Tuesday, February 7, 2017

Contoh Cerita Nasehat dalam Bahasa Inggris

Dalam cerita memang banyak nasehat yang bisa diambil, bahkan untuk cerita berbahasa Inggris sekalipun. Cerita yang akan kita nikmati kali ini bukan hanya akan menghibur tetapi bisa menjadi peringatan dan nasehat yang berharga khususnya yang berkaitan dengan religi atau agama.

Memang adakalanya akal manusia selalu menampik apa yang datang dan sudah menjadi ketetapan dari Tuhan. Iman kadang kala dikesampingkan, dan akal lebih diutamakan. Sehingga karena lebih mengutamakan akal dari pada iman orang tersebut justru masuk ke dalam jurang masalah yang lebih rumit lagi.

Di dalam cerita yang berjudul ”Just P.U.S.H!” akan diperlihatkan betapa besarnya akal mempengaruhi manusia untuk mengesampingkan iman. Sehingga dengan demikian manusia tersebut hampir diambang kemurtatan yang membuatnya menjadi manusia yang merugi.

Di sinilah setan berperan untuk mempengaruhi otak manusia agar mengesampingkan imannya. Setan tidak pernah lelah untuk membuat manusia tersebut murtad, karena setan akan terus bersemangat untuk mencari kawan di neraka. Dengan membuat manusia murtadlah setan mendapatkan kawan di neraka.

Dari judulnya memang seperti tidak berhubungan dengan religi tetapi ceritanya sebenarnya berhubungan dengan keimanan seseorang. Dalam judul, kata just artinya saja atau hanya sedangkan kata push artinya dorong. Jadi, judul tersebut dalam bahasa Indonesia artinya ”Dorong Saja”.

Sebelum membacanya, siapa tahu ada yang kurang paham atau baru belajar bahasa Inggris maka sudah disiapkan daftar kosa kata sulit dan artinya. Maksud-nya agar bisa dipelajari lebih dulu. Nah, berikut daftar kosa kata dari teks cerita bahasa Inggris yang akan kita baca.

Sleeping = tidur
Suddenly = tiba-tiba
Filled with = penuh dengan
Told = memberitahukan
Work = pekerjaan
A large rock = batu besar
Explained = menjelaskan
Push = mendorong
With all his might = dengan semua tenaganya
Day after day = hari demi hari
Toiled = bekerja keras
Shoulders = bahu
Unmoving rock = batu yang tak bergerak
Returned = kembali
Sore = sakit, luka
Spent = dihabiskan, dilewati
Discouragement = kehilangan semangat
Placing = menempatkan
Thoughts = pikiran
Impression that = kesan bahwa
Impossible = hal yang mustahil
Prayer = berdoa
Responded = menjawab
Compassionately = dengan sangat merasa kasihan
Serve = mengabdi
Your task = tugasmu
To move it = untuk memindahkannya
Arms = tangan
Strong and muscled = kuat dan berotot
Abilities = kemampuan
Obedient = taat, patuh
Faith = iman, kepercayaan
Intellect = kepandaian
Go wrong = salah, tidak benar
Pray = berdoa
Until = sampai
Something = sesuatu
Happens = terjadi

Kalau dibaca secara urut, daftar di atas juga bisa memberikan sedikit gambaran mengenai alur kisah yang ada dalam cerita pendek ini. Tapi ya sudah-lah, sekarang dari pada kita hanya penasaran saja lebih baik kita baca dulu.

Cerita tentang Nasehat Bahasa Inggris

Cerita ini menceritakan tentang seorang pemuda yang tertidur di tempat tidur yang sanga sederhana. Dia tidur di sebuah kabin yang tanpa cahaya seperti kamar tidup pada umumnya. Hingga pada suatu ketika tuhan menyuruh pemuda tersebut untuk mendorong batu besar dekat kabin.

Pemuda melakukan dan menuruti apa kata tuhannya dan mulai mendorong dengan sekuat tenaga. Setiap hari dia lakukan dan bahkan untuk waktu yang lama. tetapi tidak ada tanda-tanda batu itu bergeser. Di mencoba lagi dengan semangat yang lebih tinggi lagi hingga untuk waktu yang lebih lama kembali.

Setelah dia melakuakn printah tuhan untuk waktu yang lama dan dia tidak melihat ada pergeseran dari batu tersebut. Batu itu tetap pada posisinya, dan tidak berubah sedikitpun. Kini dia merasa bahwa apa yang dilakukannya adalah pekerjaan yang sia-sia.

Pemikiran tentang apa yang dilakukannya adalah hal yang sia-sia itu semakin lekat karena memang setan membisikan itu ke dalam telingannya. Kini dia benar-benar putus asa dengan semua yang telah dia lakukan selama ini.

Hingga pada suatu ketika dia bercakap-cakap dengan tuhan lewat doa. Dia menyampaikan kepada tuhan bahwa dia telah gagal membuat batu itu bergeser, dan tidak dia tidak snaggup untuk mendorong dan membuat batu itu bergeser.

Menanggapi kegelisahan yang dialami pemuda tersebut tuhan mengatakan kepada pemuda tersebut bahwa dia tidak pernah menyuruhnya untuk menggeserkan batu itu. tuhan hanya meminta pemuda tersebut untuk mendorong dengan sekuat tenaga bukan untuk menggeser.

Dan apa yang telah dilakukan oleh pemuda tersebut menurut tuhan tidaklah sia-sia karena pemuda tersebut kini jauh lebih baik karena memiliki tubuh yang coklat, tangan yang kekar dan besar, dan kaki yang juga besar.

***

Cerita bahasa Inggris singkat ini memberikan pesan moral tentang semua ketetapan yang telah Allah berikan tidak ada yang sia-sia. Kesia-sia  datang ketika manusia lebih mendominasi akal pikiran, tetapi lihatlah dari sisi iman tidak ada yang sia-sia. Untuk itu tetap kuatkan keimanan kita karena hal tersebut bukanlah perbuatan yang sia-sia.

Tidak membuat pusing bukan? Ya, cukup bermanfaat memang cerita-cerita seperti itu. Selain untuk hiburan juga bisa untuk belajar, misalnya untuk bahan storytelling, untuk bahan cerpen singkat, bahan drama bahasa Inggris dan lain sebagainya. Selain yang di atas masih ada banyak yang lain loh, silahkan dibaca juga ya.