Thursday, February 16, 2017

Contoh Cerpen Singkat Bahasa Inggris tentang Kost

Dari isi cerita, cerpen bahasa Inggris berikut ini cukup unik dan menarik. Untuk kalangan pelajar dan mahasiswa cerita yang diangkat cukup sesuai karena membahas mengenai salah satu sisi kehidupan pelajar. Penasaran seperti apa isinya bukan?

Tentang apa coba? Tentang… bisa dikatakan kisah yang diangkat dalam cerpen ini adalah tentang kos-kosan atau kontrakan atau asrama kesayangan. Ha, sudah tahu bukan apa yang ada dalam cerita tersebut? Ya, memang benar, ide atau gagasan dalam karangan singkat ini memang cukup sederhana tetapi tetap menarik.

Teks bahasa Inggris tersebut selain menarik juga bisa digunakan sebagai media atau bahan belajar. Dengan teks cerita-nya, pembaca bisa belajar bahasa Inggris baik melalui kosa kata, pengucapan, tata bahasa dan lain sebagainya. Pembaca juga bisa belajar membuat terjemahan kalau memang diperlukan.

Cerita tersebut berjudul “Sittin' In the Window”. Kata sittin’ adalah bentuk pendek dari sitting yang artinya duduk. Kata in artinya di dalam sedangkan window artinya jendela. Jadi, kurang lebih artinya ├░uduk di jendela”.

Kalau dilihat dari judul tersebut, isi cerpen ini sepertinya akan membahas mengenai salah satu kebiasaan anak kost yang biasa duduk di jendela atas rumah kontrakan. Kebiasaan yang mungkin sering dilakukan, bahaya, tetapi memiliki nilai keindahan tersendiri. Tapi tentu saja ceritanya bukan tentang kebiasaan itu.

Ceritanya lebih condong ke penjelasan atau deskripsi yang menceritakan suatu tempat kost atau asrama menurut sudut pandang tokoh utama. Penasaran bukan? Sebelum menikmati kisah menarik tersebut lebih baik kita baca dulu vocabularies berikut sebagai pemanasan.

Sitting = duduk
Large = labar
window = jendela
vantage point = tempat yang menguntungkan
whole campus = seluruh kampus
From there = dari sana
everyone = setiap orag
mention = menyebutkan
dorm = asrama (kos-kosan)
Dean = dekan
Rarely = jarang
Unoccupied = tidak ditempati
except = kecuali
the middle of the night = tengah malam
insomniacs = orang yang susah tidur, insomnia
haircut = potongan rambut
sill = bendul, ambang
together = bersama
reason = alasan
special = spesial
the fact = fakta, kenyataan
nobody = tak seorangpun
locked = mengunci
rarely = jarang
each other = satu sama lain
borrowed = meminjam
clothes = pakaian
sounded like = seperti
dormitory = asrama, kontrakan, kosan
hum = dengungan
resembled = menirukan, mewakili, seperti
jet engine = mesin jet

Ya, sudah dibekali dengan daftar kata sulit dan terjemahannya sekaligus, jadi lebih mudah memahami makna. Supaya tidak menghabiskan terlalu banyak waktu lebih baik dibaca saja dulu bagaimana cerpen bahasa Inggris tersebut. Selengkapnya di bawah ini.

cerpen singkat dalam bahasa inggris dan artinya

Benar kan, cukup pendek, bahkan hanya setengah halaman, tak lebih dari 300 kata. Tentu teks tersebut bisa selesai dalam beberapa menit. Tapi yang jadi masalah, apakah semua pembaca tahu dan paham dengan teks bahasa Inggris yang sudah dibaca di atas? Kalau tidak paham bisa melihat arti yang disediakan.

Cerita di atas dibuka dengan deskripsi tentang sebuah kegiatan yang dilarang, yaitu duduk di jendela lantai atas sebuah perguruan tinggi atau kampus. Diceritakan, jendela kampus tersebut merupakan spot atau lokasi yang cukup bagus untuk menikmati keadaan di luar.

Dari jendela tersebut, bisa dilihat lalu lalang orang di bawahnya. Bisa juga terlihat aktivitas lain, sebut saja misalnya mereka yang masuk ke asrama putri. Kegiatan duduk di jendela kampus seperti itu memang cukup berbahaya, sudah dilarang. Bahkan Dekan universitas pun telah melarang hal itu.

Tapi yang namanya anak muda, larangan tersebut pun tidak berarti. Jendela lantai atas tersebut tetap saja menjadi lokasi menarik. Bahkan, digambarkan jendela tersebut tidak pernah sepi, selalu saja ada anak yang duduk disana.

Saking ramai-nya, dikatakan bahwa jendela kampus tersebut hanya kosong di tengah malam buta. Bahkan kadang di tengah malam pun dikatakan masih ada anak yang menggunakan jendela tersebut, misalnya mereka yang insomnia atau susah tidur. Terdengar ajaib ya jendela tersebut.

Salah satu anak yang biasa menikmati suasana di jendela tersebut adalah seorang gadis berusia dua puluh tahun. Digambarkan gadis tersebut senang menikmati pemandangan itu, melihat ke arah asrama tempat ia berlindung selama menempuh pendidikan.

Selanjutnya, cerpen akan menjelaskan lebih jauh mengenai asrama tersebut. Ada banyak deskripsi menarik yang diberikan. Digambarkan, asrama tersebut adalah salah satu tempat terindah dan ternyaman setelah rumah.

Di asrama tersebut para penghuni saling berbagi berbagai hal. Mereka saling berbagi bersama, saling menjawab telepon, saling tukar atau meminjam kaset, atau bahkan pakaian yang mereka miliki. Digambarkan bahwa tempat itu adalah tempat yang penuh kehangatan, meski tidak mewah.

Asrama tersebut sebenarnya sederhana, bisa dilihat bahwa disana tidak ada AC. Karena itulah di setiap kamar digambarkan memiliki dua kotak kipas angin untuk mengatur sirkulasi udara yang panas. Bahkan, pintu-pintu kamar disana pun hampir setiap saat terbuka.

Pada malam hari, suasana digambarkan begitu berbeda, bahkan terkesan unik dengan perumpamaan yang menggelitik. Asrama tersebut – dimalam hari – digambarkan seperti sebuah pesawat yang akan lepas landas.

Dengungan suara kipas angin dari masing-masing kamar seolah menggantikan suara mesin pesawat. Bahkan digambarkan di malam hari asrama tersebut seolah hidup dengan segala apa yang ada.

Adanya “Tanya”, seorang gadis muda yang begitu menyayangi dan mencintai asrama tua tersebut. Bagi gadis muda tersebut, asrama tua tersebut adalah rumah terbaik yang pernah ia miliki atau tinggali.

***

Sungguh, sebuah kisah yang bisa membuat pembaca terlarut, benar tidak? Ya, cerpen dalam bahasa Inggris di atas memang bisa membuat pembaca benar-benar merasakan dan melihat keadaan dan situasi yang ada.

Penggambaran lokasi dan keadaan yang ada begitu jelas, detail dan membuat suasana begitu nyata. Bisa dikatakan kisah yang diangkat dalam cerita di atas masuk menjadi salah satu yang paling unik dan menarik diantara kisah lainnya.

Itulah sedikit pembahasan kita mengenai karya di atas. Mudah-mudahan karangan tersebut bisa menjadi bahan bacaan yang bermanfaat bagi kita semua. Bagi rekan semua yang masih ingin menikmati cerita lain bisa langsung memilih beberapa judul yang sudah disiapkan dibagian bawah. Mudah-mudahan ada salah satu yang sesuai keinginan.