apa dan bagaimana sebenarnya kejadian yang akan terjadi selanjutnya. Pembaca dibiarkan untuk menerka dan menentukan sendiri apa yang akan terjadi selanjutnya dalam kisah di atas.

Bisa dirasakan, kisah di atas sukses memberikan ketegangan yang nyata kepada para pembaca. Susunan kata dan kalimat serta deskripsi yang digambarkan begitu membuat suasanya menjadi tegang dan melahirkan tanda tanya. Bagaimana menurut anda, apakah kisahnya menarik?

Tenang, itu hanya satu contoh saja. Selain cerpen di atas masih ada banyak cerita lain yang bisa anda nikmati. Beberapa diantaranya sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan. Anda bisa mencari judul-judul lain yang menarik dan menikmatinya langsung.