Saturday, February 25, 2017

Dongeng Kancil dan Buaya Bahasa Inggris dan Indonesia

Siapa yang tidak tahu tentang kisah dongeng kancil dan buaya yang telah banyak digunakan para guru untuk menghibur para siswanya. Cerita anak berbahasa inggris ini memang cerita yang sangat familiar diantara para anak kecil. Banyak macam cerita tentang kancil buaya ini, dan berikut kami juga akan menghadirkan kisah antara kancil dan buaya.

Kalau dalam bahasa Inggris, kisah ini berjudul ”Mouse Deer and Crocodile”, ceritanya cukup menarik untuk menjadi sajian hiburan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Kecerdikan dari pada kancil bisa menjadi contoh anak kita dalam menghadapi permasalahan yang dihadapinya.

Dari judul saja sudah nampak karakter yang tidak imbang, dari segi kekuatan dan segi bentuk tubuh. Tetapi dari segi akal, kancil mempunyai serubu akal di luar kepala untuk mengelabuhi semua musuh-musuhnya yang hanya besar fisiknya saja itu. Berkat kepiawaiannya itulah dia bisa selamat dari berbagai macam permasalahan.

Di dalam cerita ini menceritakan tentang seekor kancil yang selalu mengelabuhi musuhnya yaitu buaya. Setiap bertemu dengan buaya, kancil selalu mempunyai alasan yang begitu menyakinkan hingga buaya sneidiripun tidak mengetahui bahwa kancil sendiri sedang berbohong demi keselamtannya.

Yang lebih menggelikan lagi buaya tidak pernah curiga ketika dia bertemu dengan kancil terlebih buaya sudah terlalu sering untuk dikerjai oleh si kancil. Mungkin itulah kelemahan terbesar dari buaya yang digunakan oleh kancil, sehingga kancil bisa mengelabuhi dengan baik dan rapih musuhnya itu.

1) Cerita kancil dan buaya dalam bahasa Inggris

Cerita versi pertama dikemas dengan berbahasa Inggris yang tujuannya agar cerita ini bisa dijangkau oleh semua masyarakat baik lokal maupun manca negara. Dengan demikian banyak yang bisa menikmati cerita yang menarik ini, dan banyak juga yang bisa menikmati pesan moral yang mendidik di dalam cerita ini.

Selain itu, diharapkan juga dongeng kancil ini bisa menjadi salah satu media pembelajaran yang cukup bermanfaat untuk menambah kosa kata atau melatih percakapan. Oleh karena itu tak lupa sudah disiapkan juga daftar kata sulit dari teks cerita tersebut. Untuk mengawali, sebelum membaca cerita selengkapnya silahkan pelajarai vocab berikut.

Mouse Deer = kancil
River = sungai
Crocodile = buaya
Waiting = menunggu
Underwater = didalam air
Into = kedalam
Grabbed = mengigit
Laughed = tertawa
Leg = kaki
Cross = menyebarang
Floating = mengapung
Log = kayu
Rose = keluar
Lunch = makan siang
Orders = perintah
Invite = mengundang
Party = pesta
Count = menghitung
Prepare = menyiapkan
Enough = cukup
Lined up = berbaris
Other side = sisi lain

Lumayan bisa untuk tambahan belajar. Syukur kalau sudah banyak kata-kata yang dimengerti, jadi tinggal menghafal kata yang baru dan masih sulit saja. Kalau sudah, tak perlu lama-lama dengan kosa kata, silahkan baca teks yang sudah disiapkan dibawah ini, mudah-mudahan tidak membuat anda pusing.

Bagi anda warga lokal anda juga bisa belajar bila memang anda belum mempunyai kemampuan dalam berbahasa Inggris. Dari belajarlah anda bisa mengetahui kandungan isi yang terdapat cerita yang dikemas dengan nashkah berbahasa Inggris. Semakin banyak anda belajar maka semakin baik untuk melatih daya ingat dan keahlian bahasa anda.

2) Cerita kancil dan buaya bahasa Indonesia

Anda tidak perlu khawatir karena selain menyajikan naskah cerita yang berbentuk bahasa Inggris, konten ini juga menghadirkan naskah dalam bentuk cerita berbahasa Indonesia. Ini supaya lebih memudahkan pembaca sekalian bila memang sama sekali tidak mengetahui berbahasa Inggris.

Dengan demikian terdapat dua pilihan bahasa yang bisa anda pilih bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Pilihan tersebut diadakan untuk menjamin kepuasan para pembaca sekalian yang datang dari berbagai golongan yang mempunyai kemampuan dalam dan bahasa yang berbeda-beda. Yang ingin melihat versi Indonesia, silahkan berikut.
cerita kancil dan buaya

Ya, berpikir secara cerdik adalah senjata yang paling ampuh dalam menghadapi masalah inilah pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini. Ketika tenaga yang datang dari fisik yang besar tidak mampu menghalau jalan satu-satunya adalah menggunakan otak. Untuk itu pandai-pandailah membaca situasi dan menentukan langkah dan pikirkan dengan baik langkah yang akan anda tempuh dengan demikian anda bisa selamat.

Masih banyak cerita lain yang juga memberikan kisah cerita yang menarik dan menghibur di dalam situs ini. Semua cerita-cerita dan konten yang ada di dalam situs ini juga dilengkapi dengan pesan moral sebagaimana yang telah kita saksikan di dalam konten yang sedang kita bahas ini. Mudah-mudahan menjadi konten yang bermanfaat untuk kita semua.