Friday, February 10, 2017

Karangan Cerita Bahasa Inggris tentang Bunga Mawar

Makna sesungguhnya pada karangan bahasa Inggris berikut ini sebenarnya bukanlah semata-mata tentang bunga mawar. Kisah ini lebih menggambarkan tentang bagaimana seharusnya manusia memandang dirinya sendiri. Bahwa, sebenarnya dalam diri manusia ada kebaikan yang tertanam didalamnya, tidak peduli seberapa banyak keburukan yang pernah dilakukan.

Cerita tentang bunga mawar ini hanyalah sebuah media untuk menyampaikan isi atau nilai-nilai moral yang baik untuk direnungkan oleh semua orang. Sebagai cerita bahasa Inggris, kisah tersebut cukup menarik dan layak untuk dibaca.

Untuk renungan, cerita tersebut memiliki nilai moral yang bagus. Untuk bahan belajar, cerita tersebut cukup singkat dan disusun dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Oleh karena itu teks ceritanya juga cocok untuk adik-adik pelajar.

Kalau dibaca teks ceritanya bisa selesai tidak lebih dari 10 menit soalnya hanya terdiri dari beberapa paragraf singkat, tak lebih dari 1 lembar kertas folio. Lalu, apa judul dari kisah tersebut, apakah cukup bagus?

Judulnya yaitu The Rose Within. Dilihat dari judul, kata rose artinya bunga mawar, sedangkan kata within artinya didalam. Jadi kalau diartikan judulnya yaitu mawar yang ada didalam. Terdengar sedikit aneh dan membingungkan ya? Tenang, nanti kita baca, sekarang kita lihat dulu beberapa kosa kata berikut!

Planted = menanam
A rose = mawar
Watered = menyirami
Before = sebelum
Blossomed = mekar
Examined = mengamati
Noticed = menyadari
Thorns = duri
Beautiful flower = bunga yang indah
Burdened = dibebani
Sharp thorns = duri yang tajam
Neglected = mengabaikan, diabaikan
Died = mati
Within = didalam
Soul = jiwa
Good qualities = kualitas baik, kebaikan
Amid = di tengah-tengah
Defects = kerusakan, cacat
Despair = keputusasaan
Potential = potensi
Must show it  = harus menunjukannya
Characteristic = karakter, ciri
Nobility = ningrat, bangsawan
Faults = kesalahan

Kenapa dibuat daftar kata segala, apa gunanya? Tentu saja berguna, vocabulary bahasa Inggris dan artinya di atas diambil dari teks cerita. Oleh karena itu dengan mempelajarinya maka pembaca akan lebih mudah mengikuti jalan cerita pada teks, tidak perlu bingung dan tidak tahu artinya.

Dari daftar kosa kata tersebut, jika ada yang belum dipahami dan masih baru, maka kata-katanya bisa dihafalkan baik pengucapannya maupun artinya. Setelah itu kata – kata sulit tersebut bisa diterapkan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Nah, sekarang kita nikmati kisah selengkapnya.

cerita dalam bahasa inggris singkat

Cerita berjudul The Rose Within ini adalah kisah yang sarat akan pesan moral. Dalam cerita ini dikisahkan tentang seseoarang yang menanam bunga mawar. Pada suatu hari, ada seseorang yang menanam mawar. Setiap hari, dengan sabar dan lembut dia menyirami bunga yang ia tanam.

Sampai suatu ketika, sebelum mawar itu berbunga, dia memeriksa bunga mawar tersebut. Dia melihat tunas yang akan segera mekar, tapi dia juga melihat ada begitu banyak duri di batang bunga mawar tersebut.

Melihat duri yang tajam-tajam tersebut ia pun berpikir “Bagaimana bisa bunga seindah ini memiliki begitu banyak duri yang tajam di batangnya?”

Entah kenapa, orang itu merasa sedih akan hal itu. Setelah itu, ia pun lupa dan tidak lagi menyiram bunga mawar yang telah ia tanam. Sebelum bunga mawar itu mekar, akhirnya bunga mawar itu mati. Akhirnya ia pun tak dapat melihat keindahan mawar tersebut.

***

Bisa dikatakan, kisah ini hampir sama dengan apa yang terjadi pada sebagian besar orang. Sebenarnya, dalam setiap jiwa seseorang pasti ada mawar didalamnya.

Sesungguhnya, orang memiliki kualitas baik yang ditanam pada dirinya sejak manusia lahir. Sejak saat lahir, seiring berjalannya waktu kemudian tumbuh duri-duri dari kesalahan kita. Kebanyakan hanya melihat duri-duri yang tampak buruk dan cacat tersebut.

Kita terlalu sering merasa putus asa. Kita selalu berpikir bahwa tidak ada hal baik yang ada pada diri kita. Kita selalu lalai untuk menyirami dan bahkan memperhatikan hal-hal baik yang ada pada diri kita, dan akhirnya hal baik yang ada pada diri kita pun terlupakan.

Sedikit dari kita yang bisa menyadari potensi kita sendiri. Beberapa orang bahkan sama sekali tidak bisa melihat bahwa ada mawar yang indah di dalam diri mereka. Karena itulah, perlu ada seseorang yang mau menunjukan pada mereka.

Salah satu hal terbesar dan terbaik yang bisa dilakukan oleh seseorang adalah melewati duri dalam dirinya dan mau berdamai dengan dirinya sendiri. Dengan begitu mereka bisa menemukan kebaikan, mawar indah yang ada dalam diri mereka sendiri.

Ini adalah salah satu ciri dari cinta… untuk bisa menyikapi kesalahan seseorang dengan benar, lalu menerima orang itu kedalam kehidupan kita… lalu mengakui ada kehebatan di dalam jiwa mereka.

Jika kita bisa menunjukan pada mereka ‘mawar’ dalam diri mereka sendiri, maka mereka akan bisa menaklukan duri mereka. Lalu kemudian mawar dalam diri mereka itu akan mekar berkali-kali dalam waktu yang lama.

Kisah ini memberikan kita semua pelajaran yang sangat berharga. Kisah ini mengajarkan pada kita semua bahwa ada mawar dalam diri kita sendiri. Dan mawar itu lah yang harus kita temukan.

Jika kita tidak bisa menemukan mawar itu dalam diri kita, maka kita hanya akan melihat duri-duri dalam diri kita saja. Dan itulah yang nantinya akan membuat kita jadi putus asa dan menyerah.

Ada banyak cara untuk bisa menemukan dan melihat mawar dalam diri kita. Salah satunya adalah dengan bantuan dari orang lain. Sebagai mahluk sosial kita membutuhkan orang lain untuk membantu kita menemukan mawar dalam diri kita.

Setelah kita bisa menemukan dan melihat mawar dalam diri kita, maka kita akan bisa menyiram dan merawat mawar dalam diri kita sendiri.

Kisah ini memang sarat akan kiasan didalamnya. Keindahan dan potensi kita dikiaskan sebagai sebuah mawar yang indah. Sedangkan kesalahan dan keburukan kita dikiaskan sebagai sebuah duri yang tajam.

Yah, begitulah manusia. Tidak ada manusia yang hidup hanya dengan keindahan saja. Setiap manusia pasti memiliki keindahan dan keburukan didalamnya.

Hanya saja, beberapa dari kita tidak bisa menyadari keindahan yang ada dalam diri kita karena terlalu sering mengeluh dan hanya melihat hal buruk yang ada dalam diri kita. Kita harus bisa membuka mata kita lebih lebar.

Agar kita bisa menemukan keindahan dalam diri kita dan mau berdamai dengan segala keburukan dalam diri kita. Dengan begitu maka kita akan bisa menjadi diri kita sendiri. dan saat kita bisa menjadi diri kita sendiri, kita akan tampak jauh lebih keren.