Thursday, September 7, 2017

Contoh Pengalaman Pribadi Singkat dalam Bahasa Inggris

Contoh pengalaman pribadi singkat dalam bahasa Inggris ini khusus untuk rekan pelajar yang sedang belajar dan ingin pintar bahasa Inggris. Berikut akan dihadirkan sebuah cerita pengalaman pribadi yang cukup pendek tetapi jelas dan menarik. Tentunya teks itu ditulis dalam bahasa Inggris.

Contoh Pengalaman Pribadi Singkat dalam Bahasa Inggris

Telah disebutkan bahwa ini untuk rekan pelajar. Jadi memang tujuan utamanya adalah sebagai tambahan media belajar di rumah. Tentunya selain belajar juga akan disajikan kisah yang unik dan menarik agar tidak membosankan dalam kegiatannya nanti. 

Untuk yang suka, belajar bahasa Inggris tentu akan menyenangkan, berbeda dengan yang tidak suka. Tapi mengingat pelajaran ini juga sangat penting maka mau tidak mau kita juga harus menguasainya. Jika kurang menyenangkan tentu ada cara untuk menyiasatinya. Misalnya dengan memilih media belajar yang sesuai minat.

Ambil saja satu contoh ketika kita sedang belajar membuat karangan singkat, kita bisa memilih tema-tema yang kita sukai. Misalnya, yang suka bola bisa membuat karangan tentang bola. Yang suka film bisa membuat karangan yang mengulas film.

Bagi yang suka jalan-jalan bisa membuat esai yang menceritakan pengalaman jalan-jalan ke tempat yang indah dan lain sebagainya. Dengan begitu maka belajar tidak akan terasa begitu berat bahkan mungkin bisa terasa menyenangkan. 

Teks cerita berikut ini adalah salah satu yang bisa dicontoh. Didalamnya ada sebuah kisah menarik yang dialami oleh seseorang. Kisah tersebut sesuai dengan hal yang disukai. Seperti apa ceritanya, mari kita baca bersama-sama di bawah ini.

No Pain, No Gain
Story by Siti

Fishing is my favorite adventure. In most of my spare time, I am usually fishing in many places. I still remember one day I got a big fish in the rice field. Some years ago, when I was child, I usually play with my friend in rice field. 

Yes, I lived in a small village so that I can do a lot of fun in the rice field. One day I when to Joko’s house. I asked him to go playing. 

After tired playing around, we take arrest in Joko’s house. Then we talked many things. Suddenly Joko said something great, “how about tomorrow? How about fishing?”

Without thinking further, I aggred, “yes…!”

The next day, it was Sunday. I woke up early. After having breakfast I run to Joko’s. “Hei, where is your fishing rod?” Joko asked me about my equiptment. 

I did not bring any fishing rod, so I went back to my house. “Dad… where is my fishing pod…!” I rushed here and there to find my fishing pod and finally found it in the kitchen. 

With fishing pod in my hand, I went back to Joko’s house. When I arrived at Joko’s house he has prepared all he needs to go fishing. “Now it’s time to find worm for fishing…!”

When we find worm, there was something happen. I was dig up the dirt with a hoe, accidentally the hoe slip and injured my leg. There was much blood. Joko rope my leg quickly. “Are you oke?”

“Yes, it is oke…” After that, I went to Joko’s house to take some water. At about ten in the morning we walked to the rice field. When we came to the rice field, we see a big snack, quite big. To avoid the snake I forced to jump and feel down. 

It was a hard work to fish at that moment. We still fighting, we did not give up. Eventough our clothes were dirty, we were full of spirit. “We have to get big fish…!”

Finally, after such a great danger, we successed to put our fishing pod in the rice field. At the afternoon, we got two big fish. It was really “no pain no gain”.

The End

Bagaimana, keren bukan? Ya, kelihatannya saja banyak, padahal sebenarnya kisah di atas cukup singkat kok, hanya sekitar 350 kata. Kalau ditulis di buku mungkin hanya satu lembar kok. Sayang kalau tidak dibaca, apalagi ceritanya bagus. 

Ah, tidak usah khawatir, kalau masalah artinya yang tidak tahu gampang kok, ada solusinya. Nah, dari pada bingung tdak tahu artinya seperti apa mari kita bahas lebih jauh teks tersebut. Kita bahas dari awal sampai akhir, tapi sebelum itu kita pelajari dulu kosa kata dari teks di atas. Untuk rekan semua sudah disiapkan juga daftar kosa kata sulit dan artinya di bawah ini.

Pain = rasa sakit
Gain = dapat, capai
Fishing = memancing
Favorite = kesukaan
Adventure = petualangan
Spare time = waktu luang
Usually = biasanya
One day = suatu hari
Rice field = sawah
Child = anak-anak
Play = bermain
Village = desa, kampung
Fun = kesenangan
House = rumah
Talked = bercakap
Tomorrow = besok
Early = lebih awal
Breakfast = sarapan
Equiptment = perlengkapan
Fishing rod = pancing, kail
Kitchen = dapur
Worm = cacing
Accidentally = tidak sengaja
Injured = luka, melukai
About = kira-kira/sekitar
Snack = ular
Avoid = menghindari 
Dirty = kotor

Yuk kita bahas dari judulnya dulu. Bisa aja memang buatnya, kalau dilihat dari judulnya cukup keren dan menarik. “No Pain No Gain” bisa diartikan “kalau enggak mau susah ya enggak bakal dapat apa-apa”. Kalau arti keren-nya mungkin lebih tepatnya seperti kata pepatah itu, “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”.

bisa juga sih. Karena secara keseluruhan cerita ini memang menggambarkan perjuangan atau pengorbanan yang akhirnya terbalas dengan sebuah kesuksesan yang manis. Tapi jangan bayangkan perjuangan yang dramatis dan aneh-aneh ya. 

Perjuangan yang dimaksud adalah perjuangan seorang anak dalam mencari ikan dengan memancing. Wow, kelihatannya seru juga nih. 

Benar sekali, cerita diatas menggambarkan seorang anak yang akan pergi memancing namun mengalami hambatan dan rintngan yang cukup berat. Pertama diceritakan ia berangkat pagi buta ke rumah temannya. Mungkin karena saking semangatnya ia lupa membawa alat pancing, padahal ia akan pergi memancing. 

Ia pun harus kembali pulang dan mencari kail yang akan digunakan. Setelah menemukan pancing yang dicari, ia pun segera kembali ke rumah temannya lagi. Kemudian, mulailah mereka siap-siap.

Mereka kemudian pergi mencari pakan, umpan cacing untuk memancing di sawah. Mereka mencari cacing menggunakan cangkul. Naas, ketika mencari cacing, kaki anak itu terkena cangkul hingga berdarah.

Untungnya sang teman tanggap dan lekas membalut luka tersebut. Selesai dengan persiapan, mereka pun segera berangkat. Sesampainya di tujuan, di areal persawahan, mereka mendapatkan halangan lagi. 

Di sawah mereka menjumpai ular yang cukup besar dan bahkan sampai jatuh bangun menghindari ular tersebut.

Usaha dan perjuangan mereka ternyata tak sia-sia. Setelah hampir seharian memancing akhirnya mereka mendapatkan ikan yang cukup besar. Semua letih, semua bahaya yang dilewati serasa terbayar lunas dengan ikan yang didapat. 

Bagus bukan? Nah, dari pada penasaran lebih baik dibaca langsung ceritanya di atas. Kalau masih kurang nanti dibagian akhir rekan semua bisa membaca cerita-cerita lain yang sudah disiapkan dibagian akhir.

Selain cerita yang ada di atas, masih ada banyak cerita-cerita lain yang bisa rekan semua baca. Terserah, mau untuk sekedar hiburan atau sembari untuk belajar. Yang jelas kami terus berusaha menyiapkan bahan bacaan yang bagus dan bermanfaat. Sampai disini saja, silahkan dilanjutkan.