Tuesday, February 21, 2017

Dongeng tentang Binatang, Contoh dan Artinya Lengkap

Bicara mengenai dongeng binatang, paling suka kalau membaca dongeng binatang yang lucu abis. Saking senangnya bahkan banyak yang sampai mencari kumpulan dongeng dengan tema khusus tersebut. Bagaimana dengan anda, apakah anda juga suka yang lucu-lucu? Kalau suka maka tak salah jika ikut melihat  cerita berikut.

Ada dua contoh dongeng yang akan kita hadirkan kali ini. Kedua contoh tersebut merupakan dongeng tentang binatang yang cukup singkat dan menarik. Karena hanya dua tentu saja tidak lengkap, tetapi bagi yang suka tentu bisa membaca dongeng lain yang juga akan disiapkan.

Untuk yang kali ini adalah dua tema. Yang pertama adalah cerita binatang tentang seekor rusa dan anaknya. Tapi ingat ya, ini bukan dongeng hewan bergambar loh, jadi jangan kecewa kalau yang ingin mencari yang seperti itu. Kalau yang kedua yaitu tentang hewan yang bernama kelinci dan anjing.

Kalau dalam bahasa inggris, cerita seperti ini bisa disebut dengan cerita fabel. Ceritanya sederhana, pendek tetapi bagus dan memiliki pesan moral yang cukup baik untuk diteladani. Cerita seperti ini bagus untuk motivasi dan inspirasi terutama untuk anak kecil dan remaja sekolah.

1) Dongeng binatang rusa dan anaknya

Yuk kita bahas langsung yang pertama, yang ini adalah tentang rusa dan seekor anaknya. Kalau yang ini sih sebenarnya sangat dan amat singkat dan bisa dikatakan unsur ceritanya terlalu sederhana. Cerita yang pertama ini cocok untuk adik-adik yang masih kecil dan untuk pemula yang sedang belajar bahasa Inggris.

Untuk bekal membaca atau membuat cerita ini kedalam bahasa Inggris sudah disiapkan juga kosa kata yang bisa digunakan. Bagi adik-adik atau rekan semua yang ingin membaca kisah ini bisa langsung mempelajari vocab berikut.

Deer = rusa
Fawns = anak rusa
Asked = bertanya
Father = ayah
Bigger = lebih besar
Stronger = lebih kuat
Than = dari pada
Dog = anjing
Sharp horns = tanduk yang tajam
Run away = lari, kabur
Lose = kehilangan
Patience = kesabaran
Injure = menyakiti

Sudah siap baca kisah tentang rusa tersebut, bagaimana coba ceritanya? Ya, ceritanya nih ya, di hutan ada seekor rusa dan anaknya yang masih kecil. Suatu hari sang anak rusa bertanya pada ayahnya, “ayah, kenapa ayah lari ketika mendengar gonggongan seekor anjing? Bukankah ayah lebih besar, lebih kuat dan ayah juga memiliki tanduk yang tajam, kenapa takut dengan anjing?”

Mendengar pertanyaan sang anak yang masih polos, rusa tersebut pun menjelaskan dengan bijaksana apa yang ia lakukan. Ia pun berkata, “anakku, amarah ayah ini tidak menentu, jadi bisa saja ketika dekat dengan anjing itu ayah lantas tidak dapat mengendalikan amarah, bagaimana kalau sampai ayah melukai sang anjing?”, jawabnya.

Begitulah, kisah percakapan antara ayah dan anak tersebut memberikan nasehat yang sangat berharga. Dari percakapan tersebut kita bisa mengambil hikmah bahwa hendaknya lebih baik kita menghindari masalah yang bisa menimpa diri kita. Bagus bukan, nah agar lebih jelas silahkan baca cerita dan terjemahan yang disediakan.

Dibilang belajar tapi seperti orang mainan karena memang ceritanya begitu pendek dan tidak seperti cerita sungguhan. Tidak apa – apa juga kan, meski sedikit tapi kan kita tetap belajar, jadi tidak berat dan menjadi beban. Dengan begitu yang sedikit tadi bisa benar-benar membekas di ingatan kita, benar tidak?

2) Dongeng binatang kelinci dan anjing

Setelah membaca kisah tentang kijang dan anaknya, sekarang gilira kita membaca satu cerita lagi yaitu tentang kelinci dan sang anjing pemburu. Belum pernah dengar cerita ini kan, makanya kita akan menggunakan cerita ini untuk bahan belajar bahasa Inggris. Pertama kita akan menghafalkan kosa kata sulit, setelah itu kita bicara pesan moral.

Ada pelajaran berharga yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari cerita berikut. Dalam cerita hewan ini kita bisa mengetahui tentang bagaimana seseorang dalam berusaha. Maksudnya, ketika orang mengusahakan sesuatu yang berkaitan dengan nyawa, maka sudah pasti orang tersebut akan berusaha sekuat tenaga, semua daya upaya akan dikeluarkan.

Berbeda lagi jika orang berusaha untuk tujuan lain, maka usahanya juga akan sebanding dengan tujuan tersebut. Semakin penting tujuan tersebut bagi seseorang maka akan semakin kuat pula usaha yang dilakukan. Bagus, tentu saja bagus. Tapi sebelum kita baca, mari pelajari dulu beberapa vocab berikut!

Shepherd = gembala
Mocked = mengejek
Hunting = berburu
Dogs = anjing
Gave up = menyerah
Smaller = lebih kecil
Animal = binatang
Difference = perbedaan (kata benda)
Between = diantara
Us = kami
Defend = mempertahankan

Sedikit dan tidak akan bikin pusing, benar tidak? Ya, kalau anda mendapatkan kata sulit dari daftar di atas maka tugas anda adalah menghafal dan memahami makna kata tersebut. Dengan begitu setelah membaca cerita ini anda akan memiliki lebih banyak kosa kata untuk dipergunakan dalam percakapan. Sekarang langsung kita baca saja cerita selengkapnya.
Cerita Dongeng Contoh dan Artinya
Teks di atas menggambarkan sebuah kejadian menegangkan yang terjadi antara kelinci dan seekor anjing. Suatu ketika sang anjing menemukan seekor kelinci. Ia pun hendak menjadikan kelinci tersebut sebagai mangsa. Ia lantas mengejar kelinci tersebut.

Segera setelah ia tahu ada pemburu yang mengejarnya maka sang kelinci pun lari sekuat tenaga. Ia terus berlari sekuat tenaga agar bisa selamat dari maut. Tak disangka, hal itu membuat sang akhir tak mampu mengejarnya. Ia pun pada akhirnya bisa selamat dari ganasnya sang anjing.

Di waktu bersamaan, seorang penggembala melihat anjing yang gagal mengejar kelinci tadi. Ia pun lantas mengejek anjing yang kalah dengan kelinci tersebut. “Hewan kecil saja bisa mengalahkanmu, ternyata kelinci larinya lebih kencang dari pada kamu”, ucap sang gembala.

Sedikit kesal sang anjing pun menjawab, “tidakkah kamu tahu perbedaan lari diantara kami? Kelinci yang kau lihat tadi lari untuk mempertahankan nyawanya, sementara aku lari untuk mencari makan. Jika kelinci tersebut gagal maka ia akan mati dan tidak bisa lari lagi sementara jika aku gagal maka aku masih bisa mencari makanan lain.”, ucapnya.

Jelas sekali dari kisah di atas bahwa keinginan sangat berpengaruh dalam menentukan kerasnya usaha yang dilakukan oleh seseorang. Itulah sedikit gambaran untuk dongeng tema binatang tersebut. Mudah-mudahan ada hikmah dan pelajaran yang dapat kita petik bersama.