Thursday, February 16, 2017

Contoh Cerita Binatang dalam Bahasa Inggris

Masih dengan cerita binatang dalam bahasa Inggris, kali ini kita akan kembali menikmati cerita yang cukup singkat yaitu kurang lebih 300 kata. Kalau dilihat dari halaman, kisah berikut hanya setengah halaman kertas folio dan bisa selesai dibaca hanya dalam beberapa menit saja. Bagus untuk dijadikan belajar, apalagi kisahnya yang cukup menarik.

Kalau bicara mengenai cerita binatang mungkin yang terlihat dalam pikiran kita adalah cerita fabel. Meski memiliki kisah seputar hewan namun cerita yang satu ini sepertinya kurang tepat jika dikategorikan sebagai fabel. Pasalnya sepertinya kisah ini bukan merupakan dongeng tetapi merupakan karangan teks bahasa Inggris sederhana.

Tapi tidak apa-apa, bagi yang mencari cerita fabel pendek dalam bahasa inggris juga bisa menikmati kisah tersebut. Apalagi kisah yang diangkat cukup berbeda dari kisah lainnya sehingga tidak akan membuat pembaca bosan. Mau ikutan menikmati kisah ini bukan?

Kita langsung ke ceritanya saja. Kisah yang akan kita baca berjudul “Bounty”. Kata tersebut kalau diartikan ke bahasa Indonesia kurang lebih artinya adalah “hadiah, karunia atau rahmat” dari sang pencipta. Lho, kok seperti itu ya? Jangan salah, meski judulnya terdengar tidak nyambung tapi kisah sebenarnya sesuai kok.

Cerita tersebut mengangkat tema sebuah perburuan yang dilakukan oleh seekor anjing hutan jenis coyote. Kisah tersebut menggambarkan bagaimana ia berburu dan akhirnya mendapatkan mangsa empuk dan bisa memberikan makan pada anak-anaknya. Mangsa yang didapat coyote tadi merupakan berkah dari Tuhan Sang Pemberi Hidup.

Jadi penasaran bukan? Ya, sabar, sebelum anda menikmati kisah yang dimaksud ada baiknya anda juga membaca beberapa kosa kata yang sudah disiapkan. Berikut sudah disiapkan kosa kata dan artinya. Daftar kosa kata tersebut diambil dari teks yang akan anda baca. Silahkan dipelajari juga vocabularies berikut.

Slowly = dengan pelan
Coyote = sejenis anjing hutan, srigala
Crept = merangkak
Brush = semak
Stay hidden = tetap tersembunyi
Prey = mangsa
Each step = setiap langkah
Calculated = dihitung
Carefully = dengan hati-hati
Sound = suara
Paw = cakar
Lifted = terangkat
Lead = menuntun
Drank = minum
Stream = sungai kecil
The crystal clear water = air sebening kristal
Masking = menutupi
Enemies = para musuh
Approach = mendekat
From behind = dari belakang
No sign = tak ada tanda
Danger = bahaya
Thirst = rasa haus
Predators = para pemangsa
Too late = terlambat
Glimpse = sekelebat
Escape = lolos
Strong jaw = rahang
Kick = menendang
Hare’s neck = leher kelinci
Pups = anak anjing

Enak ya, meski berbahasa Inggris tapi sudah dilengkapi juga dengan daftar kata sulit, jadi anda tidak akan bingung memahami makna cerita tersebut. Tidak usah dijadikan beban, enjoy aja karena kita kan niatnya bermain sambil belajar. Sembari menikmati kisah menarik kita juga sambil belajar pintar bahasa Inggris. sekarang yuk kita baca teks cerita selengkapnya.

contoh cerita binatang berbahasa inggris

Dari teks yang sudah anda baca di atas bisa kita lihat bahwa cerita ini tentang seekor koyote (sejenis anjing hutan) yang mencari mangsa. Dalam cerita tersebut, diceritakan bagaimana detik-detik ia berburu.

Diceritakan, ia berburu mangsa dengan senyap, tanpa suara. Ia mengendap, merayap bersembunyi di semak belukar untuk mengincar mangsa. Sangat pelan dan sangat berhati-hati, bahkan setiap gerak langkahnya seolah dihitung dengan tepat agar tidak menimbulkan suara sama sekali.

Digambarkan, selama pengintaian, seperti predator lain, secara perlahan cakar atau kuku-kuku tajamnya mulai terangkat, bersiap menerkam mangsa. Dalam perburuan yang akhirnya sukses, digambarkan juga angin yang bertiup pelan seolah mendukung sang pemangsa.

Di sisi lain, mangsa yang diincar sama sekali tidak menyadari bahaya yang sedang mengintai. Seperti hewan lain, sang mangsa sibuk menikmati dinginnya air untuk mengilangkan dahaga di tenggorokan. Seekor kelinci sibuk menikmati air minumnya, meski waspada namun alam saat itu berpihak pada sang coyote sehingga ia tidak bisa mencium adanya bahaya.

Pelan tapi pasti, momen yang ditunggu pun tiba. Dengan sigap sang predator menerkam mangsanya. Berkelebat cepat, sang buruan pun tak memiliki waktu yang cukup untuk meloloskan diri. Sekelebat bayangan yang ia lihat tak mampu menyelamatkan nyawanya.

Kuku mencakar, taring menamcap dan rahang menjepit dengan kuat leher sang kelinci. Sang mangsa mencoba berontak, menendang sekuat tenaga, sia-sia. Sang pemburu pun sukses menyiapkan hidangan untuk anak-anaknya di rumah.

***

Apa yang bisa diambil dari kisah yang sudah kita baca di atas? Apakah dari cerita binatang bahasa inggris di atas ada hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik? Tentu saja ada. Kisah di atas menggambarkan kepada kita bahwa sejatinya, bahkan hewan pemangsa yang tampak bengis, keji dan jahat sekalipun memiliki rejeki sendiri dari sang pencipta.

Dari gambaran kisah tersebut harusnya kita sadar dan tahu bahwa dua sisi kehidupan entah itu baik atau buruk adalah karya dan kehendak yang Pemberi Hidup. Sama dengan hewan, manusia juga merupakan ciptaan yang telah memiliki bagian dan peran-nya masing-masing. Maka sudah tentu sebagai hamba, manusia hendaknya menyerahkan diri sepenuhnya kepada Alloh.