Tuesday, September 5, 2017

Cerita Pendek tentang Pramuka dalam Bahasa Inggris

Cerita Pendek tentang Pramuka dalam Bahasa Inggris – yang bukan pelajar mungkin ingat kata pramuka satu tahun sekali sebelum acara “agustusan” karena ulang tahun pramuka memang berdekatan dengan acara ulang tahun kemerdekaan 17 Agustus. Seperti sekarang ini, sebentar lagi kita akan merayakan ulang tahun pramuka sekaligus memperingati hari kemerdekaan.

Cerita Pendek tentang Pramuka dalam Bahasa Inggris

Ingat dulu waktu sekolah, biasanya pramuka akan mengadakan perkemahan jumat sabtu minggu atau yang lebih dikenal dengan perkemahan perjusami, untuk menyambut ulang tahun pamuka. Nah, cerita pendek kita kali ini akan berhubungan dengan pramuka.

Kenapa harus mengambil tema pramuka? Ya, ceritanya edisi cerita kali ini adalah edisi special khusus untuk para rekan pelajar anggota pramuka di manapun berada. Siapa tahu ada yang membutuhkan dan sedang mencari cerpen bahasa Inggris untuk kegiatan kepramukaan yang diikuti. 

Karena untuk tujuan belajar maka cerpen kali ini akan dibuat singkat dan sederhana saja. Harapannya cerpen-nya nanti tidak akan membuat bosan apalagi sampai membuat pusing yang mau membaca atau yang mau mendengarkan. Meski begitu ceritanya akan diusahakan sebagus dan semenarik mungkin. Silahkan langsung dibaca saja.

My Scout Experiences in Junior High School
Cerita Pendek tentang Pramuka dalam Bahasa Inggris

It was Monday; Mr Abu called all scout members in my school. After Monday flag ceremony, he announced that our school invited to send our scout to attend to scout day celebration. A camping will be held on the next Friday. We only had about four days to prepare what we need to attend the camping.

Actually, the preparation was not enough for us but we must go. In the next Friday, early morning we went to the district city hall. When we arrived, we immediately set up our tent. It was about ten o’clock when we finished set our tent.

The camping was scheduled for tree days. The first day we spend for preparing all activities. In the camping there was so many activities that we did. We join in the March Competition, attending haiking and much more.

One thing that I can not forget is how we get food. In the camping, we did cooking for our food. Long beans and Tempe were foods which always exist for menu. 

Beside food, other unforgettable moment is about how we take a bath. We did not take a bath in bathroom but we take a bath in the river. That was the hardest things for me. You can imagine there were so many people and we take a bath in the same river. 

Actually, it was the firs time for me to attend such camping. Far from my imagination, it was hard and tired, unforgettable moment I ever had. 

The End

Ya namanya juga cerita pendek, tapi memang untuk cerita kita kali ini bisa dikatakan terlalu singkat juga sih. Tapi ya tidak apa-apa sih, yang penting bisa untuk belajar saja. Kan lumayan dari pada susah mencari bahan untuk belajar bahasa Inggris. Makanya, bisa dijadikan tambahan referensi juga.

Untuk melengkapi bahan tersebut maka kita akan siapkan juga beberapa kosa kata pendukung yang bisa digunakan untuk memahami teks tersebut. Berikut sudah disiapkan daftar kata dan terjemahannya sebagai tambahan. Silahkan langsung dipelajari berikut.

Experiences = pengalaman
Monday = senin
Called = memanggil
Members = anggota
Announced = mengumumkan
Invited = diundang
Send = mengirim
Camping = kemah
Prepare = mempersiapkan
Preparation = persiapan
Enough = cukup
District = kecamatan
Immediately = langsung
Tent = tenda
Scheduled = dijadwalkan
March competition = lomba baris
Much more = banyak lagi
Cooking = memasak
Long beans = kacang panjang
Unforgettable = tak terlupakan
Bath = mandi
In the river = disungai

Sedikit saja sudah cukup bagus lah, kan untuk lengkap-lengkap saja. Lagi pula kami yakin rekan pelajar semua sudah pandai semua dalam bahasa Inggris dan tidak perlu terlalu detail dengan kosa kata seperti itu. Kosa kata tersebut bisa dijadikan cadangan saja, kalau-kalau dibutuhkan, benar tidak?

Lalu bagaimana dengan isinya, perlu tidak kita bahas disini? Dibahas ya sedikit. Ya kalau yang sudah paham bisa melewatinya saja sedangkan yang ingin tahu lebih detail bisa mengikuti penjelasan mengenai alur cerita cerpen tersebut. 

Cerpen di atas menceritakan sebuah pengalaman seorang anak anggota pramuka di sekolah. Kala itu anak tersebut duduk di sekolah menengah pertama. Saat menjelang hari ulang pramuka, selesai upacara bendera, Pembina pramuka mengumpulkan seluruh anggota pramuka disekolahnya. 

Di umumkan bahwa sekolah mereka akan mengirim dua regu putra putri anggota gudep untuk mengikuti perkemahan dalam rangka memperingati hari pramuka. Pengumuman hari senin dan perkemahan akan diadakan hari jumat. Mereka memiliki waktu kurang dari 4 hari untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk berkemah.

Setelah melakukan persiapan dengan waktu yang terbatas, mereka akhirnya berangkat menuju bumi perkemahan di kota kecamatan. Sesampainya disana, mereka langsung mendirikan tenda masing-masing.

Di hari pertama mereka melakukan banyak kegiatan yang pada umumnya merupakan kegiatan persiapan untuk acara inti. Di hari berikutnya mereka mulai mengikuti banyak kegiatan mulai dari lomba baris berbaris, haiking dan lain sebagainya. 

Ada beberapa hal seru yang tak dapat dilupakan ketika mengikuti perkemahan itu. Pertama, masalah makanan. Seluruh anggota pramuka yang berkemah disana memasak sendiri makanan yang akan dimakan. Mereka tidak membawa dari rumah, pesan atau beli makanan. Mereka memasak sendiri semuanya sesuai kemampuan.

Yang lucu dan menarik adalah paling banyak yang mereka masak adalah sayur kacang dan tempe. Dua menu tersebut seperti menu wajib di acara perkemahan tersebut. 

Hal kedua yang tak mudah dilupakan adalah masalah mandi. Ketika mengikuti perkemahan 14 agustus tersebut mereka tidak mandi di dalam ruangan, mereka mandi di sungai. Semua anggota pramuka yang ikut berkemah mandinya ya di sungai. 

Ternyata, masalah mandi ini menjadi hal yang bisa dikatakan sangat berat bagi salah satu anggota pramuka tersebut. 

Itulah tadi sekilas mengenai isi cerita dari cerpen di atas. Bagaimana menurut anda, bagus tidak? Sederhana memang tapi kalau dibaca dengan seksama teks tersebut juga cukup menarik dan bagus kok. Dan yang terpenting teks di atas bisa digunakan sebagai bahan belajar pelajaran bahasa Inggris.

Cukup lah untuk menambah beberapa kosa kata baru. Nah, kalau ada yang ingin mencari cerpen lain silahkan cari dibagian bawah ya. 

Di akhir pembahasan ini juga sudah disiapkan beberapa judul cerita yang menarik dan sesuai dengan yang sedang anda cari. Tinggal dipilih saja, mudah-mudahan sesuai kebutuhan. Kalau sudah, silahkan bagikan juga ceritanya dengan teman lain.