Saturday, February 25, 2017

Dongeng Hewan Bahasa Inggris Rubah dan Kambing

Tambahan untuk contoh dongeng hewan bahasa Inggris, kali ini adalah tentang rubah dan seekor kambing. Bagus, lucu dan penuh nilai moral kok, ceritanya juga tidak panjang. Cerita dongeng ini kurang lebih hanya 300 kata saja, jadi setengah lembar kertas folio saja. Ingin ikutan menikmati cerita tersebut?

Ya, manusia sering kali dikuasai oleh rasa iba kepada orang lain ketika orang lain dalam keadaan kesulitan. Rasa iba yang dimiliki oleh manusia memang tidak bisa dipersalahkan karena itu adalah sifat manusiawi yang selalu timbul setiap ada manusia yang membutuhkan pertolongan.

Sifat manusiawi yang ada pada manusia itulah yang terkadang dimanfaatkan oleh orang-orang jahat. Orang-orang jahat di masa sekarang banyak sekali menggunakan topeng untuk membuktikan bahwa dia dalam kesulitan.

Padahal topeng pembuktian tersebut tidak sesuai kenyataan seperti apa yang dilihat manusia lainnya. Sehingga karena merasa iba dengan topeng penjahat yang begitu memelas akhirnya rasa iba itu dikeluarkan tidak kepada orang-orang yang benar membutuhkan.

Seperti yang terkandung di dalam cerita yang berjudul ”A Fox and a Goat”, yang dalam bahasa Indonesia artinya ”Rubah dan kambing”. Dengan cerita ini mudah-mudahan bisa menggugah pikiran para pembaca sekalian untuk tetap melihat siapa yang ditolong.

Selain itu, pastikan juga apakah dia benar-benar orang yang membutuhkan pertolongan atau orang yang orang jahat yang hanya memanfaatkan pertolongan orang lain. Bila memang ragu, ada baiknya jangan ditolong. Kecuali bila memang berani menanggung resiko yang mungkin saja terjadi. Sebelum itu, kita baca juga kosa kata di bawah ini ya.

Fox = rubah
Walking = berjalan
Near = dekat
Well = sumur
Incident = insiden, kejadian
Slipped in = terpeleset masuk
Deep = dalam
Best = terbaik
Get out = keluar
Very = sangat
Thirsty = haus
Goat = kambing
Passed by = melewati
Asked = bertanya
Cunning = licik
Cool = dingin
Pleasant = menyenangkan
Without = tanpa
Thinking = berpikir
Jumped into = melompat ke dalam
Smiled = tersenyum
Poor = malang
Repent = menyesal

Ya, nanti akan lebih jelas apa sebenarnya yang terkandung didalam kisah berikut. Makanya silahkan dibaca daftar kata di atas, kalau ada yang sulit lebih baik dipelajari dulu. Setelah itu baru dengan mudah menikmati bagaimana cerita menarik tersebut.

Dongeng Bahasa Inggris Rubah dan Kambing

Cerita binatang tersebut adalah tentang seekor rubah yang berjalan di dekat sumur. Ketika berjalan tiba-tiba dia terpeleset dan masuk ke dalam sumur tersebut. Di dalam sumur sang rubah tidak bisa keluar, geraknya sangat sulit sekali untuk keluar.

Geraknya sanga terbatas, dan tidak ada lagi yang bisa dilakukan oleh rubah itu. Hingga tak lama datang seekor kambing yang begitu haus. Ia melintasi sumur dan berhenti setelah melihat rubah yang berada di dalamnya.

Sang kambing pun bertanya kepada rubah yang ada didalam,”mengapa kau di situ”. Rubah dengan tipu muslihatnya berkata ”Aku sedang merasakan air yang begitu bening, dingin, dan manis, bila mau kemarilah”.

Tanpa pikir panjang, sang kambing pun melompat ke dalam sumur tersebut. Rubah melompat ke atas punggung kambing domba dan keluar dari sumur tersebut. Rubah akhirnya pergi setelah berhasil keluar dengan bantuan punggung kambing, dia meninggalkan kambing sendirian di dalam sumur.

***

Pesan moral dari cerita binatang berbahasa inggris ini adalah lihat dahulu sebelum melompat, atau bisa juga diartikan teliti dahulu sebelum melakukan sesuatu. Karena ketelitian sangat diperlukan untuk menghindarkan anda dari penyesalan yang selalu datang belakangan.

Dan bila sudah datang penyesalan maka istilah yang tepat adalah nasi sudah menjadi bubur dan tidak akan menjadi nasi lagi, begitu juga keadaan yang sudah terjadi tidak mungkin terulang lagi. Itu saja kali ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan semua, salam.