Tuesday, February 28, 2017

Contoh Artikel Cerita Bahasa Inggris tentang Krisis

Bisa disebut artikel, bisa juga disebut cerita, maka dari itu judulnya dibuat seperti di atas bukan artikel bahasa Inggris atau sebaliknya. Kalau bentuk teks-nya sendiri lebih mirip dengan sebuah kisah cerita menarik seperti layaknya dongeng atau fabel. Tapi yang pasti, teks tersebut bisa digunakan untuk hiburan sekaligus bahan belajar.

Jepang adalah bangsa yang mempunyai perkembangan pesat dalam hal pembangunan dan teknologi. Perkembangan tersebut bahkan telah dakui dunia sebagai perkembangan yang membanggakan yang dimiliki oleh Jepang.

Perkembangan teknologi dan pembangunan yang lainnya yang dimiliki Jepang, menjadikan Jepang sebagai pusat untuk menjadi percontohan bagi negara yang lainnya. Di balik kesuksesan dari Jepang tentulah ada semangat sebagai landasan utama memulai perjuangan menggapai pencapaiannya.

Semangat yang terus berkobar yang ada di dalam hati rakyat Jepang itulah yang menjadi resep utama Jepang menjadi nergara paling maju dalam hal bidang teknologi. Dan kini dengan semangat yang sudah mereka tanamkan sejak dari nenek moyang mereka telah membuahkan hasil yang begitu membanggakan.

Di dalam cerita yang berjudul ”Crisis in Japan”, akan diperlihatkan semangat yang begitu membara untuk tetap menghadapi krisis tersebut.  Semangat yang membara yang dimiliki oleh bangsa Jepang inilah yang setidaknya bisa menjadi contoh untuk kita semua.

Segala sesuatu harus dimulai dengan semangat yang tinggi, dengan demikian tujuan itu bisa tercapai. Lalu apa sih sebenarnya maksud dari judul teks bacaan tersebut? Crisis artinya “krisis”, kata in artinya “di dalam” dan Japan artinya Jepang. Jadi, dalam bahasa Indonesia artinya,”Krisis Jepang”,

Tujuan adanya pembahasan ini salah satunya adalah untuk memperkaya bahan bacaan baik untuk hiburan maupun pembelajaran. Oleh karena itu, dari teks yang disediakan sudah disiapkan juga kosa kata baru yang bisa dipelajari. Kosa kata bahasa inggris tersebut seperti di bawah ini.

Some = beberapa
Playing = bermain
Near = dekat
The seashore = pantai laut
Suddenly = tiba-tiba
Fishing = memancing
Came back = kembali
Trawlers = kapal ikan
Earthquake = gempa bumi
Causing = menyebabkan
Tsunami = tsunami
Devastated = menghancurkan
Became = menjadi
Dangerous = berbahaya
Gulping = menelan
Died = meninggal
Homeless = kehilangan tempat tinggal
Hardworking = pekerja keras
Disaster = bencana

Sangat singkat kok, bisa dilihat dari daftar kosa kata di atas yang hanya beberapa jumlahnya. Sekarang rekan semua bisa mempelajari kata – kata baru yang belum pernah didengar. Dengan begitu akan lebih mudah memahami teks atau cerita tersebut.

artikel bahasa inggris dan artinya

Cerita ini menggambarkan suasana pantai yang banyak orang memancing untuk mendapatkan ikan. Suasana pantai terasa begitu ramah menyambut semua orang yang datang. Keramahan pantai itulah yang menjadikan pantai di dalam cerita ini begitu menarik untuk dikunjungi banyak orang. Orang-orangpun menghabiskan waktunya di pantai ini untuk memancing.

Ketika di suatu ketika banyak kapal yang menepi ke tepi pantai, tiba-tiba goncangan gempa tsunami datang. Gempa tersebut membuat banyak orang tersebut berlari menjauhi pantai. Gempa berkekuatan tinggi yang mengakibatkan suani itu masih membuat banyak orang, anak, tidak percaya bagaimana Seashore yang begitu ramah bisa kemudian marah.

Di tengah keraimaian orang sedang melarikan diri, Nikita seorang gadis asal Polandia kehilangan ayahnya. Gadis itu menangis karena dia tidak menemukan ayahnya setelah terjadinya tsunami itu. Dia kemudian meminta tolong kepada rombongan patroli untuk segera mencari ayahnya yang hilang ketika tsunami itu sedang terjadi.

Dari pristiwa tsunami itu, 10.000 dianyatakan tewas akibat bencana itu, dan banyak orang yang akhirnya menjadi tunawisma. Hingga kejadia pasca tsunami ini menimbulkan krisis di Jepang karena banyak dari sumber dari penghidupan mereka raip setelah terjadi gempa tersebut.

Sehingga tidak ada lagi yang bisa dilakukan Jepang selain dari pada merubah keadaan tidak baik ini ke keadaan yang lebih baik. Dengan sisa tenaga dan pikiran yang mereka punya, masyarakat Jepang mulai bertindak dengan semangat guna merubah keadaan.

Mereka percaya untuk bisa merubah keadaan haruslah datang dari diri sendiri dan dari semangat masing-masing rakyatnya. Bila semua masyarakat mempunyai semangat yang sama maka krisis ini akan segera berakhir.

***

Pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini adalah tentang semangat untuk merubah keadaan. Karena keterpurukan dan keadaan yang menyulitkan bisa dirubah bila memang kita sebagai manusia mempunyai semangat untuk mengubahnya.

Memang untuk mengubah keadaan tidak hanya dengan semangat tetapi strategi, tetapi strategi bisa dicari bila memang anda mempunyai semangat tinggi. Dengan demikian semangat adalah prioritas utama dalam merubah keadaan.

Percuma mengetahui strategi merubah keadaan bila memang tidak mempunyai semangat dan konsistensi, kebanyakan pasti akan berhenti ditengah jalan. Pada akhirnya, keadaan tidak berhasil untuk dirubah.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai contoh teks artikel bahasa Inggris singkat yang tentang cerita kejadian tsunami di Jepang. Semoga dengan tambahan artikel tersebut kita bisa lebih mudah dalam mempelajari bahasa Inggris. Jangan lupa, masih ada banyak kisah dan teks lain yang bisa dibaca disini, silahkan dicari.