Friday, July 14, 2017

Artikel Bahasa Inggris tentang Tokoh Politik Pilkada

Kita lanjutkan lagi bahan belajar kita dengan artikel bahasa Inggris. Kali ini artikel yang dimaksud adalah berita dari koran online yang sudah cukup terkenal. Nanti akan dibahas secara detail mulai dari judul sampai isinya. Tak lupa akan dibahas juga kosa kata sulit yang bisa dipelajari.


Belajar membaca atau yang lebih dikenal dengan istilah “reading” dalam bahasa Inggris sebenarnya merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan. Kenapa, karena selain belajar bahasa Inggris kita juga akan mendapatkan informasi – informasi menarik dan bermanfaat dari bahan yang kita baca tadi. 

Sebagai contoh ketika kita membaca artikel berita bahasa Inggris tentang tokoh politik dalam pilkada. Kita bisa mendapatkan informasi tentang pemilihan kepala daerah yang sedang atau baru saja berlangsung. Selain itu kita juga akan mendapatkan tambahan kosa kata bahasa Inggris tentang politik.

Tapi, kenapa sih kita harus belajar dari berita seperti ini? Ya itu tadi. Pada prinsipnya sebenarnya apapun bahan bacaannya itu sama saja. Yang penting yang kita baca tersebut dalam bahasa Inggris. 

Tujuan belajar membaca (reading) ini adalah untuk memberikan keterampilan bagi kita untuk mengambil informasi yang ada dalam sebuah bahan bacaan, apapun itu. Kita tahu, karena bahasanya berbeda dengan bahasa kita sehari-hari maka setidaknya untuk tahu isi maka kita harus tahu arti bahasanya terlebih dahulu.

Belajar dengan membaca seperti ini akan memberikan kita pengalaman dan keterampilan dalam menerjemahkan arti dari kata dan kalimat bacaan dalam bahasa Inggris. Pokoknya banyak deh, intinya kita tahu maksud apa yang sedang dibaca. 

Nah, semakin bervariasi bahan bacaan kita maka akan semakin luar pula kosa kata yang bisa dikuasai. Semakin banyak kosa kata yang dikuasai maka kita akan semakin mudah berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik itu secara lisan maupun tulisan. Tahu kan?

Sekarang mari kita ke artikel yang sudah disiapkan. Artikel berita dipilih secara acak dan tidak memiliki kepentingan apapun selain untuk belajar. Artikel tersebut dipilih dari media thejakartapost yaitu dengan judul “Wreaths for Ahok reach thousand”

Berita yang akan kita pelajari tersebut diterbitkan oleh thejakartapost.com pada tanggal 26 April tahun 2017. Sebelum kita bahas lebih jauh dan lebih detail, mari kita simak terlebih dahulu artikel selengkapnya di bawah ini. 

The visitors, which come from Jakarta and its neighboring areas, had been gradually coming to City Hall since early morning. "I have been queueing here since 6.30 a.m. just to take pictures. I didn't expect that there would be this many [the visitors]," Fatimah, 39, a resident of Cipinang, East Jakarta, told tribunnews on Wednesday.

The visitors crowded Ahok when he arrived at the City Hall. Ahok was defeated by his contender Anies Baswedan in the April 9 election runoff. City Hall was also packed with hundreds of wreaths sent by residents as expressions of their gratitude.

“We are still counting the number of the wreaths we have received. There are about 1,000 so far,” Jakarta Gubernatorial and Foreign Affairs bureau head Muhammad Mawardi said.

Wreaths started to fill up City Hall on Tuesday. They can be seen lining the building’s front porch, garden area and its sidewalks. (Sumber: thejakartapost.com)

Ternyata, artikel berita tersebut sangat singkat ya, hanya ada sekitar 150 kata saja. Tentu tidak akan terlalu sulit bagi kita untuk memahami apa informasi yang disampaikan dalam berita bahasa Inggris tersebut kan?

Iya dong, pasti. Sekarang, mari kita bahas terlebih dahulu dari judulnya. Menurut saya, inti judulnya adalah pada kata “wreaths” dan “Ahok”. Kata “wreath” artinya “karangan bunga” atau bisa juga disebut rangkaian bunga sedangkan “Ahok” adalah sapaan bagi salah satu calon gubernur yang mengikuti pilkada Jakarta. 

Kemudian, dua kata berikutnya adalah “reach” yang artinya “mencapai” dan kata “thousand” yang artinya “ribuan”. Jadi, judul artikel tersebut kalau diartikan kurang lebih menjadi “karangan bunga untuk Ahok mencapai ribuan”. 

Ada beberapa pertanaan yang mungkin muncul dari judul tersebut bagi pembaca. Yang pertama mungkin mengenai siapakah Ahok. Yang kedua adalah kenapa ia mendapatkan karangan bunga yang banyak seperti itu. Mudah-mudahan jawabannya ada dalam artikel berita tersebut ya. Tapi sebelum ke sana, mari kita pelajari kosa kata berikut!

Visitors = pengunjung
Come from = datang dari
Neighboring areas = area tetangga (area sekitar)
Gradually = berangsur-angsur
Coming to = datang ke
Queueing = mengantri
Just = hanya
To take pictures = untuk mengambil gambar
Expect = mengira
Resident = penduduk
Crowded = mengerumuni 
Arrived = sampai
City hall = balai kota
Defeated = dikalahkan
Contender = pesaing
Election = pemilihan
Packed = dipenuhi
Sent by = dikirim oleh 
Expressions = ungkapan 
Gratitude = terima kasih
Still = masih
Counting = menghitung
The number of = jumlah
Received = diterima
Started = mulai
Fill up = memenuhi

Berbekal dengan kosa kata tentang politik di atas maka kita bisa lebih mudah dalam memahami isi berita atau artikel ini. Karena kosa kata tersebut sengaja diambil dari teks yang sedang kita pelajari. Lalu, apa isi berita tersebut selengkapnya?

Sebenarnya, bisa dilihat bahwa inti berita yang dimuat koran online ini adalah tentang banyaknya karangan bunga yang diterima oleh Ahok yang telah kalah di ajang pemilihan gubernur. 

Pada bagian awal, kalimat pertamanya menghadirkan informasi bahwa banyak pengunjung yang datang ke balai kota sejak pagi hari. Pengunjung tersebut datang dari Jakarta dan sekitarnya. 

Kemudian, informasi itu didukung dengan kutipan langsung dari salah satu pengunjung yang berasal dari Cipinang. Menurutnya, ia sudah datang mengantri sejak setengah tujuh pagi hanya untuk mengambil gambar atau mengambil foto. Ia tidak mengira ada banyak sekali pengunjung yang datang. Pernyataan pengunjung itu tadi dikutip dari situs tribunnews. 

Selanjutnya, diinformasikan juga bahwa para pengunjung yang ada di balai kota tersebut mengerumuni Ahok ketika beliau sampai di balai kota. Setelah informasi tersebut, disampaikan pula latar belakang dari adanya kejadian yang sedang terjadi tersebut. 

Dalam kalimat berikutnya dijelaskan bahwa Ahok dikalahkan oleh lawannya yaitu Anies Baswedan dalam pemilihan kepala daerah tanggal 9 April lalu. Kalimat berikutnya menyatakan bahwa balai kota dipenuhi dengan ratusan karangan bunga yang dikirim oleh penduduk sebagai rasa ungkapan terima kasih mereka. 

Pada bagian selanjutnya disampaikan juga kutipan langsung dari salah satu pegawai bahwa mereka sedang menghitung jumlah karangan bunga yang telah diterima. Menurutnya, sejauh ini sudah ada ribuan karangan bunga yang diterima.

Dibagian akhir juga diinformasikan bahwa karangan bunga mulai memenuhi balai kota sejak hari Selasa. Karangan bunga tersebut dapat dilihat dibagian depan balai kota. Begitulah yang ada dan disampaikan dalam artikel berita bahasa Inggris tentang politik tersebut. 

Benar memang, tidak banyak dan tidak panjang artikel atau berita yang kita bahas kali ini. Ternyata tidak begitu sulit juga untuk mengetahui isi dari bahan bacaan yang sudah kita siapkan tadi. 

Ya paling tidak kita bisa menambah sedikit kosa kata baru dari teks yang sudah kita baca di atas. Kita juga bisa mendapatkan informasi tentang sebuah kejadian menarik yang terjadi di balai kota Jakarta setelah Ahok di kalahkan di ajang pemilihan gubernur yang lalu. Itu saja, sampai bertemu di pembahasan berikutnya.