Tuesday, April 4, 2017

Cerita Narrative Bear and Two Friends dalam Bahasa Inggris dan artinya

Narrative text adalah salah satu bahan bacaan yang sering dibutuhkan dalam belajar bahasa Inggris. Di dalamnya ada banyak cerita menarik yang bisa menjadi hiburan sekaligus bahan belajar untuk para pelajar, mahasiswa dan bahkan masyarakat umum. Bukan hanya itu, kisah yang ada biasanya sangat kental dengan nuansa nasehat dan pesan moral yang baik.

Meski sudah banyak yang memberikan contoh-contoh cerita narasi seperti ini namun banyaknya kebutuhan membuat perlu ditambah lebih banyak lagi koleksinya. Kadang, ada juga contoh yang sedikit sulit untuk dimengerti karena tidak dibekali dengan penjelasan yang cukup. Untuk itulah, pada kesempatan ini situs ini akan menambah lagi cerita narrative yang sudah ada.

Meragukan pengetahuan dari hal-hal yang kecil dan remah, jangan sampai. Karena, meski cerita-cerita seperti ini tampak begitu sederhana dan tak berguna tetapi manfaatnya bagi pembelajaran cukup besar. Pertama, dengan semakin sering membaca naskah, teks, atau bahan bacaan berbahasa Inggris maka anda akan semakin terbiasa dengan bahasa tersebut.

Kalau sudah biasa maka rasa grogi, asing dan kurang percaya diri tentu akan berkurang. Berikutnya, meski sedikit, anda bisa mendapatkan tambahan kata-kata baru yang bisa dihafal. Kalau ceritanya sederhana maka anda akan mendapatkan banyak kata bahasa Inggris yang mudah dihafal. Untuk itulah tak salah jika anda menyisihkan sedikit waktu untuk menikmati kisah tersebut.

Beruang dan dua orang sahabat, pokoknya dijamin bagus deh, rugi bagi anda yang tidak ikut membaca sampai selesai. Untuk sekedar hiburan maupun untuk bahan belajar, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi sudah dibahas secara lengkap dan detail.

A. Kosa kata cerita the bear and the two friends

Ada beberapa kata baru yang tentu bisa dipelajari dalam cerita ini. Misalnya saja, kata “each other” yang artinya saling atau satu sama lain. Ada kata “suddenly” artinya tiba-tiba, dan ada juga kosa kata bahasa Ingris lain yang juga cukup penting dalam percakapan sehari-hari. Semakin banyak kosa kata bahasa Inggris sehari-hari yang dikuasai maka tentu akan semakin lancar juga anda dalam berkomunikasi.

Pada cerita yang berjudul “beruang dan dua orang sahabat” berikut ini juga terdapat banyak kata baru yang cukup penting. Tergantung anda masing-masing, mungkin ada yang sudah paham semua tetapi ada juga yang kesulitan dengan sebagian katanya. Tugas anda selanjutnya adalah mencari kata tersebut dan menghafalkan kata yang ditemukan.

Bear = beruang (kata benda/binatang)
Two = dua (menunjukkan jumlah)
Friends = teman, sahabat (bentuk jamak, lebih dari satu)
Once = suatu ketika
Two friends = dua orang sahabat
Were walking = sedang berjalan
Through = melewati
Forest = hutan
They = mereka (kata ganti orang)
Knew = mengetahui, tahu
That = bahwa, itu
Anything = sesuatu, hal
Dangerous = berbahaya (kata sifat)
Can = dapat
Happen = terjadi
To = kepada
Them = mereka
At any time = kapan saja
So = jadi
Promised = berjanji
Each other = saling, satu sama lain
Remain united = tetap bersatu
Suddenly = tiba-tiba
Large = besar
Approaching = mendekati (verb -ing)
One of = salah satu
Climbed = memanjat
Tree = pohon
Did not know = tidak tahu
Being led = dipandu, dituntun
Lay down = berbaring
Ground = tanah
Pretending = pura-pura
Near = dekat, mendekati
Smelt = mencium, mengendus
Slowly = perlahan
Dead creatures = makhluk yang tidak bernyawa
Tell = mengatakan
Advised = menasehati (kata kerja bentuk kedua, lampau)

Daftar di atas sudah memuat secara lengkap berbagai kata-kata yang ada dalam cerita yang akan dibaca. Anda bisa menggunakan daftar kata bahasa inggris yang mudah dihafal tersebut sebagai media belajar tambahan. Kalau tidak mau membaca ceritanya ya bisa belajar percakapan saja. 

2) Terjemahan cerita bear and two friends

Sudah disiapkan, jangan khawatir. Langsung disertakan ceritanya dalam bentuk dua bahasa sekaligus. Jadi tidak ada alasan untuk bingung dan mencari di situs lain. Anda yang membutuhkan cerita bahasa inggris dan terjemahan bisa langsung membacanya disini. 

Cerita berikut adalah sebuah cerita yang cukup pendek. Ceritanya adalah tentang sebuah persahabatan yang ternyata tidak sejati. Ceritanya ada dua sahabat yang sedang melintasi sebuah hutan lebat. Tentu saja, yang namanya di hutan pasti akan banyak sekali bahaya yang bisa mereka hadapi.

Kedua sahabat tersebut sadar akan resiko yang mereka hadapi. Mereka bisa saja bertemu dengan ular besar yang ganas. Mereka juga mungkin saja akan menemukan binatang buas, singa, harimau, buaya atau bahkan binatang lain yang tak pernah dibayangkan. Bahkan, bisa saja mereka bertemu makhluk jahat dari dunia lain, benar tidak?

Akhirnya, sebelum melanjutkan perjalanan lebih jauh mereka berjanji untuk tetap bersama apapun yang terjadi di hutan itu. Bahaya apapun yang mungkin mereka temui nanti, mereka akan tetap berdekatan satu sama lain, tidak berpisah atau meninggalkan satu dengan lainnya.

Mereka kemudian melanjutkan perjalanan. Tak berselang lama, apa yang ditakutkan pun terjadi. Mereka berhadapan dengan hewan buas yang mengancam nyawa. Di hadapan mereka, tepat di jalan yang mereka lalu ada sosok beruang besar yang ganas.

Beruang itu pun mulai berjalan mendekati dua sahabat tadi. Panik, takut dan cemas, mungkin itu yang mereka rasakan saat itu. Tanpa berpikir panjang, salah satu dari mereka langsung berlari dan memanjat pohon terdekat. 

Naas, sahabat yang satunya tidak bisa memanjat pohon. Ia tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Ia bingung dan sangat ketakutan, apalagi mengetahui sahabatnya sudah berada tinggi di atas pohon dan tak peduli padanya.

Dalam situasi yang genting, tiba-tiba ia teringat sesuatu. Sesaat kemudian, ia menjatuhkan tubuhnya ke tanah. Saat tubuhnya tergeletak di tanah, ia menahan nafas sekuat tenaga, mengendalikan detak jantung di dadanya agar sama sekali tak terdengar.

Sampailah sang beruang tepat di hadapan pria yang terbaring di tanah tadi. Beruang lalu mengendus tubuh pria itu, mencium dan mencoba memastikan sesuatu. Sempat beberapa detik hidungnya berada lebih lama di bagian telinga sang pria tadi, sampai akhirnya ia berlalu.

Setelah menunggu beberapa saat, sang sahabat yang memanjat pohon tadi pun lekas turun. Ia kemudian menghampiri temannya yang baru beranjak dari tanah. “Apa yang beruang tadi katakan padamu, sepertinya ia tadi membisikkan sesuatu”, tanya sahabat itu.

“Ia memperingatkan aku agar hati-hati dengan teman yang tidak setia”, jawab sahabat satunya sembari berlalu melanjutkan perjalanan.

contoh cerita narrative dan terjemahan

Demikianlah, sebuah kisah cerita singkat yang cukup menarik, menegangkan dan sarat akan nilai moral. Semoga saja, cerita narrative dan terjemahannya di atas bisa menjadi tambahan referensi dan sumber belajar bagi anda semua. 

Jangan lupa, di bagian bawah masih ada beberapa cerita lain yang tak kalah menarik dengan cerita yang ada di atas. Silahkan baca juga untuk menambah koleksi cerita bahasa Inggris yang sudah ada. Lain waktu kita akan hadirkan lagi kisah-kisah menarik lain di situs ini. Pastikan anda tidak ketinggalan kisah terbaru yang dibahas. Sampai disini, salam hangat dari kami.