Tuesday, January 31, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Penampilan Fisik

Siapa yang tidak ingin memiliki fisik atau tubuh yang sempurna tanpa cacat dan gores, semua ingin. Nah, cerita bahasa Inggris singkat berikut ini akan menggambarkan tentang penampilan fisik tersebut. Intinya, dalam kisah berikut akan diketahui bahwa kesempurnaan fisik tidak selalu bisa disebut indah.

Kisah ini adalah kisah tentang kehidupan pemuda yang sombong yang pada akhirnya bisa luluh oleh sosok orang tua. Dari kisah ini setidaknya kita semua bisa belajar tentang sebuah sifat yang tidak dibenarkan, yaitu sifat sombong, karena sifat sombong adalah sifat yang bisa mengantarkan kita kepada kelemahan.

Judul cerita ini sendiri bercerita tentang,” The Most Beautiful Heart”, yang bisa diartikan dengan bahasa” Hati paling indah”. Di sini kita bisa melihat tentang kesombongan anak muda yang mengaku hatinya paling indah yang kemudian tidak dapat berucap karena luluh kepada sosok orang tua yang lebih mempunyai hati yang indah.

Kisah ini juga akan memberikan kepada anda sekalian pesan moral yang akan membukakan mata hati kita bersama. Dengan demikian cerita ini bisa menjadi pembelajaran yang mendidik untuk kita semua. Sebelum menikmatinya, mari kita pelajari beberapa kosa kata di bawah ini.

Young man = anak muda
Standing = berdiri
The middle of the town  = di tengah kota
Proclaiming = menyatakan
The most beautiful heart = hati yang paling cantik (indah)
Perfect = sempurna
Mark = tanda, bekas
Flaw = cacat, rusak, kekurangan
Very proud = sangat bangga
Suddenly = tiba-tiba
Beating strongly  = berdetak kencang
Full of scars = bekas luka
Pieces = potongan, bagian kecil
Fit = pas, cocok
Jagged = bergerigi
Gouges = cukilan
Joking = bercanda
Compare = bandingkan
Mine is perfect = punyaku sempurna
Trade = menukar, menjual
Represents = melambangkan
Physical perfection = kesempurnaan fisik
Is not always = tidak selalu
Beautiful = indah

Dari pada sibuk mengartikan teks cerita bahasa Inggris yang akan dibaca lebih baik mempelajari kosa kata sulit di atas. Daftar di atas tersebut sudah dilengkapi dengan arti atau terjemahan sehingga bisa mempermudah pemahaman. Sekarang silahkan dinikmati kisah menarik tersebut.

Cerita dalam Bahasa Inggris tentang Penampilan

Kisah ini sendiri menceritakan tentang seorang pemuda yang pada saat itu berdiri di tengah-engah kerumunan masyarakat. Dengan bangganya pemuda tersebut lantas memberi tahukan kepada semua orang bahwa dialah satu-satunya pemilik hati yang paling baik yang ada di dunia ini.

Orang-orang lantas menyambutnya dengan tepuk tangan yang begitu meriah kepada sang pemilik hati paling baik satu-satunya tersebut. Mereka bahagia ada sosok yang memiliki hati yang demikian yang ada di wilayah mereka, dengan inilah dia menyambut dengan sambutan yang begitu meriah.

Di sisi lain sang pemuda terus membanggakan dirinya sendiri tentang apa yang telah dia punya dan tentang apa yang telah dia lakukan. Dengan begitu lantangnya dan tanpa rasa canggung sedikitpun pemuda tersebut terus berbicara di hadapan banyaknya masa.

Hingga tak lama kemudian datanglah orang tua di tengah-tengah kemeriahan yang terjadi di tempat tersebut. Orang tua mengkritik bahwa pemuda tersebut bukanlah orang yang mempunyai hati paling bagus. Karena pemuda tidak pernah memberikan hatinya kepada orang lain dan memilih untuk memaerkan ke banyak orang.

Dari situ sang pemuda memperhentikan bicaranya dan lantas mendatangi orang tua dan berdebat dengannya. Setelah terjadi perdebatan yang begitu sengit akhirnya pemuda itu kalah dan sadar bahwa apa yang dilakukannya itu memang salah. Orang tua selalu memberikan separuh hatinya kepada orang lain sedangkan pemuda tersebut tidak.

Sementara itu pemuda tidak bisa punya daya apa-apa tentang jalan pikirannya tersebut. Hingga akhirnya pemuda sedikit gemetar dan orang tua memberikan separuh hatinya kepada pemuda tersebut dan kemudian keadaan mulai membaik.

Kini pemuda sadar apa yang telah dilakukannya salah. Hingga akhirnya pemuda muda dan tua tersebut berjalan saling berpelukan dan berdampingan, meski pemuda tidak melihat hatinya lebih baik tetapi ini lebih sempurna.

***

Namnya juga cerita dan pesan moralnya, jadi harus dicari dong nilai-nilai moral dari kisah di atas, benar tidak? Ya, pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini adalah tentang ketulusan hati yang mestinya ada pada setiap individu.

Ketulusan hati sangat diperlukan untuk membina hubungan baik dengan sesama manusia. Kecantikan fisik tidaklah lebih baik dibandingkan dengan ketulusan hati. Fisik yang sempurna tidak dapat serta merta dikatakan indah, cantik atau tampan karena nilai sesungguhnya ada di dalam. 

Cerita Story Telling Bahasa Inggris tentang Game

Setelah beberapa hari lalu kita bagikan beberapa contoh cerita untuk storytelling, hari ini akan kita tambah lagi cerita bahasa Inggris tersebut. Hampir sama dengan yang terdahulu, cerita kali ini juga cukup singkat, padat dan jelas. Isinya menarik dan mudah dipahami atau dimengerti karena hanya beberapa paragraf saja. Panjangnya tak lebih dari setengah halaman kertas.

Di dalam cerita kali ini anda akan mendapatkan kisah yang menarik untuk disimak dan menarik untuk direnungkan. Dengan cerita ini tentu akan membuka mata dan hati kita untuk selalu tanggap terhadap masalah yang timbul dan membutuhkan campur tangan kita.

Dengan cerita ini pula akan mengajarkan kepada kita untuk tidak terlalu terlena dengan permainan (game) yang menghibur diri di saat-saat yang diperlukan. Karena sudah pasti permainan yang begitu menghibur ini bisa melupakan segala sesuatu.

Bahkan sampai kita sendiri tidak sadar bahwa ada orang yang lebih membutuhkan tenaga dan pikiran kita dibandingkan hanya permainan kartu yang hanya bisa membuat kita bahagia hanya sementara.

Cerita ini adalah cerita yang berjudul ”Ghulamhussein And The Game”. Dalam bahasa Indonesia judul kisah ini berarti ”Ghulamhussein dan permainan”. Cerita ini akan membuka mata kesadaran kita tentang pentingnya kesigapan menghadapi masalah.

Kesigapan tersebut juga menuntut kita untuk terus peduli dengan lingkungan sekitar, jangan sampai kita menyesal setelahnya karena tidak sigap ketika ada celah untuk menyelesaikannya. Tentu saja, hal ini bisa menjadi pembelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, dengan cerita ini anda bisa belajar bahasa Inggris. Sebagai contoh, di dalam teks cerita ada macam-macam kosa kata yang akan menambah kemampuan anda dalam berbahasa Inggris. Jika dipelajari dengan baik maka anda akan menjadi ahli bahasa Inggris. Sebelum ke cerita, mari kita lihat dulu daftar kosa kata bahasa Inggris yang diambil dari teks cerita ini.

Popular = terkenal
Social figure = publik figur
Keen = hebat, tajam keras
Guests = tamu
Distant lands = dataran yang jauh
A beautiful small town = kota kecil yang indah
Generous = murah hati
Hospitable = ramah, senang menjamu
Hobbies = hobi
Play the game of cards = bermain permainan kartu
Aim = tujuan, maksud
Gambling = berjudi
Just for pleasure and pass time = hanya untuk senang-senang dan menghabiskan waktu
Came to inform = datang untuk memberitahu
Seriously ill = sakit yang parah
Immediate = segera
Engrossed = asyik, terpikat
Withdraw = menarik diri
Continued to play = lanjut bermain
Report = melaporkan
Deteriorating = memburuk
Already died = telah meninggal
Convinced = yakin
The evil and harmful effect = efek jahat dan berbahaya
Vowed = berjanji
Indulge = menuruti
Such a game= permainan semacam itu
Intoxicating = memabukkan
Mentally distracting = mengacaukan mental
Philosophy = filosipi

Dengan daftar kosa kata bahasa Inggris dan artinya yang sudah disediakan di atas maka persiapan untuk storytelling tentu akan jauh lebih mudah. Apalagi dengan dukungan cerita yang bagus dan menarik. Maka dari itu, bagi anda yang membutuhkan bahan silahkan coba dengan kisah berikut. Agar lebih jelas, dibaca saja dulu ceritanya ya.

Cerita untuk bahan storytelling bahasa Inggris

Seperti pada teks storytelling di atas, cerita bahasa Inggris ini berisi tentang seorang dokter yang menjadi juru selamat di desanya. Dokter itu bernama Ghulamhussein. Ia adalah orang yang pandai dalam bergaul dan pandai sekali menepatkan kepribadian menurut tempatnya.

Dia mempunyai banyak kawan untuk selalu membuatnya tersenyum. Pada suatu ketika Ghulamhusein sedang bermain kartu di Moshi, tepatnya di kaki gunung Kilimanjaro, Takzmania. Dia bermain kartu dengan banyak teman di kaki gunung Kilimanjaro.

Dia tidak sedang bermain judi tetapi hanya untuk kesenangan semata dan untuk menghibur dirinya sendiri. Ghulamhusein begitu asyik bermain kartu hingga dia tidak menghiraukan suasana di sekelilingnya.

Tak lama kemudian, ada asistennya datang dan memberi tahukan bahwa ada orang sakit dan membutuhkan bantuan Ghulamhusein. Ghulamhusein lantas menyuruh asistennya untuk pergi dan mengurusi orang sakit tersebut. Dia lantas melanjutkan permainan kartunya lagi.

Hingga tak lama kemudian asistennya datang kembali dan mengatakan kepada Ghulamhusein, bahwa tidak ada satupun yang sanggup untuk menolong orang sakit tersebut, kini nasib orang sakit ada di tangan Ghulamhusein.

Nampaknya Ghulamhusein masih begitu asyik dan masih begitu berat untuk meninggalkan permainan kartunya. Ghulamhusein lantas mengusir kembali asistennya dan menyuruh asistennya untuk melakukan yang dia bisa kepada pasien tersebut.

Asisten selanjutnya pergi dan Ghulamhusein kembali melanjutkan permainannya kembali. Tak lama kemudian asistennya kembali dan mengatakan kepada Ghulamhusein bahwa pasiennya sudah meninggal.

Ghulamhusein lantas syok dan tidak bisa berkata-kata. Kini dia sadar apa yang dilakukannya itu salah. Kini dia tidak mau membuat dirinya sendiri terlena dengan kegembiaraan dalam permainan, karena dari situlah dia membuat kesalahan.

***

Sebenarnya, sebuah permainan bisa saja menjadi hal yang positif untuk dilakukan, misalnya untuk melepaskan penat dan membuat santai. Namun begitu, kebanyakan orang yang memainkan sebuah permainan akan ikut terlarut di dalam permainan tersebut.

Lihat di zaman sekarang, bahkan ada yang bisa menghabiskan puluhan jam sehari hanya untuk bermain game atau permainan sejenis itu. Maka dari itu hendaknya manusia bisa lebih bijak dalam menentukan pilihan hiburan apa yang akan dijalankan.

Ada pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini, yang mana sebagai manusia sudah seharusnya kita mengenal batasan-batasan tentang hidup yang kita jalani. Boleh kita berbahagia tetapi harus tahu batasan, dan harus sigap disaat-saat waktu yang sudah dibutuhkan.

Karena kebahagiaan dari permainan tidak kekal tetapi kebahagiaan menolong orang lain itulah yang kekal. Tuhan tidak pernah tidur dan akan terus menghitung berapa kejelekan kita dan berapa kebaikan kita. Tuhan akan berlaku adil bila memang kebaikan anda lebih banyak dari pada kejelekan maka tuhan akan menjamin surga kepada anda.   

Melihat nilai moral dalam cerita di atas maka cerita yang satu ini memang cukup bagus untuk dijadikan materi cerita storytelling. Dengan digunakannya cerita ini sebagai bahan story telling maka harapannya pendengar juga akan mendapatkan nilai positif dari pesan yang ada didalamnya. 

Monday, January 30, 2017

Cerita Singkat Bahasa Inggris tentang Belajar

Kali ini kita akan berbagi cerita bahasa Inggris singkat yang membahas tentang belajar. Ya, bisa dikatakan ceritanya tentang pendidikan dan juga tentang pelajaran atau sekolah atau murid atau pelajari. Ya tapi kisahnya beda loh, sangat menarik dan ada pesan atau nilai moral yang patut direnungkan.

Yang namanya belajar pasti berhubungan dengan ilmu. Kita juga tahu bahwa mencari ilmu sampai dengan liang lahat, tak kenal batasan usia. Nah, hal itu yang mampu mewakili isi dari cerita ini. Cerita ini sendiri adalah cerita yang berjudul ”An Aged Student. Atau judul tersebut dalam bahasa Indonesia bisa diartikan,” Seorang mahasiswa yang sudah umur atau tua”.

Cerita ini menjadi menarik karena memakai karakter orang tua sebagai karakter utama. Dengan cerita ini setidaknya bisa menjadi motivasi bagi kawan-kawan semua untuk lebih giat dalam belajar dan tidak kenal lelah.

Kawan-kawan muda tentu mempunyai kesempatan yang lebih baik dari pada yang tua, tetapi tidak sedikit orang tua yang masih ingin terus mencari ilmu sampai akhir hayatnya. Nilai moral yang ada didalamnya bisa menjadi pegangan kawan-kawan muda sekalian.

Di dalam ceritanya, orang tua saja bersemangat untuk bersekolah dan mencari ilmu, masa kawan-kawan muda tidak lagi semangat. Inilah yang harus direnungkan bersama bila memang kawan-kawan muda memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah.

Dengan sajian informasi ini, para pembaca juga akan diberikan daftar tentang kosa kata. Kosa kata ini dimaksudkan untuk pembelajaran para pembaca semuanya. Sehingga dapat meningkatkan pembaca sekalian dalam pelajaran bahasa Inggris.

Kosa kata ini diambil dari cerita ini, karena memang cerita ini bentuknya berbahasa Inggris. Daftar kata tersebut sudah dilengkapi dengan arti atau terjemahan sekaligus. Berikut mari kita pelajari terlebih dahulu kosa katanya.

Skilled = berbakat, terampil
Expertise = keahlian
Interest = minat
Inkpot = kotak tinta
Presented = memperkenalkan
Appreciating = menilai, menghargai
Encourage = membesarkan hati, mendorong
Countless = tak terhitung
Hopes = harapan
Desires = keinginan
Very impressed = sangat terkesan
Scholar-literary person = sastrawan, sarjana sastra
Absorbed = asyik, terpikat
Welcoming = menyambut
Adverse = berlawanan, merugikan
Would not receive = tidak akan mendapat
Study = belajar
Preliminary = permulaan
Believes = percaya
The skin of a dog = kulit anjing
Tanning = samak, disamak, menyamak
Audience = hadirin
Laughing = tertawa
Left = meninggalkan
Jungle = hutan
Water = air
Falling = jatuh, menetes
Drop by drop = tetes demi tetes
A hole = lubang
Hard stone = batu yang keras
Never be = tidak akan pernah
Too old = terlalu tua
To learn = untuk belajar
Something new = sesuatu yang baru

Dengan daftar kosa kata di atas maka cerita singkat kali ini tentu bisa dijadikan belajar bahasa Inggris yaitu untuk menambah vocabularies. Kalau sudah membaca kata baru yang sulit di atas sekarang tinggal membaca ceritanya. Nah, berikut teks cerita yang dimaksud.

Cerita Singkat dalam Bahasa Inggris

Cerita ini menceritakan tentang seorang tukang yang sudah tua yang piamai membuat pinkpot. Hingga karya arsiteknya tersebut dilirik oleh sang raja. Dari kepiawaiannya membuat kesenian inilah dia hidup.

Seiring berjalannya waktu dia merasa gelisah tentang hidup yang dijalanninya. Dia pandai membuat kesenian dan dan gaya arsitekturnya juga sudah diakui, ada yang kurang menurutnya.

Dia sudah lama sekali pergi dari dunia ilmu pengetahuan, hingga hal tersebut membuatnya memtuskan untuk berhenti dari dunia arsitektur dan memtuskan untuk menjadi mahasiswa.

Meski usianya tidak muda lagi, tetapi semangatnya begitu menyala-nyala layaknya umurnya masih muda. Memang tidak bisa dipungkiri usia tua sedikit menghambatnya untuk menerima materi yang diberikan di sekolah.

Maka dari itu, ketika ia menuntut ilmu banyak kawan-kawan muda menertawakannya ketika dia sedang belajar dan sangat sulit mengikutinya. Suatu hari ada peristiwa memalukan dimana ia salah dalam menerima penjelasan gurunya. Akhirnya ia pun keluar dan tidak melanjutkan belajarnya.

Dia pergi ke hutan di sana dia duduk di bebatuan dan melihat lubang yang begitu dalam terkena tetesan air. Dari situ dia sadar memang usianya sudah tua dan kerja otaknya lebih lamban ketika menerima materi.

Tetapi hal itu tentu lebih mudah dari pada air yang melubangi batu yang membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahu. Dari sini dia terus bersemangat mencari ilmu hingga datang waktu kelulusannya.

Di saat kelulusannya dia dikenal sebagai sarjana yang begitu populer. Dengan bekal semangat dan keuletannya dalam mencari ilmu ia pun tidak menghiraukan usia yang sudah tua dan tidak dijadikan halangan.

***

Pesan moral yang bisa diambil dari cerita berbahasa Inggris di atas yaitu bahwa kita harus terus bersemangat dalam mencari ilmu. Biarlah miskin harta asalkan jangan miskin ilmu. Karena harta tidaklah dibawa mati, tetapi ilmu akan berguna sepanjang masa.

Cerita di atas jelas sekali menggambarkan bahwa ilmu sangatlah penting. Bahkan orang tua yang sudah mau mati saja masih perlu untuk belajar, apalagi yang masih muda. Ilmu akan memberikan jalan terang kepada manusia. Ingat, ibadah kepada Tuhan harus pakai ilmu, begitu juga dengan menjalankan hidup ini. 

Cerita Bahasa Inggris Singkat tentang Cinta

Tidak hanya dongeng, cerita cinta dalam bahasa inggris juga ada di situs ini, salah satunya yang akan kita baca kali ini. Memang sih, bukan kisah percintaan seperti pacaran gitu tetapi ada hubungannya dengan cinta dan kasih sayang. Yang jelas kisah ceritanya bagus dan mengandung nilai moral yang baik untuk dipelajari.

Sebelum lebih jauh, kita bahas dulu dari judulnya. Cerita ini adalah cerita yang berjudul ”Wealth - Love – Success”. Dalam bahasa Indonesia, judul di atas bisa diartikan menjadi ”Kekayaan – Cinta – Kesuksesan”. Jadi jelas ada tiga hal yang dibicarakan dalam cerita tersebut.

Cerita dalam bahasa Inggris kali ini juga akan memberikan pelajaran kepada kita semua tentang pentingnya cinta dalam kehidupan manusia. Anda pasti setuju bahwa cinta tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan kita.

Bahkan kesuksesan, dan kekayaan bisa diraih bila memang anda mempunyai cinta. Kesuksesan dan kekayaan bisa anda dapat bila memang anda mencintai bidang yang anda lakukan, berani mengorbankan apapun untuk apa yang anda tekuni. Cinta akan menjadi pendukung dan tenaga pendorong untuk mendapatkan kesuksesan dan kekayaan.

Itulah yang namannya cinta, dengan dorongan, dukungan dan motivasi dari cinta maka anda bisa mendapatkan banyak hal.Anda bisa mendapatkan kesuksesan dan kekayaan jika didampingi cinta dan kasih sayang.

Hebatnya lagi, ini bukan kisah tanpa manfaat, dengan cerita ini anda juga bisa belajar. Anda akan mendapatkan kosa kata baru dalam bahasa Inggris. Kosa kata bahasa Inggris tersebut akan memudahkan dalam belajar bahasa Inggris.

Maka dari itu disini juga sudah disiapkan daftar kata sulit tersebut. Kata – kata bahasa Inggris dan artinya tersebut dimabil dari teks cerita. Dengan begitu, belajar memahami cerita dengan dukungan tersebut saya rasa tentu akan jauh lebih menyenangkan.

Came out = keluar
Her house = rumahnya
Saw 3 old men = melihat 3 orang tua
Long white beards = jenggot putih yang panjang
Front yard = halaman depan
Recognize = mengenali
Know = kenal, tahu
Hungry = lapar
Out = keluar
Evening = malam
Tell them = katakan pada mereka
Invite them in = undang mereka masuk
Do not go = tidak masuk
Together = bersama
Name = nama
Wealth = kekayaan
Pointing = menunjuk
Success = kesuksesan
Love = cinta, kasih sayang
Discuss = bicarakan, diskusikan
Which one = yang mana
Overjoyed = kegirangan, sangat senang
Let us invite = mari kita undang
Disagreed = tidak setuju
Daughter-in-law = menantu perempuan
Suggestion = saran
Better to invite = lebih baik mengundang
Surprised = terkejut
Since = karena, sejak
Wherever there is Love = dimanapun ada cinta
There is also Wealth and Success = disana juga ada kekayaan dan kesuksesan

Kalau dilihat dari jenis ceritanya, cerita ini mungkin bisa masuk kategori dongeng, cerita anak atau cerita moral. Ya sudah, tidak perlu berlama-lama, sekarang kita nikmati dulu kisah menarik yang ada dalam teks di bawah ini.

Cerita dalam Bahasa Inggris tentang Cinta

Bisa dilihat bahwa kisah ini menceritakan tiga orang pria yang berjenggot putih. Dia melintas dan duduk di depan rumah seorang wanita. Ke-tiga pria berjengggot itu adalah kekayaan, kesuksesan, dan cinta.

Awalnya, sang perempuan tadi menawarkan ketiga-nya untuk singgah. Tapi mereka menolak karena sang suami wanita tadi tidak ada di rumah. Mereka pun tetap diluar sampai sang suami pulang ke rumah tersebut.

Setelah suaminya pulang, wanita tadi pun menceritakan kepada suaminya bahwa ada tiga orang asing di depan rumahnya. Sang suami pun menyuruh istrinya tersebut untuk mengundang ketiga orang tersebut.

Ketika diundang masuk, ketiganya menjelaskan bahwa mereka adalah cinta, kekayaan dan kesuksesan dan karena itu mereka tidak bisa masuk ke dalam rumah secara bersamaan. Wang wanita pun diminta untuk memilih  salah satu untuk diundang.

Mengetahui hal itu, sang perempuan selanjutnya begitu bingung hendak memilih yang mana. Ia tahu benar bahwa ketiganya adalah hal yang sangat berharga.Akhirnya perempuan masuk ke dalam rumah hendak mendiskusinya.

Sementara itu 3 pria jenggot itu menunggu di luar rumah dan menungguh hingga prempuan keluar rumah. Sementara di dalam perempuan mulai berdiskusi dengan begitu serius tentang pilihan yang ada.

Sang suami menginginkan kesuksesan namun hingga banyak menantu datang dan memilih cinta. Hingga pilihan jatuh pada cinta, perempuan kemudian keluar dan mulai menemui 3 pria berjengggot putih tersebut.

Perempuan memilih cinta dan meperkenankannya untuk masuk ke dalam rumah. Cinta dengan langkah yang pasti mulai melangkah untuk masuk. Namun di sisi lain, kekayaan dan kesuksesan juga ikut berjalan untuk masuk ke dalam rumah.

Perempuan kemudian bingung dengan apa yang telah dilakukan 2 pria yang tidak diundangnya. Kemudian kedua pria tersebut menerangkan kepada perempuan tersebut bahwa bila memang perempuan memanggil cinta maka mereka berdua juga akan ikut, lain halnya bila anda mengundang kekayaan maka 2 diantara kami tidak ikut.

***

Begitulah kurang lebih terjemahan atau isi cerita dari teks di atas. Lalu, pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini adalah tentang nilai cinta yang berkaitan satu sama lain. Cinta mampu menumbuhkan kesuksesan dan kekayaan.

Dengan pondasi cinta yang begitu dalam  maka anda akan menjadi orang yang bijak. Lain halnya bila anda memiliki kekayaan dan kesuksesan tanpa cinta, maka yang ada anda akan menjadi orang yang kurang cinta dari sesama.

Sunday, January 29, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Cinta dan Waktu

Cerita cinta dalam bahasa inggris kali ini berhubungan dengan waktu. Cerita ini menceritakan makna cinta secara mendetail. Antara cinta dan waktu memiliki hubungan yang sangat erat. Bisa dikatakan, hanya waktu-lah yang bisa mengerti dan memahami apa yang disebut cinta.

Di dalam cerita inilah bila memang anda ingin mengenal cinta secara dalam. Karena dengan cerita ini anda dapat mengetahui secara pasti tentang pergerakan cinta, dan kapan cinta datang dan siapa yang mampu memahami cinta.

Ini adalah cerita yang berjudul,” Love And Time”, yang dalam bahasa Indonesia artinya,” Cinta dan waktu”. Dengan cerita ini anda akan bisa mengetahui cinta secara pasti, karena cerita ini menerangkan cinta dengan baik. Sehingga anda bisa menebak-nebak cinta yang hendak datang kepada anda.

Sebagai cerita dalam bahasa nasional, kisah ini bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris. salah satunya yaitu untuk menambah kosa kata atau vocabularies yang anda kuasai. Dengan begitu anda dapat sedikit-sedikit mengetahui bahasa Inggris lebih baik lagi.

Anda akan belajar banyak dengan kosa kata yang ada didalam teks cerita ini. Dengan demikian perlahan tapi pasti anda akan menjadi seorang yang mahir dalam berbahasa Inggris. Sebelum kita sampai ke ceritanya, berikut daftar kosa kata dalam bahasa Inggris dan artinya yang bisa dipelajari.

An island = sebuah pulau
Where = dimana
All the feelings lived = semua perasaan hidup
Including = termasuk
Announced = diumumkan
Feelings = perasaan
Would sink = akan tenggelam
Constructed boats = membuat kapal
Except = kecuali
Stayed = tinggal
Hold out = bertahan
Possible = mungkin
Almost = hampir
Ask for help = meminta bantuan
Richness = kekayaan
Passing by = melintasi
No place = tidak ada tempat
Vanity = kesombongan
Sadness = kesedihan
Happiness = kebahagiaan
Suddenly = tiba-tiba
Voice = suara
Elder = nenek, orang tua, kakak
Realizing = menyadari
Time = waktu
Why = mengapa
Because only time is capable of understanding = hanya waktu yang mampu memahami
How valuable love is = seberapa/betapa berharganya cinta itu

Ya, memang hanya waktu yang memiliki kemampuan dan kapasitas untuk memahami perasaan cinta yang ada dalam hati. Waktu bisa membimbing manusia untuk mengetahui seberapa berharganya cinta bagi kehidupan manusia. Sekarang kita baca kisah selengkapnya di bawah ini.

Cerita Berbahasa Inggris tentang Cinta

Diceritakan, ada sebuah pulau kecil dimana semua perasaan yang ada pada diri manusia hidup. Di pulau tersebut semua perasaan bisa berbicara bak manusia. Suatu ketika, diumumkan kepada penghuni pulau tersebut bahwa pulau tersebut akan tenggelam.

Semua “perasaan” yang menghuni pulau tersebut pun membuat kapal dan meninggalkan pulau tersebut. Dalam keadaan tersebut hanya cinta yang bertahan. “Cinta” memutuskan untuk bertahan sampai detik terakhir.

Ketika pulau tersebut sudah hampir tenggelam akhirnya cinta memutuskan untuk mencari atau meminta bantuan. Di sini cinta mulai berteriak meminta tolong, namun tak ada satupun yang menghiraukannya.

Cinta berteriak kepada kekayaan dan meminta untuk menolongnya, namun kekayaan menolak karena banyak harta dan emas yang harus diselamatkan. Kekayaan lantas pergi meninggalkan cinta yang sudah hampir tenggelam tersebut.

Tak lama kemudian cinta berteriak lagi terhadap kesombongan. Kesombongan juga menolak untuk menolong cinta, karena menurutnya cinta basah dan bisa membasahi kapalnya. Kesombongan berlalu dan pergi tanpa menghiraukan cinta.

Hingga akhirnya datang orang tua yang menolong cinta. Orang tua tersebut akhirnya membawa cinta ke daratan. Belum sempat mengucapkan terimakasih orang tua pergi. Cinta kemudian bertanya pada pengetahuan tentang siapa yang menolongnya.

Berdasarkan keterangan dari “pengetahuan”, orang yang menolongnya adalah waktu. Cinta tidak mengetahui kenapa yang menolongnya adalah waktu. Pengetahuan menjawab karena hanya waktulah yang mampu memahami cinta.

***

Dari cerita tersebut bisa kita ambil pesan moral yang begitu berhaga tentang cinta. Cinta bisa datang kapan saja, dan hanya waktu yang bisa menjawab. Cinta bahkan tidak bisa diprediksikan kapan dia datang dan kapan dia pergi. Karena memang kita manusia tidak mempunyai wewenang untuk itu, biarlah tuhan yang mengaturnya dan kita hanya menjalani saja.

Kisah cinta dalam bahasa Inggris di atas juga mengingatkan kita betapa pentingnya waktu untuk memahami cinta yang kita miliki. Ketika cinta baru saja datang di hati, sering kali ada keraguan yang menyergap di hati. Keraguan tersebut bisa merusak cinta yang tulus dan suci.

Di sisi lain, sedikit mustahil untuk melihat seberapa besar cinta yang kita miliki atau yang pasangan berikan kepada kita tanpa adanya waktu yang cukup. Disitu jelas bahwa butuh waktu untuk membuktikan seberapa agung cinta yang sedang kita dekap. 

Cerita Bahasa Inggris Singkat tentang Kehidupan

Sebenarnya semua cerita dalam bahasa Inggris yang kita hadirkan berkaitan dengan kehidupan. Tetapi memang tidak semua secara spesifik berisi bagaimana seharusnya manusia hidup. Maka dari itu kali ini kita lengkapi dengan cerita singkat berikut ini. Mau ikutan membacanya bukan?

Cerita yang menggunakan bahasa Inggri ini menggambarkan kehidupan yang sempurna. Setiap orang memang hidup itu sebabnya mereka bisa menjalankan kehidupan di dunia ini. Tetapi sekarang pertannyaannya adalah hidup yang dijalankan oleh manusia sempurna atau malah sebalinya penuh kekurangan.

Memang sempurna dan kekurangan adalah persepsi seseorang untuk itu kita mengambil setandar sempurna dan setandar kekurangannya saja. Cerita ini sendiri adalah cerita yang berjudul ”The Mayonnaise And The Coffee”.

Sedikit gambaran saja mari kita artikan judul tersebut. Kata “Mayonnaise” artinya mayones atau saos selada. Kata end artinya “dan” sedangkan kata coffee artinya kopi. Jadi, arti judul tersebut adalah mayones dan kopi.

Kalau dilihat dari nilai pesan yang ada didalamnya, cerita tersebut akan membukakan mata kita tentang kehidupan yang sempurna. Makin penasaran bukan dengan alur kisah tersebut? Nanti, sabar dulu sebentar.

Perlu diketahui, cerita ini bisa mengajarkan kepada anda sedikit kosa kata yang diambil dari kalimat-kalimatnya. Bisa anda pelajari dengan baik dan kemudian anda peraktekan dalam percakapan memakai bahasa Inggris. Berikut kata bahasa inggris dan artinya yang bisa anda pelajari yang mengambil dari kalimat cerita ini.

Things = segala sesuatu
Seem = terlihat
Almost = hampir
Too much = terlalu banyak
Handle = ditangani, menangani
Not enough = tidak cukup
Mayonnaise jar = tempat/wadah mayonais
Coffee = kopi
Professor = profesor
Philosophy class = kelas filsafat
Wordlessly = tanpa kata
Empty = kosong
Golf balls = bola golf
Full = penuh
Agreed = setuju
Pebbles = batu, kerikil
Into = kedalam
Sand = pasir
Unanimous = sepakat
Cups = cangkir
Empty space = ruang kosong
Laughed = tertawa
Recognize = mengenali, mengakui
Represents = mewakili, menggambarkan
Important things = hal penting
Other things = hal lain
Small stuff = hal kecil
Pay attention = perhatikan
Set = atur
Your priorities = prioritas anda
Always room = selalu ada ruang

Ya, paling tidak kalau anda mempelajari daftar kata di atas maka anda akan lebih mudah dalam mengikuti alur cerita pada kisah berikut. Dengan begitu anda bukan hanya akan mendapatkan hiburan tetapi juga bahan belajar yang bermanfaat. Sekarang kita baca dulu bersama-sama.

Cerita singkat tentang kehidupan

Cerita ini menceritakan tentang seorang profesor yang sebelum memulai pelajaran filsafatnya sedang berbicang-bincang dengan mahasiswanya. Sang profesor memegang mayones dan kopi serta sebuah kendi yang cukup besar.

Dengan kesepakatan para mahasiswa profesor memasukan bola golf ke dalam wadah mayones. Setelah itu sang profesor tadi bertanya apakah wadah atau tempat tersebut sudah penuh. Mahasiswa menjawab sudah penuh. Profesor kemudian memasukkan memasukan mayones.

Ia kembali bertanya apakah wadah tersebut sudah penuh. Ia menganggap wadah atau tempat tersebut sekarang sudah penuh. Mahasiswa pun setuju dengan hal itu. Kemudian sang profesor memasukan kerikil ke dalam kendi tersebut.

Ia bertanya lagi, dan dianggap tempat mayones tersebut kali ini memang sudah penuh. Para mahasiswa juga menyetujuinya. Kemudian ia masukanlah pasir itu ke dalam kendi.

Tidak lama kemudian sang profesor mengambil bubuk kopi dan kemudian bertanya kepada mahasiswa untuk memasukan kopi ke dalam kendi. Mahasiswa menyetujuinya dan profesor memasukan kopi tersebut.

Setelah semua material dan bahan dimasukan ke dalam kendi, selanjutnya profesor menerangkan kepada para mahasiswa. Tempat atau wadah yang diisi tadi melambangkan hidup kita. Bola golf melambangkan apa yang terpenting dalam hidup yaitu meliputi Tuhan, keluarga, anak-anak kita, kesehatan, teman dan sebagainya.

Kerikil melambangkan hal penting lainnya seperti pekerjaan, cinta dll. Terus sang profesor menjelaskan hingga sampai mayones.

Setelah menjelaskan panjang lebar tentang material-material dan bahan makanan yang telah dimasukan ke dalam kendi, ada mahasiswa yang bertanya,”Lalu apa fungsi kopi prof..?”.

Profesor kemudian tersenyum dan mulai menjelaskan. Profesor menjelaskan bahwa kopi yaitu di waktu yang begitu padat yang selalu kita alami kita selalu menyempatkan untuk ngopi bersama. Di situlah banyak mahasiswa melepar tawa dengan cerita yang diberikan sang profesor.

***

Ada pesan moral yang bisa diambil dari cerita di atas. Yang mana minuman kopi bukanlah minuman yang hanya mempunyai rasa nikmat, minuman kopi juga bisa membangun kedekatan dengan orang terdekat kita.

Dengan kopi anda bisa mengobrol dengan begitu santai dan menghilangkan beban pikiran untuk sesaat. Kopi adalah media untuk berkumpul sembari membahas obrolan yang menarik.     

Saturday, January 28, 2017

Kumpulan Contoh Storytelling Singkat dan Mudah Dihafal

Bicara belajar bahasa Inggris didalamnya juga ada storytelling, sebuah aktivitas yang dapat memacu perkembangan kemampuan berbahasa Inggris. Story telling ini adalah aktivitas yang dapat dilakukan untuk memperlancar kemampuan berbicara di muka umum. Didalamnya banyak elemen yang mempengaruhinya.

storytelling singkat dan mudah dihafal

Kita tidak perlu membahas sampai pada pengertian storytelling adalah apa atau apa tetapi yang sekarang akan dibahas lebih jauh adalah berbagai materi yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar tersebut. Berbicara mengenai aktivitas bercerita dalam bahasa inggris, kita tentu akan berbicara mengenai cerita atau kisah tertentu.

Kalau melihat dari definisi, storytelling ini memang sebuah teknik yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain, biasanya peserta didik atau anak-anak. Nah, yang menjadi inti dari kegiatan dalam storytelling adalah penyerapan informasi yang disampaikan.

Bagaimana dengan materi yang akan digunakan? Disebutkan bahwa teknik bercerita ini bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan yang ada dalam cerita, tentunya pesan yang baik. Maka dari itu materinya bisa disesuaikan, atau paling tidak dipilih dengan pertimbangan untuk bahan belajar.

Untuk para pelajar, khususnya yang sedang belajar bahasa Inggris, story telling ini dapat dijadikan ajang untuk berlatih kemampuan serta memperdalam kemampuan bahasa yang dimiliki. Dengan melakukan kegiatan semacam ini maka mau tidak mau kita akan mempelajari sebuah cerita untuk diceritakan dengan baik.

Inti ceritanya perlu dipelajari, demikian juga dengan bahasa yang digunakan. Nah, berkaitan dengan bahasa atau teks yang digunakan tersebutlah kita bisa menambah kemampuan berbahasa inggris. Dengan berlatih storytelling maka kita bisa menambah kosa kata. Selain itu juga dapat berlatih memperlancar pengucapan dan lain sebagainya.

Untuk kegiatan tersebut ada banyak pilihan materi cerita yang bisa digunakan. Di internet misalnya, banyak diberikan contoh-contoh cerita yang dapat digunakan dalam storytelling. Ada yang pendek dan sangat sederhana dan ada juga yang lebih panjang. Ada cerita yang untuk anak-anak dan ada juga yang mengambil tema remaja.

Memang, sebenarnya tidak sulit untuk menyiapkan dan memilih materi. Yang lebih sulit mungkin untuk mempelajari dan bercerita. Nah berikut, untuk yang membutuhkan sudah disiapkan beberapa contoh storytelling singkat yang bisa dipertimbangkan atau dipilih untuk disajikan, silahkan dipelajari.

1) Peter Pan
2) Edelweiss
3) The dog and the cows
4) Deer like to Borrow Flour
5) The blacksmith and his dog
6) The Man with the Coconuts
7) The Boy Who Became a Stone
8) Frozen In the kingdom of Arendelle
9) Naughty Pupils, the Principal and Owner of the Garden

Ya semua terkantung dengan yang akan melakukannya. Anda bisa memilih cerita yang dianggap cukup sederhana, ringan, penuh pesan moral dan dapat dibawakan dengan baik. Di atas ada sembilan judul cerita yang rata-rata cukup singkat untuk diceritakan kembali. Sebagai sarana belajar, beberapa cerita di atas cukup sesuai, apalagi untuk pemula.

Masalah tema atau isi cerita, anda juga dapat memilih yang sesuai dengan pemirsa atau pendengarnya. Bila ingin disajikan untuk adik-adik yang masih kecil, cerita binatang mungkin paling cocok untuk digunakan. Jika akan disampaikan untuk kalangan yang lebih dewasa, misalnya remaja, mungkin cerita rakyat yang berkaitan dengan kehidupan cinta dan asmara akan lebih menarik.

Bagi anda yang membutuhkan, anda bisa memilih dari daftar judul yang sudah ada di atas atau cerita lain yang akan diberikan dibagian bawah. Di bagian bawah juga sudah disiapkan beberapa cerita yang cukup menarik. Ada yang berkaitan dengan asal mula sesuatu, ada yang berkaitan dengan kisah cinta dan sebagainya.

Ada juga yang secara khusus memberikan pesan dan nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan pembelajaran bagi generasi muda. Kalau belum mendapatkan cerita yang sesuai, anda bisa memilih dari tiga judul cerita storytelling yang sudah dipilihkan di bawah ini.

1) The Legend of Rawa Pening
Selain judul yang sudah disampaikan di atas, legenda rawa pening juga cukup bagus untuk disajikan sebagai bahan cerita. Dalam legenda ini ada pesan moral dan nilai-nilai luhur yang ingin disampaikan kepada pembaca. Dengan begitu pemirsa bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk menjadi orang yang lebih berbudi pekerti luhur.

Cerita rawa pening mengisahkan tentang sebuah asal mula danau. Dalam legenda tersebut disebutkan bahwa rawa pening terjadi karena sebuah bencana yang diakibatkan karena masyarakat yang tidak peduli terhadap sesama.

Ceritanya ada seorang anak yang sangat membutuhkan uluran tangan. Ia meminta bantuan kepada penduduk desa tetapi tidak ada yang sudi untuk membantu. Akhirnya ada seorang perempuan tua yang menolong anak tersebut.

Di desa tersebut, ketika ada anak-anak dan penduduk yang sedang bermain lomba mencabut lidi atau tongkat yang tertancap di tangan tidak ada yang bisa melakukannya. Adalah anak kecil tadi yang ternyata dengan mudah mencabut lidi yang tertancap di tanah.

Ternyata, bekas lubang lidi yang tertancap tersebut menyembur air yang sangat deras dan tidak berhenti hingga akhirnya menenggelamkan desa tersebut dengan seluruh warganya. Pesan dalam cerita ini tentu sangat bagus untuk disampaikan dimana manusia hendaknya saling tolong menolong kepada orang yang membutuhkan.

2) The Owl and the Nightingale
Cerita kedua ini akan mengajarkan kepada kita tentang pentingnya berhati-hati dan mempersiapkan diri dengan baik atas apa yang mungkin bisa terjadi kepada kita. Diceritakan dalam cerita tersebut ada seekor burung yang hanya berceloteh atau bernyanyi di malam hari, padahal sebelumnya hewan tersebut tidak begitu.

Rupanya burung tersebut belajar dari pengalaman bahwa ketika ia ditangkap oleh manusia ia sedang bernyanyi di siang hari. Meski sekarang ia sudah terkurung dalam sangkar tetapi ia berpikir bahwa sebaiknya ia bernyanyi di malam hari saja agar tidak ditangkap orang lagi.

Tentu saja hal yang dilakukan oleh burung tadi adalah hal bodoh dan sia-sia karena kenyataannya ia sudah berada dalam sangkar. Itu mengingatkan kepada kita untuk tetap waspada dan berhati – hati dalam setiap hal di hidup kita.

3) The Legend of Alpine Flower
Alpin flower ini adalah sebuah kisah menarik yang mengambil tema tentang asal mula terjadinya sesuatu. Dalam legenda ini dikisahkan bagaimana asal mula bunga Alpine bisa hidup di bumi. Dikisahkan dalam legenda ini dua mahluk saling mencintai harus berpisah karena kodrat yang berbeda.

Pada cerita legenda ini dikisahkan ada seorang pangeran yang sangat mengagumi rembulan. Ia pun bermimpi dan sangat ingin ke bulan. Impian itu terkabul dan ia mendapati bahwa sinar bulan yang indah tersebut berasal dari putri raja bulan. Pangeran dan putri pun saling jatuh cinta.

Karena dari dunia yang berbeda tentu saja mereka tak bisa bersatu dan akhirnya berpisah. Sebagai tanda cinta maka sang putri tadi memberikan sebuah bunga indah yang ada di bulan untuk dibawa oleh sang pangeran tadi. Begitulah kurang lebih, anda bisa membacanya sendiri cerita tersebut.

Bagaimana, cukup banyak cerita – cerita menarik yang bisa digunakan untuk story telling bukan? Nah, itu tadi hanya beberapa contoh saja, anda bisa mencari banyak lagi cerita storytelling lain yang bagus-bagus dan pendek.

Anda bisa mencarinya langsung dari kategori yang ada atau mencari cerita tertentu yang sesuai. Silahkan cari saja contoh storytelling pendek dan singkat yang kira-kira cukup mudah untuk dihafal dan dipelajari. Dengan begitu anda tidak akan mendapatkan kesulitan dalam belajar bahasa Inggris.