Sunday, February 19, 2017

Legenda Sungai Kawat dalam Bahasa Inggris dan Terjemahan

Ini ceritanya, kita sedang belajar bahasa Inggris dengan sebuah cerita rakyat yaitu legenda sungai kawat. Dalam pembelajaran ini kita akan uji coba membuat atau menulis cerita sungai kawat dalam bahasa Inggris. Intinya kita akan belajar menceritakan kisah tersebut menggunakan bahasa Inggris, semacam storytelling gitu, paham kan?

Kalau dalam bahasa inggris, cerita rakyat yang akan kita bahas ini judulnya “The River of Wire”, benar tidak ya? Ya kali, kata river kan artinya sungai sedangkan kata wire artinya kawat, iya kan? Itu tadi masalah judul, lalu kira-kira pesan moral apa yang dapat dipelajari dari cerita yang satu ini?

Satu yang sangat menonjol dalam kisah ini adalah tentang keserakahan. Serakah, tamak dan hal lain yang bersifat sama digambarkan hanya akan melahirkan bencana. Bukan hanya digambarkan, kenyataan dalam kehidupan ini pun seperti itu bahwa serakah hanya akan memberikan keburukan.

Dalam cerita legenda berikut ini sangat jelas digambarkan bagaimana seorang nelayan serakah yang akhirnya tidak mendapatkan apapun yang seharusnya ia dapatkan. Kalau saja ia tidak serakah, sangat mungkin ia bisa mendapatkan lebih banyak dari yang bisa ia pikirkan. Bagus, tentu saja bagus, tapi sebelum kita ke ceritanya lebih baik kita baca juga daftar kata bahasa Inggris berikut.

River = sungai
Wire = kawat
Fisherman = nelayan
Fishing = memancing
Almost = hampir
Desperate = putus asa
Guess = menebak
Fish = ikan
Gold wire = kawat emas
Voice = suara
Cut = potong
Heavy = berat
Finally = akhirnya
Drowned = tenggelam

Kok hanya sedikit kosa kata-nya? Ya, sesuai dengan ceritanya yang singkat dan sangat pendek, tak lebih dari setengah halaman saja. Tapi jangan khawatir, meski pendek teks tersebut sangat bermanfaat kok, terutama untuk belajar bahasa Inggris.

Kosa kata-nya bisa untuk menambah vocabulary, alurnya bisa menghibur dan teksnya bisa untuk berbagai kebutuhan belajar seperti drama, storytelling dan lain sebagainya. Lalu, ceritanya sendiri seperti apa ya?

Pada cerita sungai kawat ini, dikisahkan ada seorang nelayan yang tinggal dengan salah satu anaknya. Suatu hari, karena dia adalah nelayan, ia pergi ke sungai untuk mencari ikan. Ya, begitu, kehidupan nelayan sumber penghasilannya kan memang dari menangkap ikan, benar tidak?

Nah, hari itu, dari mulai berangkat hingga sampai hari menjelang malam ia memancing tetapi tidak mendapatkan ikan sama sekali. Karena belum mendapatkan satu tangkapan pun, maka ia terus memancing sampai agak larut.

Waktu terus berjalan dan ia belum mendapatkan apapun sampai akhirnya ia sudah hampir putus asa dan akan pulang. Saat ia hampir menyerah, tiba-tiba umpan kail-nya ditarik oleh sesuatu. “Ah, sepertinya ini ikan yang sangat besar”, pikir sang nelayan tadi.

Ia pun mulai menarik kailnya dengan hati-hati. Kail-nya sangat berat, pelan – pelan ia terus menariknya. Sampai akhirnya, kail pun muncul di permukaan dan alangkah terkejutnya ia karena yang ia lihat bukan ikan besar.

Di ujung kail, tersangkut sebuah kawat berkilauan, kawat emas. Tentu saja tak masalah jika ia tidak mendapatkan satu ikan pun tetapi mendapatkan emas. Ia pun menarik dengan kuatnya. Berlahan-lahan kawat emas itu mulai menyembul lebih banyak. Ia pun semakin bersemangat memasukkan kawat-kawat tadi ke perahu.

Saat sedang berjuang mendapatkan kawat tersebut tiba-tiba terdengar suara gaib, “potonglah kawat itu, tarik ke tepi. Kau bisa melakukan hal itu jika ingin mendapatkan kawat emas itu”. Mendapatkan peringatan tersebut sang nelayan tidak peduli lagi.

Ia tetap menarik kawat tersebut. Pikirannya sudah dibutakan dengan adanya emas berbentuk kawat tadi. Ia pun tidak ingin kehilangan satu inci pun dan terus saja menarik kawat tersebut dengan keras.

Tak disangka, ucapan gaib tersebut pun memang benar. Semakin banyak kawat yang ditarik oleh nelayan tersebut maka semakin berat beban perahu-nya. Semakin lama, perahu tadi semakin tak kuat menampung beban tersebut. Akhirnya, malang pun terjadi, perahu tenggelam bersama kawat emas dan nelayan tersebut didalamnya.

Begitulah ceritanya, sang nelayan akhirnya tidak mendapatkan apapun kecuali nyawanya yang melayang. Dari penjelasan alur di atas, sangat jelas apa pesan moral cerita rakyat sungai kawat tersebut. Bagaimana menurut anda, bagus bukan? Maka dari itu, sekarang bagi yang belum membaca kisah tersebut bisa langsung membaca teks bahasa Inggris yang sudah disiapkan.

Cerita Legenda Sungai Kawat Bahasa Inggris
Teks-nya sudah disiapkan, inti ceritanya sudah dijelaskan, terjemahannya sudah disertakan, ada juga kata bahasa Inggris dan artinya, kurang apa lagi coba? Sudah lengkap semua bukan? Nah, tugas anda sekarang adalah menggunakan semua itu untuk belajar agar lebih pintar dan lancar lagi.

Teks bhs inggris yang disiapkan bisa digunakan untuk latihan menguji kemampuan. Teks tersebut belum sempurna dan masih ada kesalahannya. Tugas anda untuk mencari kesalahan yang ada dibalik teks tersebut dan memperbaikinya. Dengan begitu anda bisa mendapatkan lebih banyak ilmu.

Jangan lupa, masih ada beberapa ceirta rakyat lain yang sudah disiapkan dibagian bawah. Semuanya ditulis dalam bahasa Inggris dan bisa digunakan untuk bahan belajar. Anda bisa memilih cerita yang dianggap paling menarik. Atau, anda juga bisa membaca cerpen cinta dan lainnya, silahkan dipilih sendiri ya.