Saturday, February 25, 2017

Contoh Cerita Rakyat Luar Negeri dalam Bahasa Inggris

Jangan bingung ya, cerita rakyat dari luar negeri yang dimaksud disini tetap ditulis dalam bahasa Inggris. Hal itu karena inti dan tujuan utama situs ini adalah membahas berbagai macam cerita yang dapat digunakan untuk belajar. Adapun alur ceritanya adalah sebuah bonus yang akan didapat melalui proses belajar.

Kisah yang ada dalam cerita rakyat ini sedikit bersentuhan dengan masalah cinta dan asmara. Tetapi ada juga hubungannya dengan kejadian sesuatu, hampir mirip dengan legenda asal mula sesuatu. Kalau yang ingin tahu lebih banyak silahkan siapkan cemilan dan makanan ringan lainnya untuk teman membaca.

Kita bahas mulai dari judul. Cerita ini bisa diberi judul “The mountain God and the River God”. Tahu ya arti judul tersebut? Ya, kata mountain artinya pegunungan atau gunung sedangkan kata god artinya dewa. Selanjutnya, kata river artinya sungai, jadi kurang lebih arti judul tersebut dalam bahasa Indonesia adalah dewa gunung dan dewa sungai.

Karena tadi dikatakan bahwa cerita ini berkaitan dengan cinta, maka bisa ditebak bahwa ceritanya adalah sebuah persaingan atau perebutan cinta antara dua dewa tersebut. Pasti bagus dong, makanya jangan ketinggalan. Sekarang, sebagai persiapan mari kita simak dulu daftar kata sulit di bawah ini.

She = dia (perempuan
King’s only daughter = anak perempuan raja satu-satunya
Both = dua-duanya
And = dan
Wanted = ingin
Marry = menikahi
Said = berkata
Must = harus
Fight = bertarung
Winner = pemenang
They = mereka
Bows and arrows = busur dan panah
Won = menang, memenangkan
But = tetapi
Angry = marah
Used = menggunakan
Power = kekuatannya
Attack = menyerang
Higher = lebih tinggi
Then = kemudian
Too = juga
Every = setiap
Year = tahun
Rains = hujan

Selesai dengan daftar kata, silahkan dipelajari daftar di atas dan jika perlu dihafalkan agar bisa digunakan dalam percakapan bahasa inggris sehari-hari. Sekarang kita kupas sedikit mengenai ceritanya.

Dalam kisah cerita rakyat ini dikisahkan ada dua dewa yang memperebutkan seorang putri cantik. Putri yang dimaksud adalah seorang putri raja satu-satunya yang sangat mempesona. Sedangkan dua dewa tersebut adalah dewa gunung dan dewa sungai.

Kedua dewa tersebut menyukai sang putri dan ingin mempersuntingnya. Sang raja, ayahnya, mengharuskan mereka untuk bertarung. Pemenangnyalah yang diperkenankan untuk memperistri sang putri.

Setelah melalui pertempuran dengan panah dan busur, akhirnya dewa gunung memenangkan pertempuran. Ia pun kemudian menikah dengan sang putri dan hidup di puncak gunung. Karena kalah, dewa sungai marah dan tidak menerima kekalahan tersebut dengan lapang dada.

Ia pun kemudian mengerahkan kekuatannya. Air sungai kemudian meluap tinggi hingga menutupi puncak gunung. Dewa sungai ingin mengambil putri dari suaminya. Sang dewa gunung tidak tinggal diam, ia pun kemudian mengeluarkan kekuatannya. Gunung pun berubah menjadi lebih tinggi dan dewa sungai pun tak dapat melakukan niatnya.

Fenomena air sungai yang meninggi pada bulan tertentu sampai sekarang ini masih dikaitkan dengan cerita legenda tersebut. Bagaimana menurut anda, cukup bagus dan menghibur bukan? Ya, sekarang silahkan anda baca dulu kisah selengkapnya.

Cerita Rakyat Luar Negeri dalam Bahasa Inggris
Dari kisah dalam legenda luar negeri tersebut dapat diambil pelajaran bahwa sifat kesatria memang perlu dimiliki. Ketika kita kalah dalam pertarungan yang adil maka sudah sepatutnya kita menerima hasil dari kompetisi tersebut. Sama seperti dalam pertandingan, kekalahan bukan akhir segalanya.

Mudah-mudahan ada hikmah dan pesan moral yang dapat diambil dari kisah tersebut. Semoga bisa menjadi pelajaran berharga bagi pembaca semua. Jangan lupa, masih ada banyak dongeng dan cerita rakyat lain yang tak kalah bagus dari yang sudah anda baca diatas, silahkan dibaca.