Sunday, February 12, 2017

Teks Cerpen Bahasa Inggris Singkat, Helping

Siapa tahu ada yang ingin belajar menggunakan teks cerita bahasa Inggris, berikut akan diberikan satu cerpen bahasa Inggris singkat yang cukup menarik. Meski pendek, hanya sekitar 300 kata saja namun kisah yang diangkat cukup bagus untuk dibaca, bahkan memiliki unsur ketegangan yang begitu terasa.

Cerita ini akan melengkapi beberapa teks terdahulu yang sudah kita bahas. Dengan ditambah satu lagi maka harapannya media dan bahan bacaan serta bahan belajar kita menjadi lebih bervariasi. Sebelumnya kan kita lebih banyak membaca dongeng dan cerita binatang, makanya sekarang giliran cerita-cerita pendek.

Bisa dikatakan, inti cerita dalam cerpen berbahasa Inggris berikut ini cukup unik, inti ceritanya hampir sama seperti yang ada di film atau bahkan novel yang panjang sekalipun. Meski begitu, kisahnya digambarkan dalam teks yang cukup singkat jadi lebih menarik.

Sebagai gambaran, disebut “singkat” karena kisah berikut ini memang cukup pendek, sekitar setengah lembar halaman saja. Kalau dihitung dari jumlah kata-nya mungkin tidak lebih dari 300 kata, jadi bisa selesai sekali baca. Nah, sebelum membaca kisah tersebut pelajari juga kosa kata baru di bawah ini.

Miked = menggunakan mikrofon
Word = kata
Conversation = percakapan
In spite of = meskipun
Bravado = keberanian
Earlier = lebih awal
Tremor = getaran
Voice = suara
Apparent = jelas
Explained = menjelaskan
Under cover = rahasia
Agreed = setuju
Participate = terlibat, berpartisipasi
Extremely dangerous = sangat berbahaya
Deterred = terhalang
Opposite = berlawanan
Police vehicle = mobil polisi, kendaraan polisi
Hoped = berharap
Alert = peringatan
Mortuary = kamar mayat
Suspect = orang yang dicurigai
Cigarette = rokok
Refuse = menolak
Seductive = menggairahkan
Pretty girl = gadis cantik
Persuade = meyakinkan
Flattering = merayu
Cajoling = membujuk
Snarled = gertak
Evil intentions = maksud jahat
Screamed = berteriak
Assist = membantu
Punched = dipukul
Ensued = berakibat
Efforts = usaha
Escape = lolos, lepas
Catching = menangkap
Killer = pembunuh

Dengan kosa kata bahasa inggris dan terjemahannya di atas maka kesulitan dalam memahami makna tentu akan bisa dikurangi. Apalagi jika rekan semua sempat menghafalkan daftar kata di atas, pasti lebih mudah. Berbekal daftar kata di atas mari kita ikuti alur cerita selengkapnya di bawah ini.

cerpen misteri bahasa inggris dan arti

Kalau dilihat dari judulnya, helping asal kata-nya adalah help + ing yang dasar artinya membantu sedangkan kata out artinya keluar. Bagi kita yang bukan orang asli tentu  judul tersebut terdengar asing dan membingungkan. Tetapi tentu-nya setelah membaca teks selengkapnya kita bisa tahu maksud dari judul tersebut.

Ya, teks di atas menceritakan sebuah kejadian seru dimana ada seorang wanita yang nekad membantu pihak berwenang untuk menangkap pelaku kejahatan yaitu orang yang membunuh saudaranya. Meski sebenarnya ada rasa takut, namun rasa takut tidak bisa menghalanginya.

Hal selanjutnya yang diceritakan adalah kejadian dimana sang wanita tadi memiliki kesempatan untuk mencari keterangan dari sang pelaku. Lucunya, sang pelaku justru berusaha menggoda dan merayu wanita tersebut.

Di awal, pelaku tadi juga sempat ditawari hal lain tapi menolak. Bahkan pada percakapan wanita dan tersangka tersebut, sang tersangka juga sempat mengajak wanita tersebut pergi bersama, aneh sekali memang. Tapi begitulah adanya.

Pada akhirnya, sang wanita tadi pun mengatakan bahwa ia harus pulang. Seketika itu suasana pun berubah. Sang pembunuh tadi berusaha memaksa wanita tadi untuk bersamanya, “tidak, kamu harus ikut aku sekarang”, ucapnya.

Wanita tadi pun menolak kemudian pergi. Petugas lain yang memantau pun sekarang keluar dari kendaraan dan membantu untuk mengamankan lelaki penjahat tadi. Sempat ada insiden adu pukul sebelum akhirnya penjahat tadi ringkus. Usaha lelaki itu untuk melarikan diri pun sia-sia.

Borgol pun tertanam di tangan pria tersebut. Ia pun kemudian dibawa pergi oleh petugas berwajib. Sebelum itu, sang wanita juga sempat mengucapkan terima kasih karena sudah menangkap pelaku tadi.

***

Kalau dilihat dari alur ceritanya, teks di atas bisa juga dikatakan sebagai cerpen. Namun begitu, jumlah dan panjang teks tersebut sangat singkat sehingga mungkin juga kurang cocok kalau dimasukkan dalam kategori cerpen bahasa Inggris. Tapi apapun itu yang jelas ceritanya bagus dan bisa untuk hiburan, benar kan?