Friday, September 8, 2017

6 Cerita Rakyat dalam Bahasa Inggris

Koleksi 6 cerita rakyat dalam bahasa inggris berikut semoga saja bisa menjadikan tambahan referensi bagi rekan pelajar semua yang membutuhkan. Kenapa harus enam? Ya tidak harus juga sih sebenarnya. Kebetulan saja yang sedang kita siapkan disini jumlahnya segitu. Jadi ya tidak ada muatan lain dengan menentukan jumlah tersebut. Namun demikian, diharapkan semua cerita yang akan diberikan bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

6 Cerita Rakyat dalam Bahasa Inggris

Sebenarnya, cerita-cerita yang akan kita bagikan kali ini mungkin sudah sangat sering kita dengar bersama. Namun ada perbedaan sedikit pada bahasa pengantar yang digunakan untuk menceritakan kisah tersebut. Bahasa yang digunakan dalam kisah tersebut adalah bahasa Inggris. Beberapa kisah yang ada tersebut disiapkan khusus sebagai tambahan referensi dan bahan belajar rekan siswa – siswi semua.

Kenapa kita harus menggunakan cerita seperti ini? Ya, kita tahu bahwa Indonesia, nusantara ini, memiliki kekayaan kisah-kisah menarik yang diceritakan turun temurun. Dari generasi ke generasi cerita rakyat terus mengalir menjadi hiburan sekaligus menjadi salah satu sarana untuk menuangkan pesan moral dan pelajaran hidup.

Dalam cerita yang telah sangat erat di kehidupan masyarakat tersebut banyak nilai-nilai luhur yang bisa dipelajari agar generasi penerus bisa menjadi manusia yang hidup dengan lebih baik. Tidak ada salahnya jika dalam belajar kita juga menggunakan kisah-kisah tersebut sebagai salah satu sarana mengembangkan kemampuan. Lalu, kisah apa saja yang bisa kita nikmati kali ini?

1) The legend of malin kundang
Tidak perlu diceritakan mengenai isi atau alur-nya ya. Yang jelas yang nomor satu ini bisa digunakan sebagai bahan belajar sekaligus hiburan di rumah. Kalau ada waktu luang, dari pada rekan pelajar semua hanya bermalas-malasan maka lebih baik menikmati kisah tersebut. Kalau masalah isi ceritanya ya dijamin tidak membosankan. 

Selain itu, kisah nomor satu ini tidak terlalu panjang dan terlalu detail. Tidak sampai berhalaman-halaman yang bisa membuat mengantuk. Secara, kalau seperti membaca novel tentu kan berat juga, apalagi ini dalam bahasa yang masih kita pelajari dan belum begitu fasih dikuasai. Rekan yang mencari kisah nusantara yang singkat alias pendek bisa memilih malin kundang ini sebagai salah satu referensi. 

Karena dikhususkan untuk bahan belajar maka teks tersebut juga sudah dibekali dengan beberapa kelengkapan. Jika rekan pelajar semua membaca kisah nomor satu ini maka rekan semua juga bisa mempelajari beberapa kata sulit atau kata terbaru yang ada dalam teks. Dipembahasan nantinya akan disertakan sebuah daftar kosa kata yang sudah dilengkapi dengan terjemahan. 

Teksnya singkat, dilengkapi dengan kosa kata dan juga pembahasan singkat mengenai isi dan juga pesan moral atau nilai-nilai luhur yang ada di dalam cerita. Tentu saja hal itu menjadi sebuah bahan bacaan yang cukup lengkap bukan? Makanya, bagi yang ingin lebih lancar berbahasa inggris silahkan baca legenda malin kudang.

2) The story of lutung kasarung
Selain nomor satu, judul kedua berikut juga tak kalah menarik bukan? Ya memang benar, tanah air tercinta ini memang memiliki banyak kisah-kisah yang cukup mengagumkan. Hampir sama dengan cerita yang pertama, judul kedua ini juga dikemas sebagai salah satu media belajar bahasa Inggris di rumah. Rekan pelajar semua dapat menikmati cerita tersebut sambil santai.

Kalau judul yang kedua ini mungkin bisa juga dikatakan seimbang dengan yang pertama. Panjangnya tidak akan membuat rekan pelajar sampai pusing, malas atau mengantuk dalam membacanya. Kalau tidak salah, mungkin hanya sekitar satu sampai dua halaman saja tidak lebih. Tapi ada juga versi singkatnya kok. Yang terpenting adalah ini bisa dijadikan sarana untuk menambah kemampuan kita bersama. 

Dalam cerita yang disiapkan tersebut juga akan disiapkan kosa kata yang bisa dipelajari. Kosa kata yang dimaksud juga akan dilengkapi dengan arti atau terjemahan masing-masing. Ya, pokoknya rekan semua yang menikmati sekaligus mempelajarinya sekalian. Bagi yang berminat silahkan langsung dibaca saja cerita rakyat lutung kasarung.

3) The story of crying stone
Ah, kita masuk ke judul yang ketiga. Pernah mendengar tentang batu menangis? Ya, “stone” kan artinya batu sedangkan “crying” artinya menangis, jadi ya kurang lebih begitu. Judul ketiga ini juga bisa dikatakan tema yang diangkat hampir sama dengan yang nomor satu. Crying Stone ini menceritakan anak durhaka yang akhirnya menjadi batu. Si Malin di kutuk menjadi batu karena ia durhaka kepada sang ibu, lalu bagaimana dengan kisah yang satu ini?

Di cerita yang ketiga ini rekan semua juga bisa mempelajari nilai moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja nilai-nilai tersebut dibungkus dalam sebuah kisah yang menarik dan menghibur. Selain itu, kisah ini juga ditujukan untuk kegiatan belajar mandiri di rumah. Kenapa demikian?

Sama dengan yang sudah ada di atas dan yang belum dibahas, judul ketiga ini juga dikhususkan untuk kegiatan belajar khususnya pelajaran bahasa Inggris. Disini rekan dapat mempelajari kosa kata baru, mempelajari susunan kata, grammar, terjemahan sekaligus pesan-pesan yang ada dalam tema yang diangkat. Menarik dan tidak membosankan, silahkan dibaca saja The Story Crying Stone.

4) The story of river of wire 
Kalau di pikir, hanya tiga judul tentu saja kurang bisa memberikan pilihan yang lega. Karena itu kita akan genapkan saja kisah-kisah berikut sampai dengan enam judul. Nah yang berikut ini juga salah satu yang cukup menarik. Cerita rakyat yang ke empat ini lebih dikenal dengan sebutan “sungai kawat”. Ya, cerita ini juga sangat menarik dan patut juga direnungkan mengenai makna yang ada didalamnya.

Legenda sungai kawat, sebut saja begitu, adalah sebuah kisah yang menceritakan tentang keserakahan seseorang yang akhirnya membuat hidupnya berakhir dengan tragis. Lalu, apa hubungannya dengan sungai dan kawat, rekan semua pasti tidak akan menyangka bagaimana kisah selengkapnya. Dari pada penasaran, disarankan rekan semua juga ikut menikmat kisah berjudul River of Wire.

5) The story of danau toba
Ada yang sudah pernah ke danau toba belum, ada yang pernah mendengar cerita legenda tentang tempat menakjubkan tersebut? Rekan semua juga bisa menikmati cerita yang satu ini sembari belajar menambah kosa kata bahasa Inggris. Lumayan, kalau dalam satu cerita rekan bisa mendapatkan 10 kata baru maka jika satu hari satu cerita pasti dalam satu bulan sudah banyak sekali, lumayan tentunya.

Kegiatan semacam itu tentu akan menambah perbendaharaan kata yang dimiliki hingga akhirnya bisa membuat kemampuan speaking kita semua menjadi lebih baik dan lebih lancar lagi. Apalagi kisah yang satu ini juga cukup menarik. Sebenarnya, teks yang akan rekan baca cukup sederhana, singkat dan mudah dipahami. Itu semua karena bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan tidak banyak istilah yang membingungkan. Ingin tahu seperti apa, silahkan ke cerita danau toba.

6) The story of timun mas
Bagi rekan pelajar remaja putri yang terakhir ini pastinya cukup menarik. Apalagi didalamnya bisa dikatakan ada kisah cintanya juga dan ada juga misterinya yang membuat penasaran. Agak sedikit fiksi rasanya karena dalam kisah ini ada karakter atau pemain yaitu raksasa yang tentunya hanya ada dalam dunia hayal. Apakah cerita ini juga cukup bagus untuk dinikmati sembari belajar?

Tentu saja, apalagi diceritakan dalam bahasa Inggris. Sekarang rekan bisa langsung menikmati cerita tersebut sekaligus menambah kemampuannya dalam bahasa Inggris. Dalam teks tersebut juga sudah disiapkan pembahasan yang cukup lengkap mulai dari pembahasan mengenai isi atau alur ceritanya sampai dengan daftar kata sulit yang ada dalam teks. Ingin tahu seperti apa, silahkan baca Timun Mas.

Bagaimana, 6 cerita rakyat bahasa Inggris di atas mungkin jauh dari kata cukup namun paling tidak kita bisa memiliki referensi tambahan dengan kisah-kisah menarik yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar di rumah. Tentu saja di sini tidak hanya tersedia enam itu saja. Rekan yang ingin mencari kisah yang lebih banyak dari yang sudah dibahas di atas bisa membaca beberapa judul lain yang sudah disiapkan di bawah. Mudah-mudahan berkenan, terima kasih.