Tuesday, August 22, 2017

Cerpen Bahasa Inggris, Love You Mom

Cerpen Bahasa Inggris, Love You Mom – berikut ini adalah salah satu cerpen tentang ibu yang secara khusus disiapkan untuk belajar bahasa Inggris. Cerita pendek ini sengaja dibuat untuk bahan belajar bagi rekan pelajar semua yang membutuhkan semangat dalam memperdalam kemampuan. Siapa tahu dengan hanya menikmati cerpen ini kita bisa mendapatkan sesuatu sebagai bonus, ilmu meski sedikit.

Cerpen Bahasa Inggris, Love You Mom

Awalnya, cerita ini akan dibuat lebih dramatis tetapi menggunakan bahasa kita. Tetapi, baru diputuskan tema-nya kemudian ada perubahan yang cukup besar. Kalau hanya cerpen dalam bahasa Indonesia sih sudah banyak sekali karya dari para penulis professional. Untuk itulah kita buat yang beda yaitu menyajikan sebuah kisah menarik yang dibungkus dengan sebuah kegiatan belajar. 

Dalam bahasa Inggris, membaca kan juga merupakan keahlian yang harus dipelajari, sama dengan bahasa kita. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita siapkan kisah – kisah menarik untuk tambahan media belajar mandiri di rumah. Semakin banyak bahan belajar yang dimiliki maka kegiatan belajar di rumah akan semakin menyenangkan. 

Cerpen kali ini mengambil tema tentang keluarga. Cerpen tersebut akan dibuat pendek dan tidak membingungkan. Selain itu di dalam cerpen tersebut nanti akan disisipkan juga beberapa kata – kata baru yang belum pernah digunakan dalam cerita-cerita sebelumnya. Dengan demikian kita bisa sekalian menambah kosa kata kita. 

Untuk kata baru tadi, kita akan membuatkan terjemahan atau arti yang diperlukan. Kalau tidak, nanti juga akan disertakan penjelasan yang diperlukan. Jika rekan semua kebetulan sedang mencari kisah – kisah menarik, silahkan coba baca kisah yang disiapkan berikut. Mudah-mudahan rekan semua tidak akan menyesal membacanya, silahkan!

Love You Mom
Story by Siti

An empty street in front of old house was full of leaves. No one around, the street was empty. The house looks so gloomy as if there was no one life. When the winds blow faster, an old woman came out from the front door. 

Her hair was grey, her body is bent. With a stick she walked out to the chair under the mango tree. She then sat on the chair. She gazed toward the road in front of her house. Not so long, an old man came closer. He brought fishing rod and two fishes in her hands. 

“Oh there you come… you make me afraid”
“Ah… today is hard to catch a fish. I only got this…”

“What a big fish… it is enough for our dinner…”
“Yeah…”

The man seems not really happy. He looks disappointed with what he got. He gave the fishes to his wife and went to the backyard. “I will make a cup of tea for you” said his wife. 

The night in that house was so cold. They are not as usuall, they talked less then usually. The dinner became tasteless. The only sound hearded was from their cat. 

“I think about our son…”
“Yeah, I miss him so much…”
“I do the same… when will he came?”
“I do not know….”

After having dinner, they switched on the TV. They spend all night in front of TV not even moving to the bedroom. 

The next day, they looked restless. They were only sitting in front of their house, having no breakfast. On the table, there was two cup of tea. 

“He will be here today, I am sure…”
“What… what are you talking about?”
“Our son… he will be back soon, today?”

“How did you know that?”
“Yeah, I know it. It is my feeling…”
“Ah… “

The next hour, a shape of young boy appears on the distance. “There is some one coming…”, the wife said. “Ah, who is he?” the husband replied.

When it was close enough, the young man started to run. He run faster and faster toward the two of them. “Mom… Dad… I am home….” he said.

Both of them, the old women and the old man stood up from the chair. They stared at the young man, stried to recognize who is coming. “Oh dad, Mom… I loved you much…” the young man hugged them. The tears burst out, “love you Mom… love you Dad…”

The End

Memang, kalau sudah menemukan cerpen – cerpen yang menarik kadang kita bisa lupa waktu. Apalagi cerita cerpen tersebut benar-benar menyentuh dan sesuai dengan apa yang sedang kita cari. Lalu bagaimana dengan cerita di atas, apakah cerita di atas cukup berkenan bagi rekan semua? 

Kami harap kisah tersebut bisa menjadi bahan bacaan yang menarik untuk rekan pelajar semua. Sudah dibaca kan, kalau belum dibaca silahkan baca dulu saja karena setelah itu kita akan mengupas lebih jauh apa yang ada dalam cerita pendek tersebut. Jangan sampai nanti rekan semua bengong dan bingung karena tidak tahu apa yang sedang dibicarakan. 

Mungkin sebenarnya bagian kosa kata ini dibahas dibagian awal sebagai persiapan agar lebih mudah memahami cerita tersebut. Tetapi tidak apa – apa, sudah terlanjur juga. Lagi pula, kita bisa membaca cerita tersebut lebih dari sekali, sekaligus untuk bahan belajar. 

Kosa kata yang ada dibawah ini sengaja dipersiapkan untuk tambahan bahan belajar. Kosa kata ini bisa dimanfaatkan untuk memahami lebih jauh bahan bacaan kita. Untuk bagian kata sulit, kita juga bisa mempelajari dan menghafalkannya agar vocabulary yang kita miliki bisa lebih banyak lagi.

Belajar bahasa Inggris, agar lancar berbicara memang harus juga mengembangkan kosa kata. Oleh karena itu, diantara kata yang tidak diketahui tersebut bisa dihafalkan. Daftar kata berikut sudah dilengkapi dengan artinya, jadi rekan semua tidak perlu buka kamus untuk menerjemahkan kata per kata. Silahkan dibaca.

Empty = kosong 
Street = jalan
Gloomy = menyedihkan, sendu
Grey = kelabu
Bent = bengkok, bungkuk
Stick = tongkat
Mango = manga
Gazed = menatap
Catch = menangkap
Enough = cukup
Disappointed = kecewa
Tasteless = hambar
Restless = gelisah
Shape = bentuk
Appears = muncul
The distance = kejauhan
Run = berlari
Recognize = mengenali

Tinggal sedikit lagi, ternyata tidak banyak ya kata sulitnya? Ya, kurang lebih begitu tetapi masing-masing orang kan beda. Yang pasti dan yang paling penting kita menyajikan cerita ini untuk tujuan belajar yang menyenangkan. Jadi kita juga bisa sembari belajar. Itu tadi kosa katanya sudah kit abaca, sekarang mari kita kupas sedikit mengenai jalan ceritanya. 

Cerpen bahasa Inggris berjudul “Love You Mom” di atas menggambarkan kehidupan kedua orang tua yang merasakan kesepian ditinggal anak lelakinya. Di kisahkan didalam sebuah rumah, hiduplah dua orang kakek nenek yang sudah tua. Sang nenek sudah mulai bungkuk sementara sang kakek masih cukup kuat.

Suatu hari, suasana terasa tidak begitu menyenangkan. Sang nenek keluar menggunakan bantuan tongkatnya. Ia menuju ke halaman depan, duduk dibangku dibawah pohon manga di halaman rumahnya. Ia menatap kejalan, penuh cemas. 

Di sorot matanya terlihat jelas ada kekhawatiran. Setelah beberapa lama, datanglah seorang lelaki tua membawa pancing dan dua ekor ikan. “Ah, akhirnya kamu pulang juga, kakek membuat aku khawatir saja…”

Orang yang ditunggu akhirnya pulang, sang kakek pulang dengan rasa kecewa karena tidak berhasil mencari ikan sesuai dengan yang diharapkan. Sang nenek mencoba menghibur tetapi kakek terlihat begitu kecewa. Sang kakek kemudian pergi menuju halaman belakang.

Ketika kakek menuju ke halaman belakang, nenek segera menyiapkan minuman. Malam itu suasana begitu tidak mendukung. Mereka, kedua orang tua itu, terlihat tidak terlalu bersemangat. Ada yang menganggu pikiran mereka, ada yang membuat kedua orang itu tidak begitu bersemangat.

Makan malam tidak meriah, mereka lebih banyak diam, jarang bercakap-cakap satu sama lain. Hanya sekali dua kali mereka berbincang. Mereka membicarakan sang anak lelakinya. Ternyata, mereka sedang merindukan sang anaknya. 

Begitu tidak bersemangatnya mereka menghabiskan malam hanya di depan televisi. Mereka tidak beranjak ke kamar, mereka tidur di depan TV dengan TV menyala sepanjang malam. 

Esok pagi, mereka tak beraktivitas, mereka menikmati secangkir teh dan duduk santai melamun di depan rumah. Pagi, hingga mulai siang menjelang. Mereka hanya menatap jalan yang kosong. Sampai akhirnya, satu sosok pria terlihat berjalan di kejauhan. 

Rupanya, pria tersebut adalah orang yang membuat hati mereka gelisah sepanjang hari dan sepanjang malam. Pria tersebut adalah anak lelakinya yang sedang mereka rindukan. Sang pria tersebut pun berlari, berteriak dan memeluk kedua orang tuanya.

Begitulah sedikit gambaran isi cerita dari cerpen di atas. Benar-benar menyentuh dan membuat hati menangis. Mungkin saja itu adalah gambaran kehangatan dan hubungan serta kekuataan rasa antara orang tua dan anaknya. Ya sudah, silahkan sekarang rekan nikmati kisah-kisah lain yang sudah disiapkan.