Monday, February 13, 2017

Cerpen Bahasa Inggris Singkat tentang Cinta

Kita masih jarang ya membahas tema cinta atau asmara? Tapi tenang, cerpen bahasa Inggris singkat kali ini akan mengisi dahaga kita tentang kisah cinta. Tapi, jangan dulu girang, pasalnya kita belum tahu apakah kisah cinta ini kisah sedih atau bahagia. Yang pasti, cerita pendek ini cukup menarik dan sederhana.

Sekitar 300 kata, cerita ini kalau diketik mungkin hanya setengah lembar folio, bahkan mungkin kurang. Oleh karena itu kisah ini tentu sangat baik dan cocok untuk digunakan sebagai bahan belajar bahasa Inggris. Hal ini mengingat kisahnya yang tidak terlalu panjang dan bahasanya yang tidak terlalu sulit.

Yuk kita bahas dari judulnya dulu. Cerpen inggris kali ini berjudul “see you there”. Kata see artinya “melihat”, tetapi dalam judul ini kata tersebut artinya berberda. Kata you artinya kamu sedangkan there artinya disana. Secara keseluruhan judul tersebut artinya “sampai jumpa lagi, sampai jumpa disana”.

Untuk hiburan atau bahan bacaan, cerpen ini memiliki kisah yang cukup menarik. Untuk belajar cerita ini juga cukup bagus. Maka dari itu, agar bisa memberikan manfaat yang lebih maka sudah disiapkan juga kosa kata sulit sebagai bantuan. Silahkan dibaca dulu beberapa kata di bawah ini.

Lay = berbaring
Bed = ranjang
Pictures = foto, gambar
Flesh = daging
Smell = bau
Familiar = akrab
Sent her = mengirimnya
A letter = sebuah surat
Last thing = hal terakhir
Handwriting = tulisan tangan
Even = bahkan
Smelt like him = berbau sepertinya
Contained = berisi
Meant = arti
As long as i live = selama aku hidup
I hope = aku harap
Soft face = wajah lembut
Salty taste = rasa asin
Made her smile = membuatnya tersenyum
Already ruined = sudah hancur
Tears = air mata
Running down = mengalir
No hope = tidak ada harapan

Dengan bantuan kosa kata di atas maka memahami makna cerita akan menjadi hal yang lebih mudah. Selain itu, jika ada kata-kata baru yang belum dikuasai maka bisa sekaligus dihafalkan untuk menambah perbendaharaan kata yang dikuasai. Dengan begitu, selain mendapatkan hiburan kita juga bisa sekalian belajar.

cerpen cinta bahasa inggris indonesia

Perlu dijelaskan lagi tidak cerita di atas? Perlu? Ya sudah, kita bahas sedikit mengenai jalan ceritanya ya, bagi yang membutuhkan terjemahan bisa membuatnya sendiri dengan bantuan vocab yang sudah disiapkan di atas tadi.

Pada cerpen ini, diceritakan ada seorang wanita yang sedang dirundung kesedihan. Berantakan, ia berbaring diranjang dengan foto bertaburan disana sini. Bajunya dipegang ditangan, tak sama seperti sebelumnya. Ia ingin merasakan tubuhnya untuk sekali lagi, tangannya.

Semua hal tentang lelaki itu terbayang di pikirannya. Aroma tubuhnya yang begitu lekat, bola matanya, rambutnya, semua itu terbayang jelas di pikirannya. Sebelum itu, sang kekasih telah mengirimkan sebuah surat untuknya., hal terakhir yang telah membuat kekasihnya melihat dia.

Tulisan tangan itu, kata-kata yang terucap, pikirannya, semua terabadikan dalam kertas tersebut untuk selamanya. Sungguh sedih, sungguh kerinduan dan kegetiran yang teramat sangat dalam. Bahkan, kertas tulisannya tersebut aroma-nya sama dengan dirinya.

Surat yang sarat dengan kenangan. Surat itu sendiri sebenarnya tak panjang. Didalamnya hanya tertulis tiga kata yang ditulis dengan tinta biru. “Dum Spiro Spero”, tiga kata sederhana yang tertinggal hanya untuk matanya.

Sang wanita itu tahu apa arti tiga kata tersebut, tentu saja. “Selama aku hidup, aku harap”, itulah kata tersebut kalau diterjemahkan. Membaca surat tersebut, matanya bukan hanya berkaca-kaca tetapi meleleh mengeluarkan air mata yang membasahi pipi.

Air mata wanita itu seolah berlomba menuruni wajahnya yang lembut, mengalir bak sungai menuju samudra mulut yang terkatub. Di bibirnya, air mata itu hanya meninggalkan rasa asin, tak ada hal lain lagi untuknya.

Pilu, sedih, karena hanya dialah yang mampu membuat segalanya menjadi lebih baik, hanya dia yang bisa membuatnya tersenyum. Hanya lelaki itu yang mengenal dirinya seutuhnya.

Dengan kepedihan yang dalam, ia pun akhirnya menenggelamkan diri dibak mandi, dengan surat masih dalam genggaman. Dengan tenang dan lembut ia tidur dengan sabar, menunggu untuk bertemu lelaki-nya lagi.

***

Lemas, kosong rasanya setelah membaca cerpen cinta dalam bahasa Inggris di atas. Sepertinya lidah ini kelu dan tak bisa berkata-kata lagi. Semua yang tertulis, dan semua yang digambarkan dalam kisah tersebut terasa begitu nyata, begitu hidup dan seolah sedang terjadi.

Jujur, untuk cerpen di atas sepertinya perlu pemahaman yang lebih jauh agar bisa menangkap makna cerita yang sebenarnya. Apa yang sebenarnya terjadi dan dilakukan tokoh wanita dalam cerita tersebut juga masih sedikit samar. Tapi paling tidak, kisah di atas benar-benar bisa menghibur kita semua.