Sunday, May 21, 2017

Kumpulan Cerita Dongeng (Fabel) dan Terjemahan

Kumpulan dongeng fabel bahasa inggris singkat sengaja di susun untuk memudahkan rekan pelajar semua dalam belajar melalui cerita. Kumplan cerita berikut terdiri dari berbagai kisah yang sudah sangat terkenal dari dulu kala. Kisahnya ada yang lucu, ada juga yang unik dan yang jelas menarik untuk diikuti.

fabel dongeng binatang
Kumpulan Cerita Dongeng (Fabel) dan Terjemahan Bahasa Inggris

Sesuai dengan pengertiannya, cerita fable berikut ini adalah hanya karya fiksi dan bukan kisah nyata. Didalamnya rekan semua akan mendapatkan cerita dengan tokoh – tokoh binatang atau hewan yang berperilaku layaknya manusia. Jadi jangan heran jika dalam fable ada kelinci atau hewan yang bisa berbicara.

Bisa dikatakan koleksi yang satu ini cukup lengkap. Didalamnya bukan hanya ada cerita yang cukup pendek tetapi ada juga cerita fabel panjang yang lebih detail. Tidak hanya dari jumlah kata-nya, dari segi isi tema dan bentuknya pun beragam. Beberapa diantaranya yaitu terdiri dari:

1) Cerita fabel bergambar
2) Cerita fabel binatang kucing
3) Cerita fabel kancil dan buaya
4) Cerita fabel singkat 3 paragraf
5) Cerita fabel singkat 2 paragraf
6) Cerita fabel beserta strukturnya

Memang, kisah yang masuk kategori fabel bahasa inggris dan terjemahan di situs ini sebenarnya sudah banyak dibahas, bukan hanya satu dua. Diantaranya, terdiri dari berbagai jenis cerita yang sudah disebutkan di atas. Lalu, binatang atau hewan apa saja yang masuk dalam kisah-kisah tersebut.

Ada banyak binatang yang sering dijadikan karakter atau tokoh dalam dongeng anak seperti ini. Sebagian besar bahkan yang sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat luas karena sudah banyak yang masuk ke film.

Banyak cerita untuk anak yang sukses diangkat di layar kaca. Bahkan kalau di internet, misalnya di youtube, sudah banyak sekali yang membagiman animasi sederhana dalam bentuk film yang berkisah tentang fable. Lebih banyak, cerita binatang yang sudah ada di situs ini antara lain seperti dijelaskan di bawah ini.

1) Fabel gajah, merpati dan semut

Diantara banyak hewan terkenal dalam cerita anak adalah gajah, merpati dan semut. Pasti kalau orang dewasa sudah hafal dan paham dengan cerita yang tokohnya semut, merpati atau gajah ini. Gajah adalah hewan yang sangat benar dan sangat kuat. Namun begitu, gajah bukan termasuk hewan buas yang memakan daging, karena itulah gajah tidak begitu menakutkan.

Meski tidak menakutkan, lalu bagaimana bagi semut? Bagi seekor semut, gajah sudah pasti menjadi hewan raksasa yang sangat menakutkan. Bukan karena gajah memakan semut tetapi ukuran tubuh gajah yang besar tersebut bisa menjadi ancaman bagi kehidupan semut. Lain pula dengan merpati. Merpati adalah burung yang sering digunakan dalam lambang pernikahan. Menarik tentunya.

Kalau cerita tentang gajah dan semut melambangkan pesan moral yang cukup dalam. Di dalam cerita dongengnya, ada pesan yang jelas bahwa semua makhluk yang ada di dunia ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Yang berbadan besar bukan berarti yang pasti akan menang. Yang kecil tidak selamanya menjadi yang teraniaya. Bagaimana dengan cerita burung merpati dan semut?

2) Dongeng kancil dan buaya

Hampir sama dengan cerita nomor satu, kancil dan gajah juga menceritakan tentang perseteruan atau perselisihan antara dua makluk hutan. Kancil digambarkan menjadi sosok hewan kecil yang lincah, cerdik dan banyak akal sementara buaya adalah hewan ganas yang bodoh.

Cerita kancil dan buaya juga sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Kebanyakan anak-anak akan mengenal cerita ini karena banyak digunakan sebagai media belajar khususnya untuk memperhalus budi pekerti dan moral.

Di situs ini juga sudah ada beberapa versi yang menjadikan sang kancil atau si buaya menjadi tokoh utamanya. Anda bisa mencari dan membaca kisah-kisah petualangan kancil yang sering mengelabui buaya.

3) Cerita rubah dan burung bangau

Eh, dongeng atau cerita tentang rubah juga ada kok. Sudah pernah membaca salah satu cerita binatang rubah belum? Ya, di situs ini juga sudah ada beberapa koleksi yang menjadikan rubah sebagai tokoh utama. Sama bagus dan menariknya dengan yang lain kok.

Kalau dalam dua cerita sebelumnya kita belajar keluhuran budi pekerti, maka di cerita rubah juga demikian kok. Ada pelajaran yang bisa diambil. Kalau cerita rubah ada yang satu tokoh utama saja tetapi ada juga yang dengan binatang lain.

Kalau tidak salah, ada satu cerita yaitu yang bercerita tentang rubah dan burung. Lupa nama burungnya apa, kayaknya ada kok. Pokoknya rekan semua bisa mencari cerita-cerita bagus yang bisa untuk hiburan. Dari pada main tidak karuan di luar rumah terus, sesekali membaca kan tidak apa-apa.

4) Fabel tentang Singa

Si raja hutan, pasti dong banyak cerita yang memperlihatkan keperkasaan sang raja hutan tersebut. Pernah mendengar cerita singa dan seekor tikus kecil tidak? Ya, itu salah satunya. Kalau dari cerita singa dan tikus itu kita bisa belajar bahwa meski kuat kita tidak boleh sombong karena semua pasti memiliki kelebihan dan kelemahan.

Buktinya saja singa, ia tidak percaya kalau tikus yang kecil bisa menolongnya. Ya, memang sih, bagaimana mungkin tikus yang sangat kecil menolong singa yang kuat dan besar? Tapi buktnya tidak demikian, saat singa terperangkat dalam jebakan yang dibuat pemburu, hanya tikus yang bisa melepaskannya.

Cerita dongeng tentang singa ini juga tidak hanya satu saja. Rekan semua bisa membaca cerita-cerita menarik lain tentang petualangan raja hutan tersebut. Mudah-mudahan saja semua sudah lengkap dan tinggal membaca saja.

5) Cerita fabel keledai

Kalau mendengar kata “keledai” kadang saya sebenarnya sering kasihan. Pasalnya hewan ini yang paling banyak menjadi tokoh yang menderita karena keluguan dan kebodohannya. Teman-teman mungkin juga sudah sering membaca cerita-cerita tentang keledai ini bukan? Diantaranya ada yang lucu dan ada juga yang sedih.

Selain lima hewan tersebut masih ada banyak hewan-hewan atau binatang lain yang ceritanya bagus-bagus. Sebut saja misalnya ada cerita fabel bangau dan juga itik. Yang sudah kita bahas di atas adalah contoh cerita-cerita yang paling terkenal.

Lalu, apakah sudah tidak ada yang lain? Masih dong, yang di atas kan yang paling terkenal, selain itu tentu masih banyak cerita binatang lain yang juga cukup menarik. Apalagi jika teman semua mau mencari cerita-cerita dari luar negeri, pasti banyak.

Kenapa tidak, kalau kesulitan dengan bahasa Inggris kan bisa dengan bantuan kamus. Atau bisa juga dengan menggunakan terjemahan yang ada di internet. Sekarang semua kan serba canggih, jadi tidak akan terlalu sulit untuk mengerti bahasa dari Negara lain bukan?

Itulah tadi kisah-kisah yang bisa dinikmati untuk hiburan sekaligus untuk belajar di rumah. Sayang kalau tidak dibaca. Kan bisa untuk selingan dengan berbagai hiburan lain yang biasa dimainkan, benar tidak? Dengan demikian rekan semua tidak akan mudah bosan bermain dan belajar.

Kalau ingin mencari cerita fabel lainnya silahkan langsung dari kotak pencarian ya. Tinggal di ketik saja cerita apa yang akan dibaca. Dibawah juga sudah disiapkan beberapa cerita yang rekan semua cari, silahkan dipilih saja.