Tuesday, February 7, 2017

Contoh Cerpen Bahasa Inggris Singkat, Noise

Mungkin ada rekan semua yang membutuhkan cerita pendek (cerpen) yang bukan bahasa Indonesia melainkan di tulis dalam bahasa Inggris. Untuk itu, akan kembali di bahas sebuah karya cerita menarik untuk kita pelajari bersama. Cerita seperti apakah itu, kita akan segera mengetahuinya mulai dari judul, isi, makna dan bahkan pesan-pesan yang ada didalamnya.

Karya yang akan kita baca berjudul “Noise”. Kata tersebut sepertinya merupakan kata benda (noun), dalam bahasa Indonesia kata tersebut artinya “gaduh, riuh, atau kegaduhan”. Di bahasa kita hampir sama juga dengan arti kebisingan atau suara bising. Karena judulnya hanya satu kata maka tidak bisa ditebak bagaimana isi ceritanya.

Yang sedang kita bahas ini termasuk kedalam salah satu yang direkomendasikan. Ada beberapa alasan yang mendasari. Pertama, cerita ini cukup pendek, tidak lebih dari 300 kata atau setengah halaman folio kalau diketik dengan komputer. Kedua, kisah yang diangkat cukup menarik, bahkan sangat membuat penasaran.

Ketiga adalah mengenai unsur kebahasaan. Pada cerita ini bahasa yang digunakan sederhana dan tidak terlalu sulit untuk dipahami. Banyak kosa kata yang digunakan pun merupakan kosa kata yang sudah cukup umum. Selain itu, susunan kalimat dan paragraf-nya pun sederhana. Alur ceritanya pun demikian.

Dengan berbagai hal tersebut maka teks cerita yang satu ini memang cukup mendukung untuk dijadikan bahan belajar bahasa Inggris. Apalagi sudah disiapkan juga daftar kata bahasa Inggris dan terjemahannya. Bagi yang sudah tidak sabar bisa langsung mempelajari kata sulit dalam daftar lalu membaca cerita selengkapnya.

Know = tahu
That = bahwa
I'm alone = aku sendirian
In my room = di ruanganku
Alone in the world = sendiri di dunia
Not afraid = tidak takut
Doesn’t mean = tidak berarti
Hear, = mendengar
Heartbeat = detak jantung
Stepfather = ayah angkat
Their room = ruangan mereka
Plug = lepas
Still hear = masih mendengar
The noise of fear = kebisingan dari rasa takut
Smell = mencium
Crying = tangisan
Beating = pukulan
Pleading = pembelaan
Hide = bersembunyi
Anymore = lagi
Louder = lebih keras
Tears = air mata
Lost = tersesat
In my thoughts = dipikiranku

Berbekal kosa kata di atas maka akan lebih mudah bagi rekan semua untuk mengikuti kisah lengkap dari cerpen ini. Mudah-mudahan kosa kata di atas bisa mewakili dan menggantikan terjemahan atau arti cerita yang dibutuhkan. Kalau sudah selesai dengan daftar di atas silahkan ke teks selengkapnya.

contoh cerpen bahasa inggris dan terjemahannya 

Dari teks di atas jelas bahwa cerpen ini bercerita tentang seseorang yang sedang mengenang masa lalu-nya di tempat tidur, sepertinya. Hal ini bisa diketahui pada bagian akhir cerita yang menyatakan bahwa “…memudar bersama kenangan masa laluku” yang diucapkan oleh sang tokoh utama.

Kalau dilihat dari bagian awal maka yang akan kita tangkap adalah kisah mengenai seorang anak kecil yang berusia sekitar 14 tahun. Diceritakan ia begitu ketakutan dan mendengar suara-suara yang sama sekali tidak bisa lepas dari pikiran. Suara-suara yang dimaksud adalah berbagai macam perasaan dan suara yang sebenarnya berasal dari dalam dirinya sendiri.

Diceritakan ia berada di sebuah kamar, mampu mendengarkan berbagai jenis kebisingan dan kegaduhan, ada suara tangisan, pukulan, rintihan memohon dan lainnya. Suara-suara tersebut menghantuinya dan tidak bisa hilang. Saking dekat-nya suara tersebut bahkan digambarkan meski ia melepas telinga-nya sekalipun ia tetap bisa mendengar suara tersebut.

Kenapa ada rasa seperti itu? Ya, itu semua berkaitan dengan ayah tiri-nya. Oh, iya. Apa mungkin ia mendapatkan seorang ayah tiri yang kejam dan memperlakukan ia dengan tidak layak? Tidak dinyatakan secara jelas, namun dalam kisah di atas ada juga ketakutan dari sang ibu selain ketakutan yang anak kecil tadi rasakan.

Suara gaduh dan riuh yang ia dengar pada akhirnya tidak bisa ia tahan. Ia berhenti, mengurai air mata dan meneteskannya di pipi. Sampai akhirnya semua suara tersebut perlahan sirna dengan kenangan masa lalu-nya.

Bagaimana menurut anda, bagus bukan contoh cerita cerpen bahasa inggris di atas? Ya, kalau kita lihat inti ceritanya maka kita akan lebih mudah untuk menemukan unsur entertain dalam teks tersebut. Untuk pesan moral atau nilai-nilai moral cerpen tersebut harus dikaji lebih jauh jika ingin mempelajarinya.

Kita cukupkan sampai disini saja pembahasan kita kali ini. bagi yang masih ingin lanjut silahkan pilih beberapa cerpen lain yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan ini. ada beberapa judul yang juga tak kalah seru dan menarik, silahkan dibaca sesuai keinginan.