Wednesday, February 15, 2017

Contoh Cerita Pendek Bahasa Inggris, Stolen

Melengkapi cerita-cerita singkat yang sudah dibahas lebih dulu, kali ini kita akan menambahkan satu contoh cerita pendek bahasa Inggris dengan terjemahannya sekaligus. Siapa tahu ada yang kesulitan memahami arti atau makna cerita-nya maka akan diberi penjelasan lebih lanjut.

Seperti tertulis di atas, karangan atau teks yang akan kita nikmati kali ini berjudul “stolen”. Dalam bahasa Indonesia, kata stolen artinya dicuri dan merupakan bentuk kata pasif. Dilihat dari judulnya, jelas bahkan kisah yang akan kita nikmati bersama adalah sebuah kisah yang berbeda dengan dongeng atau fabel.

Kalau melihat dari isi keseluruhan, teks berikut ini hampir sama atau bisa dikatakan sebagai cerpen khususnya melihat tema yang diangkat. Struktur bahasa yang digunakan pun terasa memiliki gaya-gaya seperti cerita pendek (cerpen). Tentu kita harus membacanya sendiri agar bisa lebih jelas.

Kisah yang diberikan menggambarkan sebuah hubungan sebab akibat yang melahirkan peristiwa yang – mungkin – banyak terjadi di kehidupan sehari-hari. Ceritanya tentang peristiwa kecelakaan kendaraan; seorang pengendara menabrak pejalan kaki.

Iya, melihat dari kejadian yang diangkat maka ada kesan tegang, seram dan menakutkan pada kisah tersebut. Namun itu nanti, kita akan mengetahuinya lebih jelas kalau sudah membacanya langsung. Sekarang lebih baik kita pelajari beberapa kosa kata sulit di bawah ini sebagai bahan tambahan.

Honk = klakson
Crap = omong kosong
Curse = mengutuk
Swerving = mengelak, membelokkan
Thoughtless = tanpa berpikir
Pedestrian = pejalan kaki
Hurry = tergesa-gesa
Jerk = tolol
How dare he= beraninya dia
After all = setelah semua
Marriage = pernikahan
Political career = karir politik
Another woman = wanita lain
Pressure = tekanan
Clammy = lembab
Grip = menggenggam, memegang
Steering = setir
Curb = pinggiran jalan
Gullible = mudah tertipu
Abusing = menyalahkan, menyalahgunakan
Took = mengambil
Entire life = seluruh hidup
Throbs = berdebar
Pulse = urat nadi, denyut
Nothing = tak ada
Rearview mirror = kaca spion
Realize = menyadari
Pull over = menepi
Frozen = membeku
Reality = kenyataan
Foggy = berkabut
Stupor = pingsan
Surgery = operasi
Oblivion = pelupaan, lupa
Emt’s arrive = petugas kesehatan datang
Lifeless body = tubuh tak bernyawa
Step out = keluar
Taken = mengambil
Freedom = kebebasan

Daftar kata di atas diambil dari teks cerita, jadi bisa digunakan untuk memahami lebih jauh bagaimana kisah tersebut. Dengan adanya vocabulary dan terjemahannya tersebut maka diharapkan pembaca tidak akan kesulitan untuk menikmati cerita pendek ini. Ya sudah, kalau sudah selesai dengan daftar di atas lebih baik menuju cerita selengkapnya.

cerita cerpen singkat dalam bahasa inggris

Pendek ya? Benar, cerita di atas tidak lebih dari 500 kata dan tentu saja tidak akan membutuhkan waktu lama untuk membacanya. Lima menit mungkin sudah selesai. Tapi, bagaimana jika kesulitan memahami makna kisah tersebut karena tidak paham bahasa Inggris?

Tenang, anda bisa menggunakan daftar kata di atas sebagai bantuan. Selain itu, agar lebih leluasa, mari kita ulas sedikit mengenai jalan cerita atau alur cerita tersebut. Ya, seperti tertulis pada judul, teks di atas tentang sesuatu yang dicuri.

Diceritakan, pada teks di atas, ada seorang wanita yang sedang mengendarai sebuah mobil di jalan raya. Ketika itu ia berkendara dan tidak terlalu fokus karena memiliki masalah dan pikiran yang berat. Sang wanita tadi bahkan berangkat dari rumah dengan tergesa-gesa, begitu juga saat berkendara.

Di jalan, ketika ia berkendara ada seorang pejalan kaki – yang entah bagaimana posisi-nya – menghalangi laju kendaraan yang ia tumpangi. Tentu, melihat ada pejalan kaki, klakson pun dibunyikan. Tapi sial, mungkin karena berkendara terlalu cepat atau karena alasan lain akhirnya pejalan kaki tak bisa dihindari.

Sang wanita tadi hanya bisa mengumpat dan mencaci ketika akhirnya mobilnya menabrak pejalan kaki tersebut. Di sisi lain, ia masih saja tidak bisa fokus dengan masalah yang ada dipikiran-nya.

Kecelakaan terjadi, ada desir nadi yang bergejolak, jantung yang berdebar kencang mengetahui apa yang baru saja terjadi. Wang wanita pengendara mobil tadi pun sempat membanting setir namun tubuh orang di jalan tadi sepertinya tidak bisa dihindari.

Ia pun melihat melalui kaca spion, dengan perasaan yang sangat kacau ia bisa menangkap sketsa kejadian yang baru saja ia alami. Ia melihat beberapa orang mulai berkrumun, ia juga melihat orang berlarian.

Sejenak, ia baru sadar dengan apa yang baru saja terjadi. Ketika ia telah menepi, petugas polisi pun segera menghampirinya. Ia masih sempat melihat spion dan mendapati mobil ambulan yang telah datang dan melakukan pertolongan. Terlihat sebuah tubuh tergeletak di tepi jalan, tak bernyawa.

Pikiran semakin berkecamuk, ia menyalahkan seseorang, ya seseorang yang membuatnya hancur. Ia mengumpat dan memaki lelaki yang telah menjadi suaminya bertahun-tahun. Lelaki yang telah menghancurkan dan merenggut seluruh kehidupannya. Dan sekarang, dengan kejadian tersebut kebebasan yang ia miliki pun harus dicuri.

***

Ada-ada saja ya kejadiannya?  Ya tapi dari cerita pendek berbahasa Inggris di atas ada hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik. Salah satu pesan moral yang jelas terlihat adalah peringatan bagi semua orang yang akan mengendarai mobil atau kendaraan lainnya.

Ketika berkendara di jalanan, kita tidak hanya akan berurusan dengan diri kita tetapi juga pengguna jalan lain. Di jalan, kita tidak hanya bertanggung jawab atas keselamatan pribadi tetapi juga keselamatan orang lain.

Dari cerita di atas bisa diambil saran bahwa sebaiknya seseorang berkendara dalam keadaan fokus dan tidak memiliki gangguan yang bisa mengakibatkan hilangnya konsentrasi berkendara. Pada kejadian yang ada di cerita, jelas sekali bahwa sang wanita tadi tidak seharusnya mengendarai mobil.

Alasannya karena ia sedang memiliki masalah yang berat yang sangat mengganggu pikiran dan konsentrasi. Bisa dilihat, di sepanjang jalan, pikirannya terus saja mengumpat dan mencaci seseorang yang telah membuat hidupnya tidak karuan.

Pada kondisi itu sebaiknya orang tidak berkendara dan akan lebih bijak jika mengambil waktu untuk menenangkan diri. Mudah-mudahan apa yang dibahas dalam cerita singkat di atas bisa menjadi pelajaran bagi pembaca semua.